Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Flowchart (Diagram Alur)
2
Algoritma Urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Logis : hasil dari urutan langkah tersebut harus dapat ditentukan benar atau salah. Untuk menjadi sebuah algoritma, urutan langkah yang ditempuh untuk menyelesaikan masalah harus memberikan hasil yang benar.
3
Algoritma Algoritma dapat diekpresikan dalam bahasa manusia, menggunakan presentasi grafik FlowChart (diagram alir) ataupun melalui PseudoCode yang menjembatani antara bahasa manusia dengan bahasa pemrograman.
4
Algoritma dalam Bahasa Natural
5
Notasi Penulisan Dibagi menjadi 3 cara, yaitu :
Notasi yang dinyatakan dalam kalimat Natural/Deskriptif Notasi yang dinyatakan dalam flow chart Notasi yang dinyatakan dengan pseudo code
6
Penulisan Algoritma 1. Dalam bahasa natural (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan bahasa manusia lainnya) Tapi sering membingungkan (ambiguous) 2. Menggunakan flow chart (diagram alir) Bagus secara visual akan tetapi repot kalau algoritmanya panjang 3. Menggunakan pseudo-code Sudah lebih dekat ke bahasa pemrograman, namun sulit dimengerti oleh orang yang tidak mengerti pemrograman
7
1. Algoritma Dalam Bahasa Natural
Contoh Menghitung luas persegi panjang: Masukkan input panjang Masukkan input lebar Hitung Luas persegi panjang = panjang * lebar Cetak (print) Luas persegi panjang
8
2. Algoritma menggunakan Flow Chart
flow chart (diagram alir) (menggambarkan urutan langkah-langkah kegiatan /program mulai dari awal sampai akhir dengan menggunakan simbol atau gambar tertentu.) Kegunaan : mendesain dan mempresentasikan program
9
Contoh Flowchart Menghitung luas persegi panjang:
Start Input panjang Input lebar Luas panjang * lebar Print Luas End
10
3. Algoritma menggunakan Pseudecode
11
Notasi yang dinyatakan dengan pseudo code
Notasi yang menyerupai bahasa pemrograman tingkat tinggi Kemudahan mengkonversinya (mentranslasi ke notasi bahasa pemrograman) Intinya, Pseudo code adalah campuran antara bahasa alami dengan bahasa pemrograman
12
Notasi yang dinyatakan dengan pseudo code
Contoh : Algoritma Bilangan Maksimum Diberikan tiga buah bilangan bulat. Carilah bilangan bulat maksimum diantara ketiga bilangan tersebut. Deklarasi : Bil1,Bil2,Bil3 : integer {bilangan yang dicari maksimumnya} MAX : integer {variabel bantu} Deskripsi : Read (Bil1,Bil2) If Bil1 >= Bil2 then Bil1 = MAX Else Bil2 = MAX Read (Bil3) If Bil3 >= MAX then Bil3 = MAX Write (MAX)
13
Algoritma dengan pseudo-code
maks ← bilangan pertama if (maks < bilangan kedua) maks ← bilangan kedua if (maks < bilangan ketiga) maks ← bilangan ketiga
14
Flowchart
15
Flowchart adalah gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program, yang menyatakan arah alur program tersebut.
