Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran"— Transcript presentasi:

1 Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
COMPUTER GRAPHICS D10K-5C01 GK03: Windowing and Clipping Dr. Setiawan Hadi, M.Sc.CS. Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran

2 Model Konseptual Grafika Komputer
Objek Nyata Mata Manusia Cahaya Nyata Objek Nyata Mata Manusia Alat Display Sistem Grafika Komputer Model/Objek Sintetis Kamera Sintetis Sumber Cahaya Sintentis

3 Viewing dalam 2D (dua dimensi)
250 45 Window dalam koordinat dunia. 250 x 250 Pixels. Viewport dalam Koordinat Alat

4 KONSEP WINDOWING Window Viewport Pemetaan/Mapping
Sebuah area pada koordinat dunia yang dipilih untuk ditampilkan pada alat display Viewport Sebuah area pada alat display yang merupakan hasil pemetaan dari window Pemetaan/Mapping Transformasi Viewing Transformasi Windowing Transformasi Normalisasi

5 Windowing Sebuah pemandangan (scene) dalam koordinat dunia (world coordinate). World Coordinates

6 Windowing Ketika pemandangan ditampilkan pada layar, maka yang kelihatan hanya yang ada di dalam window Window wymax wymin wxmin wxmax World Coordinates

7 Windowing Hasil clipping Window wymax wymin wxmin wxmax
World Coordinates

8 Transformasi Viewing

9 Transformasi Windows-Viewport
Formula transformasi:

10 Contoh Diketahui sebuah objek pada koordinat dunia sebagai berikut: (2,1), (1,4) dan (3,3) Koordinat window minimum dan maksimum adalah (0,0) dan (10,10) Tentukan koordinat objek pada viewport, jika diketahui koordinat viewport minimum dan maksimum adalah (3,3) dan (8,8)

11 CLIPPING (xmax, ymax) (xmax, ymax) (xmin, ymin) (xmin, ymin)
Masalah: yang bisa ditampilkan atau digambarkan adalah area atau bagian objek yang ada di dalam jendela persegi panjang (xmax, ymax) (xmax, ymax) (xmin, ymin) (xmin, ymin) Line clipping Polygon clipping

12 Clipping 2D Clipping is important.

13 Cara Sederhana / Trivial
Semua garis didalam kotak  terima.

14 Cara Sederhana Penolakan
Semua garis diluar kotak pada sisi yang sama  tolak.

15 Situasi yang terjadi Situasi Solusi Contoh Kedua ujung di dalam window
Don’t clip Salah satu ujung di dalam window, ujung lain di luar window Must clip Kedua ujung berada di luar window Don’t know!

16 Cohen-Sutherland Clipping Algorithm
An efficient line clipping algorithm The key advantage of the algorithm is that it vastly reduces the number of line intersections that must be calculated Cohen is something of a mystery – can anybody find out who he was? Dr. Ivan E. Sutherland co-developed the Cohen-Sutherland clipping algorithm. Sutherland is a graphics giant and includes amongst his achievements the invention of the head mounted display.

17 CLIPPING COHEN-SUTHERLAND
Membagi bidang menjadi 9 region, tiap region mengandung 4-bit code. Setiap ujung titik (x, y) dari setiap segmen garis diberi kode yang menunjukkan posis garis tersebut

18 Cohen-Sutherland algorithm
Merupakan metode yang efisien untuk menerima atau menolak garis-garis yang tidak melalui sisi/tepi window. Meng-Assign kode biner 4-bit untuk setiap verteks: Bit pertama : atas (above top), y > ymax Bit kedua : bawah (below bottom), y < ymin Bit ketiga : kanan, x > xmax Bit keempat : kiri, x < xmin Nama lain 4-bit code : Outcode

19 AD = DB + BA, DB is discarded. Only draw BA
CLIPPING GARIS CS D C B A E F G H I AD = DB + BA, DB is discarded. Only draw BA EI = EH + HI = EG + GH + HI = EF + FG + GH + HI. All but FG are discarded. Only draw FG

20 Cohen-Sutherland 2D outcodes
0000 0100 0001 1001 1000 1010 0010 0110 0101

21 Cohen-Sutherland algorithm
0000 0100 0001 1001 1000 1010 0010 0110 0101 Principle of method for clipping is important. Both endpoint codes 0000, trivial acceptance, else: Do logical AND of outcodes

22 Cohen-Sutherland algorithm
1001 1000 1010 1000 0001 0001 0000 0010 0000 0000 0101 0100 0110 Logical AND between codes for 2 endpoints, Reject line if non-zero – trivial rejection.

23 Algoritm Cohen-Sutherland

24

25 Geometry: Clipping

26 Jenis-jenis Clipping Line, Area, Text
Istilah lain: Crop, Cropping, Cut

27 LATIHAN Tentukan koordinat viewport dari titik (5,7) yang terdapat pada window, dengan spesifikasi windows=(4,5,9,11) dan viewport=(3,4,5,7). Tentukan binary-region code (4-bit code menurut algoritma CS) untuk garis-garis yang ada pada gambar di bawah ini

28 Algoritma Cliping Lainnya
Liang–Barsky Cyrus–Beck Nicholl–Lee–Nicholl Fast-clipping

29 Demo Program

30 Tugas 03 Modifikasi dan tingkatkan program Clipping dan Windowing sehingga bisa meng-clip POLIGON


Download ppt "Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google