Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Pertemuan 6 IT Evolutions in Business
2
Perkembangan TI Umum Perkembangan Hardware Perkembangan Software
PerkembanganTelekomunikasi
3
Hardware Komponen komputer Kapasitas ruang penyimpanan Memori
Processor Peripheral Monitor Printer Scanner, DVD-ROM, Flash-Disk, Bluetooth, MicroSD, Memory Stick
4
SOFTWARE OS /Microsoft Windows XP, Vista/Server
OS Linux Distro : Fedora, Debian, Ubuntu, PCLOS Software Office Application Microsoft Office Open Office (Linux) Software Modeling, Design, Video, Audio
5
Telekomunikasi PDA (Personal Digital Assistant) Smart Phone
Voice Over Internet Protocol (VOIP) Network (tanpa kabel, Satellite)
6
Software Development Visual Basic, VB.NET JAVA PHP Visual C++
Software for mobile technology
7
Artificial Intelligence
Perkembangan software saat ini diikuti dengan suatu perkembangan pengetahuan kecerdasan buatan, dimana kecerdasan buatan ini digunakan sebagai alat untuk mengambil suatu keputusan (DSS) Jaringan Syaraf Tiruan (Neural Networks) meniru fisiologi otak manusia. Jaringan ini mampu menemukan dan membedakan pola, sehingga membuatnya amat berguna dalam bisnis di bidang pengenalan suara dan pengenalan karakter optis. Agen Cerdas (Intelligent Agent) digunakan untuk melakukan tugas yang berkaitan dengan komputer yang berulang–ulang. Salah satu contoh adalah penggalian data, di mana penemuan pengetahuan memungkinkan sistem gudang data untuk mengidentifikasi hubungan data yang sebelumnya tidak dikenal.
8
Produk TI dalam hal Kecerdasan Buatan
Diaplikasikan untuk GPS (Global Positioning System) untuk memandu seseorang di perjalanan dengan rute optimum , dimana di kota Gotenborg Swedia, setiap taksi sudah menggunakan GPS . Ketika penumpang menyebutkan suatu tempat tujuan di jalan x, maka sopir tinggal memasukkan tujuan tersebut ke komputer. Sopir tinggal mengikuti panduan dari komputer dan posisi taksi terlacak melalui pantauan satelit GPS berdasarkan koordinat bumi dengan akurasi tinggi.
9
Optimum-AIV adalah suatu planner (software yang menggunakan teknik planning) yang digunakan oleh European Space Agency untuk Assembly atau perakitan, Integration atau penggabungan, dan Verification (AIV) pesawat terbang. Software tersebut digunakan untuk membuat perencanaan–perencanaan tersebut.
10
Sebuah sistem auto driver yang disebut ALVIN telah berhasil dibuat oleh Dean Pomerleau dari Carnegie Mellon University, USA. Dengan sistem ALVIN, sebuah mobil bisa berjalan sendiri tanpa harus disetir oleh manusia. Sistem tersebut dibuat dengan menggunakan jaringan syaraf tiruan (JST), yang dilatih dengan berbagai gambar kondisi jalan raya yang ditangkap melalui kamera yang diletakkan di mobil.
11
AI Masa Depan Ray Kurzweil menyampaikan 3 buah pertanyaan :
Mampukah suatu kecerdasan membuat kecerdasan lain yang lebih cerdas daripada dirinya sendiri? Apakah kita lebih cerdas daripada proses evolusi yang menciptakan kita selanjutnya? Akankah kecerdasan yang kita buat melebihi kecerdasan kita sendiri?
12
Th2009 sebuah PC seharga seharga US$ 1000 akan dapat melakukan satu trilyun kalkulasi/detik. Komputer akan menjadi sangat kecil, menempel pada pakaian dan perhiasan, sebagian transaksi bisnis rutin berada diantara manusia dan personalitas virtual.Telephone dengan terjemahannya, pemanggil dan yang dipanggil bisa menggunakan 2 bahasa,akan digunakan secara luas di masyarakat.(sudah terbukti dengan adanya PDA) Tahun2019 sebuah PC seharga US$1000 akan setara dengan kemampuan komputasional otak manusia. Komputer semakin mudah dioperasikan, tidak terlihat dan menempel dimana saja. Virtual reality sudah dalam 3 dimensi. Sebagian besar interaksi dengan komputer sudah melalui isyarat tubuh dan komunikasi ucapan bahasa alami 2 arah. Tahun2029 sebuah PC seharga US$1000 akan setara dengan kemampuan seribu otak manusia. Komputer sudah terhubung langsung dengan otak manusia dengan koneksi high-bandwith.Pencangkokan otak berhasil dilakukan untuk meningkatkan persepsi dan interpretasi secara audio visual. Tahun2049 makanan yang diproduksi menggunakan nano technology mulai digunakan secara umum. Makanan tersebut mempunyai rasa dan tekstur yang sama dengan makanan organik. Tahun 2072 Picoengineering atau teknologi pada skala picometer atau meter berhasil diaplikasi didunia nyata. Tahun 2099 manusia dengan mesin sudah tidak dapat dibedakan lebih, dimana kemungkinan mesin akan melebihi kecerdasan manusia dan mesin akan mengklaim bahwa dirinyalah manusia. A.I. MASA DEPAN
13
System Pendukung Pengambilan Keputusan Kelompok (GDSS)
Group Decision Support System Adalah merupakan suatu sistem berbasis komputer yang membantu sekelompok orang melakukan tugas atau tujuan yang sama dan memberikan antarmuka untuk digunakan bersama. Istilah – istilah lainnya untuk menggambarkan aplikasi Teknologi Informasi dalam suatu kelompok antara lain : Group Support System(GSS),Computer Supported Cooperative Network(CSCW), Computer collaborative work support, dan electronic meeting system. Piranti lunak yang digunakan dalam situasi ini diberi nama Groupware.
