Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Basic Design Principles

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Basic Design Principles"— Transcript presentasi:

1 Basic Design Principles
Brent Fox - Sugiyanto Basic Design Principles

2 Basic Design Principles
Back to Basic Memperlakukan gambar dan teks sebagai elemen desain Warna bisa menjadi alat desain yang kuat Warna dikaitkan dengan emosi Warna harmonis  terlihat baik bersama-sama, mecakup warna yang mirip satu sama lain Warna komplementer  dua warna berlawanan satu sama lain dalam roda warna

3 Basic Design Principles
Warna harmonis didapatkan dg cara meletakan segitiga, persegi atau persegi panjang dalam roda warna Jika dicampurkan  abu-abu netral Warna preference  terikat fungsi mata, subyektif

4 Basic Design Principles
Warna memiliki kekuatan visual antar satu dengan yang lain Kuning, merah dan orang lebih kuat dari warna pada sisi yg berlawanan Warna kuning lebih kuat Warna seimbang

5 Basic Design Principles
Warna Hangat : kuning, merah, orange  bahagia, gembira, dll Warna dingin : purple, biru, hijau  tenang Dingin, sangat tenang Hangat, ceria

6 Basic Design Principles
Warna pada monitor dan TV  RGB Intensitas tinggi  putih, rendah  hitam Warna Digital : RGB, CMYK, HSB, Pantone Terdapat warna cahaya yang tidak dapat diproduksi dalam pencetakan

7 Basic Design Principles
CMYK  warna cetak Mencampur warna cmyk mendapatkan warna lebih gelap Pada hasil cetak terdapat dot pola Kemampuan hasil cetak ditentukan nilai dpi

8 Basic Design Principles
HSB Hue Saturation Brightness Hue  warna merah ke biru Saturation  kekuatan warna, rendah Abu-abu, tinggi  full color Brightness  rendah  hitam, tinggi  putih

9 Basic Design Principles
Organisasi Visual Elemen merata dan selaras Jarak visual tidak selalu sama dengan jarak fisik Obyek lingkaran lebih dekat dengan obyek persegi

10 Basic Design Principles
Kesatuan dan Variasi Kesatuan  mengulang elemen visual : warna, bentuk, ukuran Warna  Gunakan warna yang konsisten diseluruh interface Bentuk lingkaran, gunakan bentuk melengkung pada seluruh desain Variasi  Untuk menciptakan minat visual Misal : beda ukuran, warna Bentuk persegi, mengatur sudut yang berbeda

11 Basic Design Principles
Ruang Negatif Ruang negatif  ruang kosong didaerah sekitar obyek, bentuk latar belakang Gerakan Gambar statis-tanpa animasi-bisa menuturkan perasaan gerak Lebih banyak ruang visual dan obyek miring memberikan kekuatan rasa gerak (kecepatan)

12 Basic Design Principles
Gerak stabil  berasal dari garis yang vertikal atau horisontal. Gerakan Mata Mengacu pada urutan tampilan image

13 Basic Design Principles
Balance dan Weight Bentuk dan obyek dalam setiap gambar memiliki berat visual Perhatikan tata letak keseluruhan dan kontrol berat visual didistribusikan

14 Basic Design Principles
Berat visual dipengaruhi : warna, ukuran dan bentuk obyek Keseimbangan formal (simetris)  menarik garis bawah ke tengah layar, mirrorred object, tidak perlu sama, serupa dalam ukuran, bentuk dan warna Keseimbangan informal (asimetris)  jika membagi layar, besar item tidak sama, ukuran bukan satu-satunya atribut untuk keseimbangan desain. Perlu perencanaan dan ketrampilan, lebih menarik secara visual

15 Basic Design Principles
Bilangan Ganjil Jumlah obyek yang ganjil lebih menarik, karena tidak memiliki obyek pusat Jumlah 3-5 obyek lebih menarik secara visual

16 Basic Design Principles
Pembagian Gambar Pembagian merata, atau 2/3 dari tampilan Perpotongan Obyek Tidak tampak terjadi kesalahan Perhatikan alignment


Download ppt "Basic Design Principles"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google