Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Penulisan Algoritma dan Flowchart

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Penulisan Algoritma dan Flowchart"— Transcript presentasi:

1 Penulisan Algoritma dan Flowchart

2 Tujuan Istruksional Khusus
Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu: Memahami simbol dan fungsinya Menggambarkan flowchart dan membuat pseudocode yang benar tentang kasus sederhana

3 Outline Materi Konsep Dasar Pemrograman Definisi Algoritma
Tahap Pengembangan Algoritma Penyajian Algoritma Pseudocode Flowchart Pemrograman Terstruktur

4 Konsep Dasar Pemrograman Komputer
COMPUTER TO – COMPUTE + ER (menghitung/mengolah bilangan) (mengolah data) nilai data nilai data PUSAT PENGOLAH DATA (berbasis Aritmetika dan Logika) data yang diolah data hasil pengolahan masukan/input keluaran/output Penyimpanan Data

5 Definisi Algoritma Sekumpulan langkah-langkah terbatas untuk mencari solusi suatu masalah Awalnya diungkapkan oleh Al Khowarizmi (825M) Algoris + Ritmis Pada pemrograman: Metode yang terdiri dari langkah-langkah terstuktur untuk mencari solusi suatu masalah dengan bantuan komputer

6 Tahap Pengembangan Algoritma
MASALAH/IDEA PEMECAHAN SOLUSI/HASIL Algoritma Source Code Execute Code

7 Executable code: => Run
Tahap Pengembangan Algoritma DEFINISI MASALAH MEMBUAT MODEL RANCANG ALGORITMA TULIS PROGRAM COMPILE Y Sintaks Error T Executable code: => Run Y Output Error T DOKUMENTASI

8 Executable code: => Run
Tahap Pengembangan Algoritma DEFINISI MASALAH MEMBUAT MODEL RANCANG ALGORITMA TULIS PROGRAM COMPILE Masalah: Tentukan akar-akar dari suatu persamaan kuadrat Definisi: Persamaan kuadrat: ax^2 + bx + c = 0 Data yang diperlukan: Nilai dari a, b, dan c: tipe real Y Sintaks Error T Executable code: => Run Y Output Error T DOKUMENTASI

9 Executable code: => Run
Tahap Pengembangan Algoritma DEFINISI MASALAH MEMBUAT MODEL RANCANG ALGORITMA TULIS PROGRAM COMPILE Model Matematika: Rumus ABC x1 = (-b + sqrt(b^2 – 4ac)) / 2a x2 = (-b - sqrt(b^2 – 4ac)) / 2a Y Sintaks Error T Executable code: => Run Y Output Error T DOKUMENTASI

10 Executable code: => Run
Tahap Pengembangan Algoritma DEFINISI MASALAH MEMBUAT MODEL RANCANG ALGORITMA TULIS PROGRAM Start COMPILE Masukkan a, b, c Y Sintaks Error d = b^2 – 4ac Y T d < 0 Executable code: => Run T Cetak: “Akar imajiner” x1 = (-b + sqrt(d)) / 2a x2 = (-b - sqrt(d)) / 2a Y Output Error Cetak: x1, x2 T Stop DOKUMENTASI

11 Executable code: => Run
Tahap Pengembangan Algoritma DEFINISI MASALAH MEMBUAT MODEL RANCANG ALGORITMA TULIS PROGRAM COMPILE Y Sintaks Error T Executable code: => Run Y Output Error T DOKUMENTASI

12 Executable code: => Run
Tahap Pengembangan Algoritma DEFINISI MASALAH MEMBUAT MODEL RANCANG ALGORITMA TULIS PROGRAM COMPILE Y Sintaks Error T Executable code: => Run Y Output Error T DOKUMENTASI

13 Executable code: => Run
Tahap Pengembangan Algoritma DEFINISI MASALAH MEMBUAT MODEL RANCANG ALGORITMA TULIS PROGRAM COMPILE Y Y Sintaks Error T Executable code: => Run Y Output Error T DOKUMENTASI

14 Executable code: => Run
Tahap Pengembangan Algoritma DEFINISI MASALAH MEMBUAT MODEL RANCANG ALGORITMA TULIS PROGRAM COMPILE Y Sintaks Error T Executable code: => Run Y Output Error T DOKUMENTASI

