Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehDewi Kartawijaya Telah diubah "7 tahun yang lalu
1
Al-qur’an dalam bentuk ayat, dan al-hadits dlm bentuk teks
القرأن- كلام الله المنزل على محمد ص م بواسطة جبريل المتعبد بتلاوته Al-Qur’an datang dari Allah Yang Maha Mutlak disampaikan kepada Muhammad saw, manusia yang bersifat relatif Maka diperlukan penyesuaian. Dlm hal ini ada tahapan NUZUL,dari Lauh Makhfudh keLangit Dunia, lalu kepada Muhammd saw M. NAWAWI
2
Hadits direkam dari perkataan dan perbuatan Nabi saw yang juga berdasar wahyu Allah
Ketika Firman/wahyu Allah tertuang dalam bahasa dan diabadikan dalam teks tertulis, maka ia berarti telah memasuki pelataran sejarah(dan terkena kaidah2 sejarah) Untuk itu teks al-Qur’an harus dilihat dr tiga perspektif; teologis, filsafat linguistik dan mistikal M. NAWAWI
3
Secara teologis ia suci dan absolut, berlaku sepanjang masa
Secara teologis ia suci dan absolut, berlaku sepanjang masa. Karena itu tk bisa diubah Secara historis filosofis ia tak bisa mengelak sebagai kajian filsafat linguistik, sebab kita tidak ketemu Tuhan atau Jibril sebagaimana Nabi Muhammad, melainkan hanya ketemu teks dan tafsiran yang diantarkan melalui mata rantai tradisi. Maka ia memiliki dua dimensi; absolut dan relatif; metahistoris dan historis. Teks jangan diabsolutkan secara tidak proporsional karena akan tertutup dan tidak dialogis M. NAWAWI
4
Sementar pendekatan rasional yang terlalu mengandalkan logika bisa-bisa tidak dapat menyentuh hati
Maka tuntutan iman kepada al-qur’an (melahirkan sikap hormat /taat) harus terpadu secara proporsional dengan sikap kritis terhadap berbagai penafsiran yang telah mapan, bahkan menjadi ideologi. Sebab Al-Qur’an bagaikan permata yang bisa memancarkan berbagai warna, dari berbagai persepektif. Maka di samping dipahami, ia harus di hayati. M. NAWAWI
5
MAKNA TAFSIR TARBAWI تفسير - شرح القرأن (الحديث) وبيان معناه بنص اوإشارة Tafsir tarbawi merupakan wacana baru dri kalangan akademisi yang belum memiliki epistimologi yang kokoh Ia bisa bermakna pendekatan dari sudut pandang pendidikan atas nilai yang kandung ayat/hadits Bisa merupakan kumpulan ayat/hadits yg dapat dijadikan landasan ilmu pendidikan M. NAWAWI
6
Prosedur Penafsiran Ada dua metode a) Maudlu’i b) Tahlili
Maudhu’I, dimulai dari pembahasan tema, kemudian ayat/hadits yang terkait digunakan untuk mendasari pembahsan pada tema dan sub tema yang didiskusikan.(tema dalam perspektif al-Qur’an/Hadits) Tahlili,dimulai dari ayat, dijelaskan maksudnya dengan memanfaatkan hadits yang terkait. Jika ada sebab nuzul atau sabab wurud bisa disertakan. Kemudian nilai yang dikandung dianalisis dari perspektif pendidikan M. NAWAWI
7
Untuk Menyingkap makna Teks bisa meminjam istilah yang digunakan dalam studi Hukuk Islam
a. Dilalatul Ibarat b. Dilalatul Isyrat c. Dilalatun Nash d. Dilalatul Iqtidla’ M. NAWAWI
8
Kemunculan Istilah Tafsir/Hadits Tarbawi
Keinginan yang kuat untuk melahirkan konsep dan teori pendidikan Islam Harapan atas terlaksanakannya islamisasi teori/ilmu pendidikan yang sudah dirumuskan orang barat Obsesi yang kuat untuk melahirkan ahli pendidikan Islam yang genuin/orisinal M. NAWAWI
9
Contoh Model Pembahasan
Konsep Pendidikan (uraian tema kemudian dipertegas dg ayat dan hadis) misalnya ayat/hadis هو الذي بعث في الأميين رسولا منهم يتلو عليهم ءاياته ويزكيهم ويعلمهم الكتاب والحكمة وإن كانوا من قبل لفي ضلال مبين(2) الجمعة قال رسول الله صلى الله عليه وسلم طلب العلم فريضة على كل مسلم : أد بني ربي فأحسن تأ د يبي M. NAWAWI
10
وما خلقت الجن والإنس إلا ليعبدون-الذاريات 56
Tujuan Pendidikan وما خلقت الجن والإنس إلا ليعبدون-الذاريات 56 وإذ قال ربك للملائكة إني جاعل في الأرض خليفة قالوا أتجعل فيها من يفسد فيها ويسفك الدماء ونحن نسبح بحمدك ونقدس لك قال إني أعلم ما لا تعلمون- قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ما من مولود إلا يولد على اال الفطرة فأبواه يهودانه وينصرانه Misi Profetik وما أرسلناك إلا كافة للناس بشيرا ونذيرا ولكن أكثر الناس لا يعلمون(28)سبأ وما أرسلناك إلا رحمة للعالمين(107)قل إنما يوحى إلي أنما إلهكم إله واحد فهل أنتم مسلمون(108) الانبياء M. NAWAWI
11
Selamat Bekerja Terima Kasih M. NAWAWI
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.