Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Produksi 3D untuk Desainer

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Produksi 3D untuk Desainer"— Transcript presentasi:

1 Produksi 3D untuk Desainer
Dasar Animasi Mohammad Zikky, M.T

2 Global vs Local Coordinat
Global coordinate  Posisi sumbu koordinat tidak dipengaruhi perubahan posisi objek Local coordinate  posisi sumbu koordinat mengikuti perubahan objek

3 Keyframing dengan timeline
Jika kita ingin menggunakan animasi frame by frame, maka kita butuh memasukkan keyframe di setiap angka timeline.Masukkan keyframe dalam setiap gerakan Keyframing adalah sebuah metode yang digunakan di dalam animasi untuk menciptakan motion

4 Keyframing dengan timeline
Timeline preview dalam Blender Contoh keyframing; warna merah adalah frame start, hijau adalah frame in-between, dan biru adalah end frame

5 Menjalankan manual keyframe
Buat scene baru dan kosongkan, kemudian masukkan obyek monkey (shift A  Mesh  monkey) Kemudian menuju ke panel Timeline yang pada default preview 3D, Timeline berada pada posisi bawah. Tentukan posisi awal dan akhirnya, serta posisi frame saat ini. Garis hijau merupakan tanda frame saat ini (Current Frame). Drag dan sesuaikan jika diinginkan. Frame Mulai Frame Akhir Frame saat ini

6 Menjalankan manual keyframe
Letakkan Current Frame pada posisi start, kemudian pada 3D view, tekan “i” pada keyboard untuk membuat keyframe. Akan terlihat pilihan keyframe: Location, Rotation, Scaling, LocRot, and LocRotScale. LocRot berarti Location sekaligus Rotation, dst. Untuk percobaan pilih “LocRot”

7 Menjalankan manual keyframe
Kemudian drag garis hijau pada posisi frame 50, kemudian pindah obyek Monkey ke posisi yang berbeda. Lakukan Rotasi juga. Tekan “i” (I key) lagi, kemudian create keyframe LocRot kembali. Jalankan dengan menekan tombol Play pada Timeline atau tekan Alt+A

8 Automatic Keyframe Gunakan automatic keyframe bila ingin membuat animasi secara cepat. Setiap gerakan akan di”rekam” sebagai keyframe sehingga tidak harus ketik “i” untuk masukkan frame..

9 Dopsheet Timeline untuk menampilkan frame kurang presisi untuk editing. Oleh karenanya gunakan dopsheet untuk editing lebih detil Select keypoint pada doopsheet → RMB (Klik Kanan) G → move keyframe X → hapus keyframe A → pilih semua keyframe

10 Parenting Menggabungkan objek lain dengan objek yang telah di ”animasi” kan Buat objek lain selain yang telah di animasi kan (Contoh seperti gambar di samping ini) Select ke dua objek tersebut Ctrl+P → set Parent to → objek

11 GraphEditor Untuk editing animasi, lebih detail lagi bisa diedit pada Graph Editor Grafik disini ditampilkan dalam bentuk kurva Bezier, sehingga bisa dikontrol layaknya bezier. Skala, lengkungan, dll. Misalkan akan mengeset animasi pantulan bola yang menyentuh lantai dengan keras namun pantulannya diset pelan, maka dalam Graph editor bisa dilakukan perubahan pada arah vertikal (biasanya Z)

12 Pivot Point-Center of rotation
Ctrl+Shift+Alt+C  Mengeset pivot obyek 3D atau set Origin seperti gambar disamping.

13 Transform Lock Pembatasan transform atau gerakan berdasarkan sumbu koordinat bisa di setting seperti gambar samping Atau bisa dilakukan batasan/constrain pada object constrain dengan kondisi tertentu

14 Path Animation Path animation adalah gerakan animasi berdasarkan jalur yang telah ditentukan Tahapan path Animation: Buatlah model yang akan di animasikan Buatlah curve → path sebagai jalur animasi Proses editing dan bentuk jalurnya Buat objek yang akan dianimasikan  lakukan parental (Ctrl+P) → follow path Tentukan keyframenya Tekan Play

15 Tracking terhadap Target Objek
Untuk membuat tracking yang selalu terarah terhadap obyek, seperti membuat bola mata agar selalu menghadap target obyek, maka bisa dilakukan Tracking to Constrain. Untuk lebih jelasnya lakukan langkah berikut: Pada scene baru, tekan Shift+A,Pilih Add  Mesh  UVSphere Beri warna bola mata sebagaimana gambar samping kanan Kemudian untuk target, buat empty object: Shift+A, pilih Add  Empty Plain Axes Klik kanan mouse  pilih bola mata Shift+klik kanan  pilih Empty objek yang digunakan sebagai target tadi Ctrl+T  TrackTo Constraint Klik pada bola mata, ganti ke edit mode  select All (Tekan A)  rotasi dan arahkan titik hitam mata ke target Ganti ke object mode lagi dan sekarang pilih target dan gerakkan dengan G

16 Latihan 1. Buatlah objek sederhana dan animasi kan 2. Buatlah objek orbit planet/ tangan robot Seperti gambar dibawah ini. Kemudian gerakkan 3. Buatlah lintasan peluru kendali / seekor burung yang terbang mengikuti jalur yang telah di tentukan


Download ppt "Produksi 3D untuk Desainer"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google