Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Teori Bahasa Otomata (1) Introduction

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Teori Bahasa Otomata (1) Introduction"— Transcript presentasi:

1 Teori Bahasa Otomata (1) Introduction
KECERDASAN BUATAN Introduction Kecerdasan Buatan (1) : FIK-Udinus 2012 FIK-UDINUS 2010

2 Pengenalan Kecerdasan Buatan
Tujuan Pembelajaran Mahasiswa mampu menjelaskan Definisi kecerdasan buatan Sejarah kecerdasan buatan Perbandingan kecerdasan buatan dan alami Perbandingan komputasi dan pemrograman konvensional Sub disiplin ilmu dalam kecerdasan buatan Aplikasi kecerdasan buatan dalam bidang komersial istilah soft computing, tujuannya dan kegunaannya. Kecerdasan Buatan (1) : FIK-Udinus 2012

3 Definisi Cerdas Cerdas adalah memiliki pengetahuan, pengalaman dan penalaran untuk membuat keputusan dan mengambil tindakan. Perilaku Cerdas Belajar atau mengerti dari pengalaman Memecahkan hal yang bersifat mendua atau kontradiktif Merespon situasi baru dengan cepat (fleksibel) Menggunakan alasan untuk memecahkan problem secara efektif Mangatasi situasi yang membingungkan Memahami dengan cara rasional Menerapkan pengetahuan untuk memanipulasi lingkungan Mengenali elemen penting pada suatu situasi

4 Definisi Kecerdasan Buatan
Sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer mengerjakan sesuatu yang dapat dikerjakan manusia (Rich, 1991) Cabang ilmu komputer yang mempelajari otomatisasi tingkah laku cerdas (Setiawan, 1993) Suatu perilaku sebuah mesin yang jika dikerjakan oleh manusia akan disebut cerdas (Turing, et. al, 1996)

5 Definisi Kecerdasan Buatan
# Encyclopedia Britannica “Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan”

6 Pandangan perspektif AI
Perspektif Kecerdasan (Intelligence) AI adalah bagaimana membuat mesin yang “cerdas” dan dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya dapat dilakukan oleh manusia Perspektif bisnis AI adalah sekelompok alat bantu (tools) yang berdaya guna, dan metodologi yang menggunakan tool-tool tersebut guna menyelesaikan masalah-masalah bisnis Perspektif pemrograman (Programming) AI termasuk didalamnya adalah studi tentang pemrograman simbolik, pemecahan masalah, proses pencarian (search) Perspektif penelitian (research) Riset tentang AI dimulai pada awal tahun 1960-an, percobaan pertama adalah membuat program permainan (game) catur, membuktikan teori, dan general problem solving (untuk tugastugas sederhana)

7 Mesin Turing Alan Turing
Alan Turing mendesain sebuah test/ujian yang dapat menguji apakah mesin/komputer tersebut cerdas atau tidak Alan Turing

8 Tujuan AI Menurut Winston dan Prendergast (1984)
Membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama) Memahami apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah) Membuat mesin lebih bermanfaat (tujuan entrepreneurial)

9 TURING TEST Metode Pengujian Kecerdasan
Turing Test merupakan sebuah metode pengujian kecerdasan yang dibuat oleh Alan Turing. Proses uji ini melibatkan seorang penanya (manusia) dan dua obyek yang ditanyai. Yang satu adalah seorang manusia dan satunya adalah sebuah mesin yang akan diuji. Penanya tidak bisa melihat langsung kepada obyek yg ditanyai Penanya diminta untuk membedakan mana jawaban komputer dan mana jawaban manusia berdasarkan jawaban kedua obyek tersebut. Jika penanya tidak dapat membedakan mana jawaban mesin dan mana jawaban manusia maka Turing berpendapat bahwa mesin yang diuji tersebut dapat diasumsikan CERDAS.