16
FLOWCHART Flowchart lebih baik dibandingkan pseudocode
Merupakan gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program yang menyatakan arah alur program tersebut Disajikan dalam bentuk grafik/gambar Dapat membantu programmer maupun orang lain dalam memahami alur program (apa saja input, proses dan output dari program) Representasi visual, karena itu lebih mudah dipahami Jumlah simbol yang digunakan sedikit, karena itu lebih sederhana dan lebih mudah dipelajari
17
Flowchart bagan yang menggambarkan urutan instruksi untuk proses dengan komputer dan hubungan antara suatu proses dengan proses lainnya dengan menggunakan simbol tidak digunakan untuk menggambarkan urutan langkah untuk memecahkan masalah, tetapi hanya untuk menggambarkan prosedur dalam sistem yang dibentuk -Alpro 2009-
18
Flowchart Bagan-bagan yang mempunyai arus
Menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah Merupakan salah satu cara penyajian algoritma
19
Tujuan Menggambarkan suatu tahapan penyelesaian masalah
Secara sederhana, terurai, rapi dan jelas Menggunakan simbol-simbol standar
20
Model / Jenis Flowchart
System Flowchart Program Flowchart
21
System Flowchart Menggambarkan suatu sistem peralatan komputer yang digunakan dalam proses pengolahan data serta hubungan antar peralatan tersebut Tidak digunakan untuk menggambarkan urutan langkah untuk memecahkan masalah Hanya untuk menggambarkan prosedur dalam sistem yang dibentuk
22
Program Flowchart Menggambarkan urutan logika dari suatu prosedur pemecahan masalah
23
Simbol-simbol Flowchart
Flow direction symbols Digunakan untuk menghubungkan simbol satu dengan yang lain Disebut juga connecting line Processing symbols Menunjukan jenis operasi pengolahan dalam suatu proses / prosedur Input / Output symbols Menunjukkan jenis peralatan yang digunakan sebagai media input atau output
24
Flow Direction Symbols
Simbol arus / flow Menyatakan jalannya arus suatu proses Simbol connector Menyatakan sambungan dari proses ke proses lainnya dalam halaman yang sama Simbol offline connector Menyatakan sambungan dari proses ke proses lainnya dalam halaman yang berbeda
25
Processing Symbols Simbol process Simbol decision
Menyatakan suatu tindakan (proses) yang dilakukan oleh komputer Simbol decision Menujukkan suatu kondisi tertentu yang akan menghasilkan dua kemungkinan jawaban : ya / tidak Simbol predefined process Menyatakan penyediaan tempat penyimpanan suatu pengolahan untuk memberi harga awal Simbol terminal Menyatakan permulaan atau akhir suatu program
26
Input / Output Symbols Simbol input/output
Menyatakan proses input atau output tanpa tergantung jenis peralatannya Simbol document Mencetak keluaran dalam bentuk dokumen (melalui printer)
27
Lambang Flowchart Lambang Arti Keterangan Terminator (mulai/selesai)
Permulaan/akhir program Input/output Proses input/output data, informasi Proses Proses perhitungan/proses pengolahan data Decision (percabangan) Perbandingan pernyataan, penyeleksian data yang memberikan pilihan untuk langkah selanjutnya Data Flow (Aliran data) Arah aliran program On Page Connector Penghubung bagian-bagian flowchart yang berada pada satu halaman Off Page Connector Penghubung bagian-bagian flowchart yang berada pada halaman berbeda
28
Menghitung luas persegi panjang
Start Input panjang Input lebar Luas panjang * lebar Print Luas End
29
Notasi yang dinyatakan dalam flow chart
Sama halnya dengan notasi deskriptif, notasi ini cocok untuk algoritma yang pendek Relatif sulit untuk dikonversi ke bahasa pemrograman
30
Pembuatan Flowchart Tidak ada kaidah yang baku.
Flowchart = gambaran hasil analisa suatu masalah Flowchart dapat bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram lainnya. Secara garis besar ada 3 bagian utama: – Input – Proses – Output
31
Pembuatan Flowchart Hindari pengulangan proses yang tidak
perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat. Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas. Sebuah flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END.
32
Contoh 1 Flowchart Start Input panjang Input lebar
Luas panjang * lebar Print Luas End
33
Contoh 1 Notasi dalam bahasa natural (Menghitung luas persegi panjang)
Masukkan input panjang Masukkan input lebar Hitung Luas persegi panjang= panjang * lebar Cetak (print) Luas persegi panjang
34
Contoh 2 Flowchart
35
Contoh 2 Notasi dalam bahasa natural (Order Burger)
Approach Counter will order burger. Do you want fries? If yes, we order fries. If no, do you want drink? Do you want drink? If yes, we order drink. If no, we pay cahier.
36
Contoh 3 Flowchart
37
Contoh 3 Notasi dalam bahasa natural (Menghitung Bilangan)
Mulai (Start). Input bilangan. Hitung sisa bagi antara bilangan dengan 2. Apakah sisa=0. Jika ya, cetak bilangan genap. Jika tidak, cetak bilangan ganjil. Selesai (End)
38
Tugas Buat algoritma menggunakan flowchart dan bahasa natural
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.