15 Executable code: => Run
Tahap Pengembangan Algoritma DEFINISI MASALAH MEMBUAT MODEL RANCANG ALGORITMA TULIS PROGRAM COMPILE Y Sintaks Error T Executable code: => Run Y Output Error T T DOKUMENTASI

16 Executable code: => Run
Tahap Pengembangan Algoritma DEFINISI MASALAH MEMBUAT MODEL RANCANG ALGORITMA TULIS PROGRAM COMPILE Dokumentasi Program Mencari Akar Persamaan Kuadrat Daftar Isi: Definisi Masalah Model Perhitungan/Matematika Flowchart/Rancangan Algoritma Source Code Y Sintaks Error T Executable code: => Run Y Output Error T DOKUMENTASI

17 Penyajian Algoritma Algoritma dapat dibuat dengan: Teknik tulisan
Struktur English dan Pseudocode Teknik visual Flowchart

18 Pseudocode Outline dari sebuah program computer
Ditulis dalam bahasa Inggris atau Indonesia sederhana Kata kunci (keyword) digunakan untuk menjelaskan sturktur kendali Mis: “jika”, “ulangi”, “sampai”, “if”, “repeat”, “until”

19 Pseudocode Tujuh operari dasar komputer Membaca data (Input)
Menampilkan data (Output) Melakukan perhitungan aritmetika (Compute) Memberikan nilai ke suatu identifier (Store) Membandingkan dan Memilih (Compare) Melakukan pengulangan (Loop) Procedure dan atau Function

20 1. Membaca Data Sewaktu komputer menerima informasi atau input, maka statement yang biasa digunakan adalah “Read” “Get” “Baca” “Input”, atau “KeyIn” Contoh: Read Bilangan Get kode_pajak Baca nama_mahasiswa

21 2. Menampilkan Data Sewaktu komputer menampilkan informasi atau output, maka statement yang biasa digunakan adalah “Print” “Write” “Put” “Output” “Display”, atau “Cetak” Contoh: Print “Universitas Brawijaya” Cetak “Dasar Pemrograman Komputer” Output Total

22 3. Perhitungan Aritmetika
Untuk melakukan operasi aritmetika digunakan pseudocode berikut: + : penjumlahan (Add) - : pengurangan (Subtract) * : perkalian (Multiply) / : pembagian (Divide) () : kurung Statement “Compute”, “Calculate”, ataupun “Hitung” juga dapat digunakan Contoh: Add number to total Total = Total + number

23 4. Memberikan Nilai ke Identifier
Ada tiga cara untuk memberikan nilai ke dalam variabel: Memberikan nilai awal, menggunakan statement “Initialize” atau “Set” Memberikan nilai sebagai hasil dari suatu proses, maka tanda “=“ digunakan Untuk menyimpan suatu nilai maka statement “Save” atau “Store” digunakan Contoh: Set Counter to 0 Total = Harga * Jumlah

24 5. Membandingkan dan Memilih
Salah satu operasi terpenting yang dapat dilakukan komputer adalah membandingkan dan memilih salah satu alternatif solusi Keyword yang digunakan: “IF” “THEN” “ELSE” Contoh: IF Pilih=‘1’ THEN Discount = 0.1 * harga ELSE Discount = 0.2 * harga ENDIF

25 6. Pengulangan Jika ada beberapa perintah yang harus diulang, maka dapat digunakan keyword “DOWHILE” “ENDDO” Contoh: Bil = 0 DOWHILE Bil < 10 Cetak Bil Bil = Bil + 1 ENDDO

26 Contoh Algoritma dengan Pseudocode
Algoritma Menggunakan Kalkulator Mulai Nyalakan kalkulator Kosongkan kalkulator Ulangi Input harga Tekan tombol Plus (+) Sampai semua harga diinput Tampilkan total harga Matikan kalkulator Selesai

27 Contoh Algoritma dengan Pseudocode
Algoritma Berangkat Kuliah Mulai Bangun dari tempat tidur Mandi pagi Sarapan pagi Pergi ke kampus Cari ruang kuliah Masuk kelas untuk kuliah Selesai

28 Contoh Algoritma dengan Pseudocode
Algoritma Sarapan Pagi Mulai Ambil piring Masukkan nasi dan lauk dalam piring Ambil sendok dan garpu Ulangi Angkat sendok dan garpu Ambil nasi dan lauk Suapkan ke dalam mulut Taruh sendok dan garpu Kunyah Sampai (nasi dan lauk habis) ATAU kekeyangan Bereskan piring, sendok, dan garpu Selesai