10 Sejarah Kecerdasan Buatan
René Descartes (Abad 17) mengemukakan bahwa semuanya tidak ada yang pasti, kecuali kenyataan bahwa seseorang bisa berpikir. [ Blaise Pascal (1642) Menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama [ Charles Babbage dan Ada Lovelace (Abad 19) membuat mesin penghitung mekanis yang dapat diprogram [ Bertrand Russell dan Alfred North Whitehead (1943) menerbitkan buku Principia Mathematica, yang merombak logika formal. [ [ Walter Pitts (1943) menerbitkan "Kalkulus Logis” pada 1943 yang merupakan pondasi untuk jaringan syaraf tiruan. [ dan [ Kecerdasan Buatan (1) : FIK-Udinus 2010

11 Sejarah Kecerdasan Buatan
“Ferranti Mark I” (Februari 1951) Computer elektronik pertama di dunia yang dikembangkan oleh University of Manchester [ Program Permainan Catur Dibuat oleh Dietrich Prinz pada tahun 1951 Turing Test Alan Turing memperkenalkan "Turing test" sebagai sebuah cara untuk mengoperasionalkan test perilaku cerdas. Kecerdasan Buatan dan Bahasa Pemrograman LISP (1956) "kecerdasan buatan " pada konferensi pertama dikenal oleh John Mc. Carthy pada 1956. [ Kecerdasan Buatan (1) : FIK-Udinus 2010

12 Sejarah Kecerdasan Buatan
Eliza (1956) diprogram oleh Joseph Weinzenbaum (1967). Program ini mampu melakukan terapi terhadap pasien dengan memberikan beberapa pertanyaan. (Sistem Pakar Psikoterapi Rogerian) [ Bahasa komputer Prolog Dikembangkan oleh Alain Colmerauer [ Kecerdasan Buatan (1) : FIK-Udinus 2010

13 Sejarah Kecerdasan Buatan (1960-1970)
Kekuatan pertimbangan Simbolis Selama tahun 1960-an dan 1970-an, Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan masalah di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan yang sukses pertama kali dalam bidang matematika [ Perceptrons, Marvin Minsky dan Seymour Papert menerbitkan Perceptrons, yang mendemostrasikan batas jaringan syaraf tiruan sederhana [ Sistem Barbasis Aturan Ted Shortliffe mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis aturan untuk representasi pengetahuan dan inferensi dalam diagnosa dan terapi medis yang kadangkala disebut sebagai sistem pakar pertama [ Kecerdasan Buatan (1) : FIK-Udinus 2010

14 Sejarah Kecerdasan Buatan
Jaringan Syaraf Tiruan – Algoritma Perambatan Balik Jaringan syaraf tiruan digunakan secara meluas dengan algoritma perambatan balik, pertama kali diterangkan oleh Paul John Werbos pada tahun 1974 Deep Blue Deep Blue adalah komputer pertama yang memenangkan sebuah permainan catur melawan seorang juara dunia (Garry Kasparov) [ DARPA Pada tahun 2004 adalah sebuah pacuan untuk hadiah $2 juta dimana kendaraan dikemudikan sendiri tanpa komunikasi dengan manusia, menggunakan GPS, melintasi beberapa ratus mil daerah gurun yang menantang [ Kecerdasan Buatan (1) : FIK-Udinus 2010

15 Kecerdasan Buatan Vs Alami
Keunggulan Kecerdasan Buatan Keunggulan Kecerdasan Alami bersifat permanen. Kreatif. mudah diduplikasi dan disebarkan. memungkinkan untuk menggunakan pengalaman secara langsung. murah dapat digunakan secara luas konsisten. dapat didokumentasi. mengerjakan pekerjaan lebih cepat mengerjakan pekerjaan lebih baik Kecerdasan Buatan (1) : FIK-Udinus 2010

16 Kecerdasan Buatan Vs Pemrograman Konvensional
Kecerdasan Buatan (1) : FIK-Udinus 2010

17 Kecerdasan Buatan Vs Pemrograman Konvensional
PEMROSESAN SIMBOLIK Komputer : memproses bilangan/angka-angka (pemrosesan numerik). manusia lebih bersifat simbolik dalam berpikir dan menyelesaikan masalah , tidak didasarkan kepada sejumlah rumus atau melakukan komputasi matematis. AI merupakan bagian dari ilmu komputer yang melukan proses secara simbolik dan non-algoritmik dalam penyelesaian masalah HEURISTIC Istilah Heuristic diambil dari bahasa Yunani yang berarti menemukan Heuristic : suatu strategi untuk melakukan proses pencarian (search) ruang problema secara selektif, yang memandu proses pencarian yang kita lakukan disepanjang jalur yang memiliki kemungkinan sukses paling besar. Kecerdasan Buatan (1) : FIK-Udinus 2010

