Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sistem Informasi Manajemen DOSEN : GDE BRAHUPADHYA SUBIKSA

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sistem Informasi Manajemen DOSEN : GDE BRAHUPADHYA SUBIKSA"— Transcript presentasi:

1 Sistem Informasi Manajemen DOSEN : GDE BRAHUPADHYA SUBIKSA

2 NAMA KELOMPOK I KOMANG SUGIARTANA PUTU PIPIN PURNAMI
NI LUH PUTU DILI ANTINI NI MADE DWI RAHAYU RUSMINI A. ( ) ( ) ( ) ( )

3 MATERI ARSITEKTUR KOMPUTER SOFTWARE
PERANAN PERALATAN INPUT/OUTPUT DAN SOFTWARE DALAM PEMECAHAN MASALAH PERANAN KOMUNIKASI DATA DALAM PEMECAHAN MASALAH

4 1. Arsitektur Komputer PENGERTIAN
Arsitektur komputer adalah dapat dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus sebagai suatu seni mengenai cara interkoneksi antara berbagai komponen perangkat keras atau hardware untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang dapat memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan juga target biayanya. Dalam bidang teknik komputer, definisi arsitektur komputer adalah suatu konsep perencanaan dan juga struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer atau ilmu yang bertujuan untuk perancangan sistem komputer 1. PENGERTIAN

5 Komputer dengan tujuan umum memiliki tipe komponen yang sama, yaitu:
PERANGKAT INPUT PEMROSESAN DATA PERANGKAT OUTPUT PENYIMPANAN PRIMER PENYIMPANAN SEKUNDER

6 GAMBAR SKEMA KOMPUTER Central Processing Unit (CPU) INPUT OUTPUT
Control Unit Primary Memory Arithmetic and Logical Unit Unit Penyimpanan Sekunder GAMBAR SKEMA KOMPUTER

7 1. PERANGKAT INPUT Dibagi menjadi 2, yaitu : Alat input langsung
Alat input tidak langsung

8 Alat input LANGSUNG Alat input langsung memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU melalui alat input tanpa terlebih dahulu dimasukkan ke dalam media penyimpanan ekternal.

9 Macam-macam Dan Fungsi Peralatan Input Komputer
KEYBOARD MOUSE Merupakan peralatan input pada komputer yang berfungsi untuk memasukan data atau perintah berupa angka, huruf maupun symbol, Keboard disebut juga papan ketik pada komputer. Mouse adalah peralatan input pada komputer yang berfungsi untuk menggerakan pointer pada layar monitor. Mouse sangat berguna untuk sistem operasi yang berbasis grafis.

10 JOY STICK SCANNER Joy Stick adalah alat input yang digunakan untuk memasukan perintah untuk menggerakan permainan pada komputer. Scanner adalah alat input yang mempunyai fungsi hampir mirip dengan mesin foto copy, akan tetapi dengan scanner data dapat diubah dalam bentuk file sehingga dapat disimpan ke dalam harddisk komputer. JOY STICK SCANNER

11 Alat input TIDAK LANGSUNG
Alat input tidak langsung , dimana data yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media mechine readable form (bentuk yang hanya dapat dibaca oleh komputer dan merupakan penyimpanan ekternal).

12 2. Central Processing Unit (CPU) mengendalikan semua unit sistem komputer dan mengubah input menjadi output.Unit pengendalian (control unit) membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu sistem. PEMROSESAN DATA

13 3. PERALATAN OUTPUT Alat output dapat berbentuk : Hard copy Soft copy

14 4. PENYIMPANAN PRIMER Ukuran kapasitas penyimpanan primer sebagai berikut:

15 Satuan Ekivalen Keterangan Byte 8 bit Untuk menyimpan sebuah karakter pada sistem ASCII atau EBCDIC Kilobyte 1024 byte Awal PC hanya memiliki memori 640 byte Megabyte 1024 KB Memori PC pd saat ini berkisar antara 64 – 256 Megabyte Gigabyte 1024 MB Ukuran hard disk yang digunakan berkisar antara 20 – 40 gigabyte Terabyte 1024 GB Database yang sangat besar Pentabyte 1024 TB Penggunaan di masa datang

16 5. PENYIMPANAN SEKUNDER Bentuk Penyimpanan Sekunder :
 RAM (Random Access Memory) ROM (Read Only Memory) Cache Memory PENYIMPANAN SEKUNDER

17 RAM (Random Access Memory)
RAM (Random Access Memory), jenis penyimpanan primer yang mudah hilang (volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.

18 ROM (Read Only Memory) ROM (Read Only Memory), jenis penyimpanan sekunder yang bersifat non- volatile karena data disimpan secara permanent dan jika listrik padam data tidak akan hilang ROM

19 Cache Memory Cache Memory, merupakan RAM khusus yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk membantu RAM biasa dalam proses data.

20 Software adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. SOFTWARE 2. PENGERTIAN

21 SOFTWARE PERANGKAT LUNAK APLIKASI PERANGKAT LUNAK SYSTEM
Ada tiga jenis dasar perangkat lunak sistem : Sistem Operasi Program Utility Penerjemah Bahasa Komputer Perangkat lunak aplikasi adalah program yang dibuat oleh pemakai menggunakan bahasa pemrograman untuk menyelesaikan suatu tugas khusus. CONTOH: Pemrograman Sendiri

22 Peranan Peralatan Input/Output Dalam Pemecahan Masalah
Alat input dan output ini menyediakan hubungan komunikasi antara pengguna (user) dengan computer dan karenanya berperan langsung pada pemcahan masalah. Jadi bisa disimpulkan bahwa, semua alat input maupun output dapat berkontribusi pada pemecahan masalah baik secara langsung maupun tidak langsung. 3. Perangkat input dan output berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi data.

23 Peranan Komunikasi Data dalam Pemecahan Masalah
4. Dengan jaringan komunikasi data yang baik, suatu perusahaan dapat mengejar strategi pengambilan keputusan sentralisasi atau desentraliasi. Pada sentralisasi pengambilan keputusan, semua keputusan penting dibuat oleh manajemen puncak di kantor pusat. Pada desentralisasi pengambilan keputusan, manajemen puncak mendelegasikan wewenang untuk membuat keputusan kepada manajer tingkat yang lebih bawah.

24 Any Question ?

25


Download ppt "Sistem Informasi Manajemen DOSEN : GDE BRAHUPADHYA SUBIKSA"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google