Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

3. The Software Process.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "3. The Software Process."— Transcript presentasi:

1 3. The Software Process

2 3.1 Software Engineering Layers
Tools Methods Process Quality

3 3.2 A Generic View of Software Engineering
Engineering meliputi kegiatan analisis, desain, konstruksi, verifikasi, dan manajemen kesatuan teknik atau sosial. Pertanyaan-pertanyaan yang harus dimunculkan dan dijawab: Apa masalah yang akan dipecahkan? Karakteristik entitas yang manakah yang dipakai untuk menyelesaikan masalah tersebut? Bagaimanakah entitas (dan pemecahan) tersebut diadakan? Bagaimanakah entitas tersebut dibangun? Pendekatan apakah yang akan dipakai untuk menemukan kesalahan-kesalahan yang dibuat dalam desain dan kontruksi dari entitas tersebut? Bagaimanakah entitas tersebut ditopang selama proses adaptasi yang lama, pada saat koreksi, serta ketika perbaikan dibutuhkan oleh para pemakai entitas tersebut?

4 3.3 General Phase to Software Engineering
Definition phase  berfokus pada ‘apa’ (what): informasi yang akan diproses fungsi dan perfomance yang dibutuhkan tingkah laku sistem yang diharapkan interface yang akan dibangun batasan sistem yang sukses Development phase  berfokus pada ‘bagaimana’ (how): data dikonstruksikan fungsi-fungsi diimplementasikan detail prosedur akan diimplementasikan interface dikarakterisasi rancangan akan diterjemahkan ke dalam pemrograman pengujian dilakukan Maintenance phase  berfokus pada ‘perubahan’ (change): dihubungkan dengan koreksi kesalahan ketika lingkungan perangkat lunak berkembang sehubungan dengan perubahan kebutuhan pelanggan

5 3.4 Changes in Phase Development
Correction (Koreksi) membetulkan cacat atau kerusakan Adaptation (Adaptasi) modifikasi perangkat lunak karena perubahan kebutuhan fungsional original (CPU, OS, aturan bisnis, karakteristik produk eksternal, dll) Enhancement (Perkembangan) memperluas perangkat lunak sehingga melampaui kebutuhan fungsi originalnya Prevention (Pencegahan) pencegahan sebagai antisipasi perubahan karena usia perangkat lunak

6 3.5 Umbrella Activities Software project tracking and control
Formal technical reviews Software quality assurance Software configuration management Document preparation and production Reusability management Measurement Risk management

7 3.6 Software Development Stages
Requirements Analysis & Specification Conceptual/System Design Detailed/Program Design Implementation/Coding Unit & Integration Testing System Testing System Delivery Maintenance

8 3.7. The Software Process Common Process Framework
Framework Activities Task Sets Umbrella Activities Tasks Milestones, deliveriables SQA points

9 3.7.1 Five Process Maturity Levels (SEI=Software Engineering Institute)
Level 1: Initial Software process yang ditandai seperti ad hoc dan chaotic (kesemrawutan). Level 2: Repeatable Tracking / penelusuran masalah biaya, jadwal, dan fungsionalitas proyek-proyek terdahulu. Level 3: Defined Pendokumentasian, standarisasi, dan pengintegrasian software proses pada perangkat lunak organisasi besar. Level 4: Managed Pengukuan detail dan kualitas produksi perangkat lunak. Level 5: Optimizing Penambahan proses melalui umpan balik kuantitatif, gagasan inovatif pengujian, dan teknologi.

10 3.8. Software Process Models
Linier Sequential Model Waterfall Model V Model RAD Model Prototyping Model Evolutionary Model Incremental Model Spiral Model Component Assembly Model Concurrent Development Model Formal Model Fourth Generation Techniques

11 3.8.1. Linier Sequential Model
System/Information Engineering Analysis Design Code Test

12 Waterfall Model Sebuah pendekatan pengembangan perangkat lunak yang sistematik dan sekuensial. Disebut juga ‘Classic Life Cycle’. Paradigma yang sudah lama sekali, tetapi masih banyak yang memakai karena dianggap masih sesuai dengan keadaan sekarang.

13 Waterfall Model Diagram

14 Modified Waterfall Model (M.Kochanski)
Sashimi Waterfall with Spiral Introduction Waterfall with Subprojects

15 V Model

16 3.8.1.3 RAD Model RAD = Rapid Application Development
Adaptasi dari waterfall model yang: menekankan siklus pengembangan perangkat lunak yang sangat pendek; menggunakan pendekatan konstruksi berbasis komponen. Menciptakan sistem fungsional yang utuh dalam waktu hari.

17 RAD Model Diagram

18 RAD Model Phases Business Modelling
Memodelkan fungsi-fungsi bisnis untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan: Informasi apa yang mengendalikan proses bisnis ? Informasi apa yang dimunculkan? Ke mana infomasi itu pergi? Siapa yang memprosesnya? Data Modelling Aliran informasi yang didefinisikan pada fase business modelling ditransformasikan ke dalam serangkaian obyek data. Process Modelling Mentransformasikan obyek data pada suatu fungsi yang menghasilkan aliran informasi yang dibutuhkan. Application Generation Mengkonstruksi perangkat lunak dengan memakai komponen yang ada (bila memungkinkan) atau menciptakan komponen yang dapat dipakai lagi. Testing and Turnover Menguji komponen baru.

