Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
KONSEP DASAR SISTEM KOMPUTER
2
Keuntungan Menggunakan Komputer
Kecepatan : operasi komputer terjadi melalui sirkuit elektronik, waktu data, perintah dan informasi mengalir melalui sirkuit, maka data, perintah, dan informasi tersebut dipindahkan dengan kecepatan yang luar biasa. Kebanyakan komputer memproses miliaran bahkan triliunan operasi dalam satu detik. Kepercayaan : komponen elektronik dari komputer modern dapat diandalkan dan dipercaya karena komponen tersebut jarang mengalami kerusakan, dan informasi yang diberikan komputer juga cukup akurat. Konsistensi : konsisten yang tidak dimiliki oleh manusia, tapi komputer memiliki hal ini, sebagai contoh, jika diberikan input yang sama, maka komputer akan memproduksi hal yang sama secara konsisten, dan komputer menghasilkan hasil yang bebas dari kesalahan asalkan perintah dan inputnya benar. Penyimpanan : komputer mampu menyimpan data yang banyak dan membuat data ini tersedia unutk diproses kapan saja diutuhkan. Komunikasi : komputer sekarang bisa berkomunikasi dengan komputer lain; bahkan tanpa menggunakan kabel, komputer memungkinkan pengguna untuk dapat saling berkomunikasi tanpa dibatasi jarak dan waktu.
3
Komponen Komputer HARDWARE (Perangkat Keras), seperti: Desktop PC, Laptop, Tablet PC, Server. Pada dasarnya hardware terdiri dari tiga bagian utama : Input unit Process unit Output unit SOFTWARE (Perangkat Lunak). Terdiri dari dua bagian: Sistem operasi Aplikasi
4
BRAINWARE (User/Sumber Daya Manusia), yang menggunakan komputer dikategorikan sesuai dengan keahlian atau profesinya, seperti: Operator (Data Entry/EDP) Programmer Sistem Analis Sistem (Program, Database dan Network) Administrator Sistem, Network Engineer Technical Engineer (Technical Support) Web Developer / Web Designer Animator, dll
5
STRUKTUR KOMPUTER Empat komponen pokok sistem komputer: Pemroses
Memori Utama Perangkat masukan dan keluaran Interkoneksi antarkomponen
6
Pemroses (CPU) Pemroses disebut CPU, berfungsi mengendalikan operasi komputer dan melakukan pengolahan data. Pemroses melakukan kerja dengan langkah sbb: Mengambil instruksi yang dikodekan secara biner dari memori utama Men-dekode instruksi menjadi proses-proses sederhana Melaksanakan proses-proses tersebut
7
Pemroses (CPU) Operasi-operasi pada pemroses dikategorikan menjadi:
Operasi aritmetika Penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian dsb Operasi logika OR, AND, X-OR, inversi dsb Operasi pengendalian Operasi percabangan, lompat dsb
8
Pemroses (CPU) Pemroses terdiri dari tiga komponen, yaitu:
CU (Control Unit) Berfungsi mengendalikan operasi yang dilaksanakan sistem komputer ALU (Aritmetic Logic Unit) Berfungsi melakukan operasi aritmatika dan logika Register Merupakan memori yang sangat cepat yang berfungsi sebagai tempat operan-operan dari operasi yang akan dilakukan oleh pemroses.
9
CU (Control Unit) / Unit Kendali
Mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer, kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Mengartikan instruksi-2 dari program komputer. Membawa data dari alat input ke memori utama. Mengambil data dari memori utama untuk diolah. Mengirim instruksi ke ALU jika ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika. Membawa hasil pengolahan data kembali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output.
10
CU (Control Unit) / Unit Kendali
Kesimpulan tugas dari unit kendali ini adalah: Mengatur & mengendalikan alat-alat input dan output. Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama. Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan). Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU. Menyimpan hasil proses ke memori utama.
11
ALU (Arithmatic and Logic Unit)
Melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder. Melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (≠), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (≤), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (≥).
12
Memory Ada tiga macam memori yang dipergunakan di dalam sistem komputer yaitu: Register, digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses. Main memory, dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan hasil pengolahan. Secondary storage, dipergunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen.
13
Register Alat penyimpanan kecil dgn kecepatan akses cukup tinggi, yg digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses, sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu giliran untuk diproses, masih disimpan di dalam memori utama. CPU diibaratkan sbg otak yg punya ingatan-2 (register) dan pengendali organ tubuh (CU). Program dan data diletakkan di memori utama yg diibaratkan sbg sebuah meja. Program diproses (melakukan satu per satu instruksi-instruksi yang ada di dalamnya).
14
Register Instruksi tsb dibaca & diingat (instruksi yg sedang diproses disimpan di register). Misalnya HITUNG C = A + B, maka perlu data nilai A & B yg masih ada di meja (di memori utama). Data ini dibaca dan masuk ingatan kita (data yg sdg diproses disimpan di register), misal A=2 dan B = 3, sehingga nilai C dapat dihitung yaitu 5 (proses perhitungan ini dilakukan di ALU). Hasil dari perhitungan ini dituliskan kembali ke meja (disimpan kembali ke memori utama). Setelah itu mungkin data, program, dan hasilnya disimpan secara permanen ke dalam lemari kabinet (penyimpanan sekunder).
15
Perangkat I/O Perangkat masukan/keluaran digunakan sistem komputer untuk berinteraksi dengan lingkungan luar, baik ke pemakai ataupun lingkungan secara umum. Perangkat masukan/keluaran terdiri dari dua bagian, yaitu: Komponen mekanis, yaitu perangkat itu sendiri Komponen elektronis, yaitu pengendali perangkat berupa chip controller.
16
INTERKONEKSI ANTAR KOMPONEN
Disebut BUS dan interkoneksi ini berkaitan dengan tatacara hubungan antarkomponen-komponen sistem komputer. Menghubungkan CPU dengan memori utama ataupun dengan alat-alat input/output (I/O). Bus antara CPU dgn memori utama dilekatkan pada MDR, MAR, dan unit kendali dalam CPU, dan disebut Internal Bus.
17
BUS yang menghubungkan CPU dgn I/O tidak dilekatkan langsung ke I/O, tetapi dilakukan melalui I/O port atau DMA controller atau I/O channel, dan disebut External Bus. Di dalam Internal Bus, terdapat data bus yang dihubungkan dengan MDR, address bus yang dihubungkan dengan MAR, serta control bus yang dihubungkan dengan control unit.
18
BUS Bus terdiri dari tiga macam, yaitu: Bus alamat (addres bus)
Untuk memberikan alamat dari memori atau port yang hendak diakses. Bus alamat berisi 16, 20, 24 jalur sinyal paralel atau lebih. Bus data (data bus) Untuk membaca dan mengirim data dari/ke memori atau port. Bus data berisi 8,16, 32 jalur sinyal paralel atau lebih. Bus kendali (control bus) Sinyal bus kendali antara lain: Memory Read Memory Write I/O read I/O Write
19
Interrupt Fungs iterruft
Interruft memindahkan pengendalian kepada interruft service routina, melalui interruft vekttor, berisi alamat dri semua service. Arsitektur interruft harus menyimapan alamat instruksi yang di interruft. Interruft yang datang berikutnya dibatalkan ketika interruft lain sedang diproses untuk mencegah hilangnya suatu interruft.
20
Cond … Trop adalah kesalahan software generate interruft disebabkan oleh kesalahan atau karena permintaan user Suatu sistem operasi dikendalikan oleh interruft.
21
TERIMA KASIH
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.