Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Latihan Ujian UTS dan UAS
Iskareni Afresha 4 Teknik Sistem Informasi
2
Pentingnya manusia dalam pengembangan suatu sistem
Sebuah sistem dibuat oleh manusia dan untuk manusia Manusia merupakan karakter sentral dari sebuah sistem interaksi Sistem dirancang membantu manusia, sehingga apa yang menjadi kebutuhan user merupakan prioritas utama
3
Interaksi manusia dan komputer
Interaksi : proses hubungan timbal balik diantara manusia (aktif) dan komputer (pasif) IMK : Suatu disiplin ilmu yang mempelajari perancangan sistem komputer yang mendukung pengguna, sehingga mereka dapat menyelesaikan pekerjaannya secara lebih produktif, efisien, dan aman
4
Yang dibutuhkan IMK agar berhasil
Interaksi manusia dan komputer dapat terjadi apabila manusia sebagai pengguna peralatan komputer memberikan aksi yang dimengerti oleh komputer tersebut. Komputer menjalankan suatu fungsi sesuai program yang sudah dimuat didalamnya. Tujuan manusia tercapai dengan bantuan komputer yang sudah diprogram untuk menjalankan fungsi tertentu. Kemudian dibawah ini adalah ciri-ciri system yang interaktif: User friendly Mudah digunakan (easy to use) Masih terjadi error User yang mahir dalam menggunakan komputer Option-option dalam word processing, seperti File/save dengan file/delete Dan lain-lain
5
Yang dibutuhkan IMK agar berhasil
Interface yang baik adalah sebuah interface yang konsisten dan handal yang dapat mengantisipasi semua ketidaktelitian user. User interface : lebih dari apa yang manusia dapat lihat, sentuh atau dengar. User interface mencakup konsep, kebutuhan user untuk mengetahui sistem komputer, dan harus dibuat terintegrasi ke seluruh sistem. User interface tidak cukup hanya berpenampilan ‘bagus’ tetapi harus dapat mendukung tugas yang dilakukan manusia dan dibuat menghindari kesalahan-kesalahan kecil.
6
Yang harus dilakukan agar kita fokus pada desain
Manusia harus memahami kemampuan dan keterbatasan yang dimiliki Dibutuhkan aturan perancangan (Design Rules) yang dapat diikuti untuk meningkatkan usability dari produk software yang dibangun Mengklasifikasikan aturan tersebut berdasarkan autoritas (authority) dan generalitasnya (generality) Berdasarkan autoritas mengindikasikan apakah aturan tersebut harus diikuti atau disarankan dalam suatu proses perancangan. Berdasarkan generalitas menunjukkan apakah aturan tersebut dapat diaplikasikan pada semua situasi perancangan atau hanya terbatas pada situasi perancangan tertentu.
7
Yang harus dilakukan agar kita fokus pada desain
Salah satu acuan yang bisa dijadikanlah pedoman untuk merancang sebuah desain : Setiap user yang berinteraksi dengan komputer, user tersebut tidak perlu memikirkan bagaimana cara berinteraksi dengan komputer, yang terpenting adalah bagaimana mengoptimalkan komputer untuk memenuhi kebutuhannya. Analoginya adalah seperti menggunakan sebuah kendaraan yakni mobil atau motor, pengguna tidak perlu memikirkan bagaimana cara mesin kendaraan tersebut bekerja.
8
Warna dalam IMK Warna merupakan salah satu faktor terpenting dalam dunia desain, yang dapat membawa desain tampak lebih hidup. Manfaat warna : Menyejukkan atau merangsang mata Memberi aksen pada tampilan yang tidak menarik Memungkinkan pembedaan yang halus pada tampilan yang kompleks. Menekankan organisasi logis informasi Menarik perhatian kepada peringatan Menimbulkan reaksi emosional yang kuat berupa sukacita, kegembiraan, ketakutan, atau kemarahan
9
Warna dalam IMK Kekontrasan elemen sangat penting perannya bagi interaksi manusia dan komputer. Agar user tidak merasa bosan terhadap sistem yang digunakannya.
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.