18 Kecerdasan Buatan Vs Pemrograman Konvensional
PENARIKAN KESIMPULAN (INFERENCING) AI: membuat mesin memiliki kemampuan berpikir atau mempertimbangkan (reasoning) Kemampuan berpikir (reasoning) termasuk didalamnya proses penarikan kesimpulan (inferencing) berdasarkan fakta-fakta dan aturan dengan menggunakan metode heuristik atau metode pencarian lainnya. PENCOCOKAN POLA (PATTERN MATCHING) AI bekerja dengan metode pencocokan pola (pattern matching) yang berusaha untuk menjelaskan obyek, kejadian (events) atau proses, dalam hubungan logik atau komputasional. Kecerdasan Buatan (1) : FIK-Udinus 2010

19 Pohon Ilmu AI

20 Subdisiplin Ilmu (Jenis AI)
Sistem Pakar (Expert System) Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing) Pengenalan Ucapan (Speech recognition) Robotika & Sistem Sensor Computer Vision Intelligent Computer-Aided Instruction Game Playing Kecerdasan Buatan (1) : FIK-Udinus 2010

21 Subdisiplin Ilmu (Jenis AI)
Kecerdasan Buatan (1) : FIK-Udinus 2010

22 Subdisiplin Ilmu (Jenis AI)
Kecerdasan Buatan (1) : FIK-Udinus 2010

23 Subdisiplin Ilmu (Jenis AI)
Kecerdasan Buatan (1) : FIK-Udinus 2010

24 Lingkup Kecerdasan Buatan pada Aplikasi Komersial
Bidang Soft Computing Microsoft Voice Bidang Kesehatan Voice User Interface (VUI) Bidang Lalu Lintas Udara Bidang Pertanian : Pabrik Kecerdasan Buatan (1) : FIK-Udinus 2010

25 Kecerdasan Buatan (1) : FIK-Udinus 2010
Soft Computing Soft Computing adalah kumpulan teknik – teknik komputasi dalam ilmu komputer, yang berusaha untuk mempelajari, memodelkan, dan menganalisa suatu fenomena tertentu guna mengeksploitasi adanya toleransi terhadap ketidaktepatan, ketidakpastian, dan kebenaran parsial untuk dapat diselesaikan dengan mudah, robustness, dan biaya penyelesaiannya murah. Kecerdasan Buatan (1) : FIK-Udinus 2010

26 Soft Computing sebagai Solusi
soft computing memberikan kemudahan implementasi dalam memecahkan masalah-masalah yang tadinya sangat sulit dipecahkan oleh metoda komputasi konvensional. Kecerdasan Buatan (1) : FIK-Udinus 2010

27 Kecerdasan Buatan (1) : FIK-Udinus 2010
Tujuan Soft Computing Tujuan soft computing adalah terbentuknya High Machine Intelligence Quotient (HMIQ), yaitu suatu sistem yang mampu mengolah informasi seperti cara berpikir manusia, mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan non-linier dan tidak ada model matematisnya (tractability), serta dapat diimplementasikan dengan biaya rendah. Kecerdasan Buatan (1) : FIK-Udinus 2010

28 Metode dalam Soft Computing
Fuzzy Logic Artificial Neural Network Probabilistic Reasoning Evolutionary Computation Genetic Algorithm Kecerdasan Buatan (1) : FIK-Udinus 2010

29 Kecerdasan Buatan (1) : FIK-Udinus 2010
QA? Kecerdasan Buatan (1) : FIK-Udinus 2010

30 Kecerdasan Buatan (1) : FIK-Udinus 2010
Soal Latihan Menurut anda, apakah AI penting bagi kehidupan manusia ? Jelaskan dan berikan contoh. Apa yang dimaksud dengan : pintar, genius, dan cerdas ? Jelaskan dan berikan contoh. Berilah contoh aplikasi komersial AI Apa yang dimaksud dengan soft computing ? jelasakan dan berilah contohnya. Buatlah beberapa contoh permasalahan-permasalahan yang sulit dipecahkan oleh metoda komputasi konvensional, tetapi bisa diselesaikan menggunakan soft computing. Kecerdasan Buatan (1) : FIK-Udinus 2010

31 Kecerdasan Buatan (1) : FIK-Udinus 2010
Thank You Kecerdasan Buatan (1) : FIK-Udinus 2010


Download ppt "Teori Bahasa Otomata (1) Introduction"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google