Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Algoritma & Pemrograman A

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Algoritma & Pemrograman A"— Transcript presentasi:

1 Algoritma & Pemrograman A
Main Menu & Pop Menu D3 – Teknik Komputer Universitas Gunadarma

2 Topik Main Menu Pop Up Menu Timer Image

3 Main Menu Menu Program adalah suatu fasilitas untuk mengorganisasikan form – form yang ada pada project yang sama sehingga semua form yang dimiliki dapat ditampilkan sesuai dengan urutan dan kebutuhan sistem yang dibangun. Banyak cara yang digunakan untuk membuat menu program tergantung developer dan kebutuhan sistem yang dibutuhkan.

4 Main Menu Dengan menu utama membuat form program akan teroganisasi dengan rapi. Dan juga dapat mengelompokkan form aplikasi sesuai dengan kategori-kategori tertentu. Berikut contoh implementasi dalam penerapan di Delphi.

5 Main Menu & Pop Up Menu

6 Main Menu & Pop Up Menu

7 Main Menu & Pop Up Menu

8 Main Menu & Pop Up Menu

9 Main Menu & Pop Up Menu

10 Main Menu & Pop Up Menu Desain : Main Menu Popup Menu Panel Label
Image

11 Main Menu & Pop Up Menu Desain : Main Menu Popup Menu Panel Label
Image Timer

12 Main Menu & Pop Up Menu

13 Main Menu & Pop Up Menu Pada Main Menu File Berisi : Bilangan Genpa Ganjil & Bilangan Faktorial Main Menu Exit Panel 1 berisi “ I Can Change If You Right Click To Me ^ _ ^” Label1 berisi “Belajar MainMenu dan PopUp Menu” Image1 berisi gambar (free)

14 Main Menu & Pop Up Menu Untuk Mengisi Menubar berasal dari MainMenu. Klik 2x MainMenu maka akan muncul tampilan, isi kan data tersebut.

15 Main Menu & Pop Up Menu Untuk Mengisi PopUp Menu pada Panel1 klik 2x PopUp Menu

16 Main Menu & Pop Up Menu Untuk Mengisi Panel1 isi pada Caption:

17 Main Menu & Pop Up Menu Untuk Mengisi Label1 di Caption

18 Main Menu & Pop Up Menu Untuk Mengisi Image, sebagai contoh Image Gunadarma

19 Main Menu & Pop Up Menu Cara untuk Label dapat warna-warni random dengan menggunakan perintah yang terdapat pada Timer. Contoh perintah: Label1.font.color := trunc(clAqua*random);

20 Main Menu & Pop Up Menu Bagaimana dengan klik kanan pada PopUp Menu ?
Sebagai contoh: Ketika pada saat klik kanan memilik Ukuran -> 12. Maka Scriptnya : Panel1.font.size := 12; b. Ketika pada saat klik kanan memiliki warna -> kuning. Maka Scriptnya: Panel1.font.color := clYellow;

21 Main Menu & Pop Up Menu Untuk dapat membuka form Bilangan Ganjil Genap: Klik Pada menubar File -> Bilangan Ganjil Add Form (Form 2) Di saat ini maka fungsi .show dan .hide dibutuhkan pada form. Contoh Script: Form1.hide; Form2.show;

22 Main Menu & Pop Up Menu

23 Main Menu & Pop Up Menu Logika pada Button Proses menunjukkan untuk mengetahui Bilangan Genap – Ganjil. Var a,b : Integer; begin a:=StrToInt(Edit1.Text); b := a mod 2; if (b = 0) then label3.Caption:= 'Bilangan ' + IntToStr(a) + ' adalah Bilangan Genap' else label3.Caption:= 'Bilangan ' + IntToStr(a) + ' adalah Bilangan Ganjil';

24 Main Menu & Pop Up Menu

25 Main Menu & Pop Up Menu Bagaimana Logika dan Script untuk Bilangan Faktorial??


Download ppt "Algoritma & Pemrograman A"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google