14
Bagaimana GDSS Membantu Pemecahan Masalah
GDSS merupakan salah satu cara efektif dalam mencapai suatu keputusan dengan cara diskusi kelompok dan komunikasi yang lebih baik sehingga dapat menemukan alternatif pemecahan masalah.
15
Letak Lingkungan GDSS GDSS membantu pemecahan masalah dengan cara menyediakan lokasi yang konklusif untuk komunikasi. Gambar berikut akan menunjukkan empat lokasi GDSS berdasarkan ukuran kelompok dan dimana lokasi para anggota. Pada tiap lokasi, para anggota kelompok dapat bertemu dalam waktu bersamaan atau berbeda. Jika para anggota bertemu pada saat yang bersamaan, maka lokasi ini disebut pertukaran sinkron (synchronuos exchange) salah satu contoh pertemuan komite. Jika para anggota bertemu pada waktu yang berbeda, maka lokasi ini disebut pertukaran asinkron (asynchronous excange) contoh saling berbalas .
16
Letak Lingkungan Ukuran Kelompok Lebih Kecil Lebih Besar
Ruang Keputusan Sesi Legislatif Bertemu langsung Kedekatan para anggota Jaringan keputusan wilayah lokal Konferensi yang dimediasi komputer Tersebar
17
Ruang Keputusan (Decision Room)
Ruang Keputusan adalah tempat sekelompok kecil orang yang bertemu langsung. Ruangan ini membantu komunikasi melalui kombinasi perabotan , peralatan dan tempat. Peralatan mencakup kombinasi komputer, mikrofon, penangkap suara, kamera video, dan layar lebar. Ditengah ruangan terdapat konsol facilitator adalah seseorang yang tugas utamanya adalah menjaga diskusi dijalurnya. Berdasarkan pengaturan yang ditentukan untuk masing – masing sesi, pesan yang dimasukkan oleh salah seorang anggota kelompok kepada anggota lain dapat ditampilkan pada layar lebar untuk dilihat seluruh anggota kelompok. Materi yang lain dapat juga disajikan dengan powerpoint, videotape, slide berwarna, transparansi. Dua buah filtur GDSS yang unik adalah komunikasi paralel dan anomitas. Komunikasi parallel (Parallel communication) terjadi ketika semua peserta memasukkan komentar pada saat yang bersamaan, dan anomitas adalah ketika tidak ada yang dapat mengetahui siapa yang memberikan komentar tertentu, hal ini memungkinkan setiap orang yang mengeluarkan pendapat tidak akan takut diejek atau dicaci maki.
18
Lanjutan Jaringan Keputusan Wilayah Lokal, jika tidak memungkinkan untuk sekelompok kecil orang untuk bertemu langsung, maka anggota dapat berinteraksi melalui LAN. Seorang anggota dapat memasukkan komentar ke dalam komputer dan melihat komentar yang diberikan anggota lain di layar. Sesi Legislatif, jika kelompok yang ada terlalu besar untuk suatu ruang keputusan, maka akan dibutuhkan sesi legislatif . Ukuran yang besar akan membatasi komunikasi. Kesempatan partisipasi rata oleh semua anggota kelompok menjadi berkurang atau waktu yang tersedia menjadi berkurang . Salah satu solusi untuk masalah ini adalah fasilitator memutuskan materi mana yang harus ditampilkan di layar untuk dilihat oleh seluruh kelompok. Konferensi yang dimediasi komputer, beberapa aplikasi virtual memungkinkan komunikasi antara kelompok – kelompok besar yang memiliki anggota yang tersebar di berbagai wilayah geografis. Aplikasi ini secara kolektif dikenal dengan aplikasi konferensi jarak jauh, yang mencakup konferensi komputer, audio, dan video.
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.