29 Flowchart Terminal Proses Input/Output Dokumen Pemilihan Pengulangan Arah Konektor Konektor antar halaman Pemanggil Procedure

30 Contoh Flowchart Start Masukkan a, b, c d = b^2 – 4ac Y d < 0 T
x1 = (-b + sqrt(d)) / 2a x2 = (-b - sqrt(d)) / 2a Cetak: “Akar imajiner” Cetak: x1, x2 Start

31 Kriteria Algoritma yang Baik
Mempunyai algoritma yang tepat untuk memecahkan masalah Menghasilkan output yang benar dalam waktu yang singkat Ditulis dengan bahasa baku terstruktur sehingga tidak menimbulkan arti ganda Ditulis dengan format baku sehingga mudah diimplementasikan ke dalam bahasa pemrograman Semua operasi didefinisikan dengan jelas dan berakhir sesudah sejumlah langkah

32 Pemrograman Terstruktur
Pemrograman terstruktur merupakan pola penyusunan program komputer hanya dengan menggunakan tiga struktur kontrol: Sequence Selection Repetition

33 1. Sequence Urutan pengerjaan dari perintah/statement pertama sampai dengan perintah/statement terakhir Umumnya bahasa pemrograman mempunyai sequence (urutan pengerjaan dari perintah/statement) mulai dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan Top-down

34 Contoh Sequence Contoh: Penjelasan: Cetak “Jumlah Mahasiswa”
Set Jumlah to 49 Cetak “Tambahan mahasiswa baru” Baca mhs_baru Jumlah = Jumlah + mhs_baru Cetak Jumlah Penjelasan: Urutan pengerjaan mulai dari urutan pertama sampai dengan urutan terakhir, jika mhs_baru diisi dengan 2, maka Jumlah yang tercetak adalah 51

35 2. Selection Penggambaran sebuah kondisi dan pilihan diantara dua aksi
Statement pertama akan dikerjakan jika kondisi bernilai benar, jika tidak maka akan mengerjakan perintah setelah keyword “else” (jika ada)

36 Contoh Selection Contoh: Penjelasan: IF Hari=1 THEN Cetak “Senin” ELSE
Cetak “Bukan hari Senin” ENDIF Penjelasan: Tulisan “Senin” akan ditampilkan jika Hari bernilai 1, jika tidak maka tulisan “Bukan hari Senin” yang akan ditampilkan

37 3. Repetition Beberapa perintah/statement dapat diulang
Perintah/statement akan tetap diulang selama kondisi perulangan memenuhi (jika menggunakan DOWHILE – ENDDO)

38 Contoh Repetition Contoh: Penjelasan: Bintang = 0
DOWHILE Bintang < 5 Cetak Bintang Bintang = Bintang + 1 ENDDO Penjelasan: Pertama kali Bintang akan diisi dengan 0, setelah itu isi dari Bintang akan dicetak sebanyak lima kali, sehingga tampilannya akan sebagai berikut:

39

40 LATIHAN Buatlah algoritma menggunakan pseudocode untuk menghitung luas segitiga! Buatlah algoritma menggunakan pseudocode untuk mengubah jam dan menit yang diinput ke dalam satuan detik! Buatlah algoritma menggunakan pseudocode untuk menentukan apakah bilangan yang diinput adalah bilangan ganjil atau bilangan genap! Buatlah algoritma menggunakan pseudocode untuk menentukan apakah Indeks Prestasi yang diperoleh mahasiswa memiliki jumlah beban studi maksimal 24, 21, 18, 15, atau kurang dari 12 sks! (sesuai dengan buku pedoman PTIIK) Buatlah algoritma menggunakan pseudocode untuk menginput 3 buah bilangan, kemudian tentukan bilangan terbesar, terkecil, dan rata-ratanya!

41 LATIHAN Ulangi langkah no. 1 s/d no. 5 pada latihan sebelumnya dengan menggunakan Flowchart!

42

43 Filosofi Pemrograman “Good programmer write code for machine….. Great Programmer write code for other programmer…..”

44


Download ppt "Penulisan Algoritma dan Flowchart"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google