Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemanfaatan Komputer dalam Pendidikan (Pengertian & Sejarah)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemanfaatan Komputer dalam Pendidikan (Pengertian & Sejarah)"— Transcript presentasi:

1 Pemanfaatan Komputer dalam Pendidikan (Pengertian & Sejarah)
Oleh : Rofifah Durrotul Hikmah

2 Manfaat dalam Pendidikan
Sejarah Perkembangan Pengertian

3 Dapat MENERIMA, MEMPROSES dan MEMBERIKAN data
Pengertian Komputer Komputer merupakan suatu alat elektronik yang kopleks dan memiliki bayak kelebihan. Komputer adalah media atau alat bantu elektronik yang saling bekerjasama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses), dan memberikan informasi/data (output) serta terkoordinasi di bawah kontrol program yang tersimpn di memorinya untuk mempermudah pekerjaan seseorang baik dalam bidang pendidikan maupun yang lainnya Guru / Dosen Pelajar / Mahasiswa Pekerja umum Dapat MENERIMA, MEMPROSES dan MEMBERIKAN data

4 Sejarah perkembangan Alat Hitung Tradisional K. Generasi Kedua
K. Generasi Ketiga K. Generasi Keempat K. Generasi Kelima K. Generasi Pertama Sejarah perkembangan

5 Alat Hitung Tradisional
Abacus, yang muncul sekitar tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan dibeberapa tempat hingga saat ini dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung trannsaksi perdagangan. Sering dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, Abacus mulai kehilangan popularitasnya. 1642 1694 1820 >1820 awal mula komputer yang sebenarnya Blaise Pascal Pascaline Gotfred W. V. leibniz Pascaline (lebih sempurna) Charles X. T. De Colmar Colmar, arithometer

6 Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage. Tahun 1812 Babbage memperhatikan kesesuaian alam anatara mesin mekanik dan matematika yaitu mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulang kali tanpa melakukan kesalahan, sedang matematika memerlukan repetisi sederhana dari suau langkah-langkah tertentu. Masalah tersebut kemudian berkembang dan terus berkembang. Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini dan muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin yang dinamakan Medin Differensial. Setelah bekerja selama 10 tahun, tiba-tiba ia terinsiprasi untuk membuat komputer general-purpose yang pertama yang disebut Anlytical Engine. Asistennya memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini, ia membantu untuk membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programer wanita yang pertama. Dan terus berkembang hingga pada tahun 1940 proyek pemgembangan tersebut harus terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.

7 Komputer generasi pertama
Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman menciptakan sebuah komputer Z3, untuk mendisign pesawat terbang dan peluru kendali guna untuk mendukung adanya perang dunia kedua. Tahun 1943 Pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecah kode rahasia yang dibuat oleh Jerman. Pihak Amerika memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Alat ini mennggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Amerika Serikat bekerja sama dengan University of Pennsylvania untuk membuat Electronic Numerical Intregrator And Comuter (ENIAC). ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) Tahun 1951 UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitetur von Neumann

8 Komputer Generasi Pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setia komputer memiliki program kode- binner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lainnya yaitu, penggunaan tube vakum (yang membuat komputer ada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

9

10 Komputer generasi kedua
Pada tahun 1948, penemuan ransistor menggantikan tube vakum. Penemuan lainnya berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan dan lebih hemat energi. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat superkomputer bernama LARC. Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses dibidang bisnis, di universitas, dan pemerintahan. Komputer- komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Akibatnya, bermacam-macam karir baru bermunculan dan berkembang pada masa tersebut, seperti programmer, ana;yst, dan ahli sysem komputer. Tidak ketinggalan juga industri piranti lunak.

11

12 Komputer generasi ketiga
Pada tahun 1958, Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : Integrated circuit). Para ilmuan kemudian berhasil memasukkan lebi banyak komponen-komponen ke dalam satu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Penggunaan sistem operasi yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer

13

14 Komputer generasi keempat
Pada tahun 1980-an Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah clip tunggal. (ULSI) Ultra Large Scale Integration meningkatkannya menjadi jutaan. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun membawa kemajuan pada tahun 1971 pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer. Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. 1981 2 juta 1982 5,5 juta 1992 65 juta

15

16 Komputer generasi kelima
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model von Neumann. Yaitu digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga Institute for new Computer Technology juga dibentuk untuk merealisasikannya.

17

18 PERANAN peranan atau manfaat teknologi komputer di dunia pendidikan yang diantaranya adalah e-learning : Lebih mudah mendapatkan materi atau informasi Bisa mendapatkan materi yang lebih banyak Pembelajaran yang lebih efektif dan efisien waktu serta tenaga Dapat berinteraksi langsung dengan siapapun Bisa tahu materi atau tugas lebih awal

19 Peranan lain : Penggunaan komputer sebagai super kalkulator
Penggunaan komputer untuk mengajar dan memprogram dengan komputer Penggunaan komputer sebagai alat bantu langsung dalam pembelajara mengajar Mode tutor pengganti Mode laboratorium pengganti Peranan komputer dalam bidang administrasi dan manajemen

20 Any Question ???


Download ppt "Pemanfaatan Komputer dalam Pendidikan (Pengertian & Sejarah)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google