Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
*STORYTELLING
2
Gagasan >> Bentuk >> Gaya >> Struktur >> Ketrampilan
3
STORY TELLING Catatan dari kejadian nyata/ imajinasi
Presentasi secara fisik kepada audiens
7
Ketiga gambar ini menggunakan storytelling sederhana
MENYAMPAIKAN GAGASAN MENSTIMULASI IMAJINASI INTERAKSI KATA, GAMBAR & ELEMEN PENDUKUNG LAIN
8
JADI… Storytelling adalah
Storyteller = Menyajikan gagasan Audiens = Membangkitkan imajinasi audience dalam menangkap gagasan INTERAKSI antara Storyteller dan Audiens
9
PUISI NOVEL CERPEN ESAI KOMIK FILM … BENTUK
10
Nonfiksi Fiksi Drama Misteri Komedi Aksi (Action) Fantasi
Sains (Science) …
11
Istilah dasar dalam Storytelling
Alur cerita (Plot) Tema Waktu dan tempat (Setting) Adegan Karakter Dialog
12
Alur cerita (Plot) Tema Waktu dan tempat (Setting) Karakter
13
Rumusan dasar menyusun Plot
5W + 1H What – Why – Who – When – Where - How
14
Gerry’s Game
15
5W 1H What Why Who When Where How
16
For The Birds
17
5W 1H What Why Who When Where How
18
Panduan Fokus (tujuan/ jangkauan cerita) Unik (1-1nya)
Sebab-Akibat (logis) Jalinan cerita rapi dan jelas (karakter, setting, hubungan antar karakter, arah cerita) Ekspektasi (membalikkan ekspektasi audiens)
19
Pembagian PLOT AWAL (perkenalan) TENGAH (komplikasi)
AKHIR (klimaks dan penyelesaian)
21
AWAL Tokoh Utama: Mainan orang2 an
Masalah: Ada Bayi yang bermain dengan kasar
22
TENGAH : KOMPLIKASI ! Untuk berjalan, instrument yang ada di badan mainan tadi juga ikut berbunyi dan bahkan semakin kencang. Bunyi-bunyian tadi malah semakin menarik perhatian Bayi dan semakin membuat bayi itu gemas. Area terbuka yang membuat Bayi semakin mudah dalam mengejar si mainan.
23
AKHIR Klimaks: Ketika hampir tertangkap, si mainan berhasil menemukan tempat persembunyian di bawah kursi. Ada Kejutan: mainan lain yang juga bersembunyi dibawah kursi (fungsinya untuk menarik dan meningkatkan perhatian audience). Bayi yang tidak berhasil menangkap si mainan terjatuh dan menangis.
24
AKHIR Penyelesaian: Timbul rasa iba dalam diri si mainan (UNSUR PERASAAN), lalu datang menghampiri si Bayi. Kejadian berikutnya masih memberikan unsur kejutan bagi penonton, ternyata Bayi sudah tidak tertarik pada si mainan.
25
AKHIR Konsekuensi: Si bayi berjalan mencari hal lain yang menarik bagi dirinya sementara si mainan malah tertantang balik untuk berusaha merebut perhatian si bayi setelah tadi berusaha menghindar setengah mati dari perhatian si bayi.
26
CATATAN Menjadi PENGAMAT dan KREATIF!
Khusus untuk cerita pendek, hal yang harus diperhatikan adalah: - Batasi jumlah karakter/subyek - Simplicity…
28
5W 1H ? Fokus ? Sebab-Akibat ? Ekspektasi ?
29
BENTUK NASKAH
30
BENTUK NASKAH (Buku Anak)
31
BENTUK NASKAH (Buku Anak)
32
BENTUK NASKAH (Komik) Produksi Studio Kasat mata
33
BENTUK NASKAH (Komik)
34
BENTUK NASKAH (Film) Produksi Studio Kasat mata
35
BENTUK NASKAH (Film) Produksi Studio Kasat mata
36
Bentuk Script Game KINGDOM HEARTS BY Square Enix
37
TUGAS STUDIO Membuat sebuah cerita pendek,
Ketentuan: menggunakan 5W+1H untuk menyusun Plot jalan cerita. Bentuk terakhir berupa naskah yang jelas dan siap digunakan.
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.