19 3.8.2 Prototyping Model Dipakai jika: Sistem mempunyai resiko tinggi
tidak jelas permasalahannya Lebih fokus pada perancangan dialog user - komputer bagaimana membuat dialog yang baik, ramah, mudah ? Sistem diminati oleh banyak pemakai mencari kesepakatan (dasar untuk menyamakan persepsi) User ingin cepat selesai user tidak sabar menunggu prototipe segera memperlihatkan bentuk kerja sistem Masa pakai singkat sistem hanya dipakai beberapa kali saja Ingin menunjukkan inovasi pengembang dapat menunjukkan kecanggihan Kebutuhan berubah-ubah user sulit menjelaskan kebutuhan

20 Types of Prototyping Evolutionary prototyping
Dimulai dari model, kemudian dikembangkan dan akhirnya dipakai. Throw-away prototyping Hanya dikembangkan sebagai model untuk mencari blue-print.

21 Evolutionary Prototyping
Prototype Requirements Prototype Programming Reviews Validates? Release

22 Throw-away prototyping
Prototype Requirements System Programming System Testing Prototype Programming Reviews Validates? Reviews Validates? Release

23 Prototyping Speciality
Frekuensi komunikasi user – developer meningkat pengembang akan selalu meminta pendapat user Membantu analis dalam menentukan kebutuhan user yang sebenarnya meminimalkan salah persepsi Peran user meningkat evaluasi oleh user berkali-kali user bisa memberikan masukan setiap saat Pengembangan lebih cepat program bisa langsung dibuat user melihat perkembangan tahap demi tahap Implementasi mudah user sudah mengenal perangkat lunak yang dikembangkan user tidak akan merasa asing sejak awal user sudah merasa memiliki

24 Prototyping Weakness User sibuk User sulit melakukan evaluasi
user & pengembang harus sama-sama memiliki komitmen menyediakan waktu untuk bertemu. User sulit melakukan evaluasi bentuk prototipe sering berubah, disesuaikan dengan kebutuhan user. User ingin cepat selesai bentuk program sudah terlihat sejak awal. user merasa tidak akan lama lagi selesai. pengembang sering mengabaikan dokumentasi. User berharap terlalu banyak keseringan evaluasi & komunikasi membuat user menjadi berubah keinginan dan tidak pasti dengan kebutuhan. Prototipe bekerja tidak efisien lebih mementingkan keberhasilan.

25 3.8.3 Evolutionary Model 3.8.3.1 Incremental Model
Incremental Model merupakan gabungan antara model linier sekuensial dan prototyping. Setiap linier sekuen menghasilkan produk yang deliveriables. Increment pertama merupakan produk inti (core), yang mengandung persyaratan/kebutuhan dasar. Penambahan dilakukan pada increment-increment berikutnya.

26 Incremental Model Diagram

27 3.8.3.2 Spiral Model Evolutionary process (pengembangan bertingkat)
Menggabungkan keunggulan prototyping dan waterfall Memungkinkan dikembangkannya perangkat lunak secara bertahap (incremental) dan cepat. Terbagi atas 6 tahapan customer communication planning risk analysis engineering construction & release customer evaluation

28 Spiral Model Diagram Planning analisa resiko berdasarkan evaluasi user
Risk Analysis Integration and test plan development plan analisa resiko berdasarkan kebutuhan awal menentukan tujuan, alternatif, batasan sistem dan budget development plan Requirements Customer Communication prototipe awal Engineering prototipe tingkat berikutnya Project Entry Point produk-jadi Customer Evaluation Construction & Release

29 3.8.3.3 Component Assembly Model
identify candidate components look up components construct n- th in library iteration of system put new extract components components in if available library build components if unavailable engineering Engineering, contruction & release customer evaluation entry point Customer communication risk analysis planning

30 3.8.3.4 Concurrent Development Model
none Analysis activity Under development A waiting changes Under review Under revision baselined done

31 Konkurensi Tercapai dengan Cara:
aktivitas sistem dan komponen yang berlangsung secara simultan dan dapat dimodelkan dengan menggunakan pendekatan orientasi keadaan; aplikasi klien/server khusus yang diimplementasikan dengan banyak komponen yang masing-masing bisa dirancang dan direalisasikan secara konkuren.

32 3.8.4 Formal Model mencakup sekumpulan aktivitas yang membawa kepada spesifikasi matematis perangkat lunak komputer; memungkinkan software engineer untuk mengkhususkan, mengembangkan, dan mem-verifikasi sistem berbasis komputer dengan menggunakan notasi matematis yang tepat; Variasi dari pendekatan ini disebut clean-room software engineering. Formal method akan dibahas pada bab tersendiri

33 3.8.5 Fourth Generation Techniques (4GT)
Terkait dengan penggunaan tools. Pengembang software mendefinisikan karakteristik software secara 'high level'; tool secara otomatis akan membangkitkan kode. 4GT mempercepat proses pengembangan perangkat lunak. Proses perancangan dan dokumentasi baik. Masih dipertanyakan beberapa pihak: efisiensi kode yang dihasilkan, kemudahan (relatif).

34 4GT Techniques *** requirements gathering design strategy
implementation using 4GL testing ***


Download ppt "3. The Software Process."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google