Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Teknologi Dan Rekayasa

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Teknologi Dan Rekayasa"— Transcript presentasi:

1 Teknologi Dan Rekayasa
Sub Judul : Mengerjakan brief konsep desain menjadi artwork yang siap diproses kamera (ready to camera) Membuat Konsep Desain Dasar

2 Tujuan Pemelajaran Mengerti tentang pengertian desain atau men-desain
Mengerti tentang Unsur-unsur Desain Mengerti tentang Prinsip-prinsip Desain.

3 Membuat konsep desain dasar
Di dalam memulai pekerjaannya, seorang Desainer perlu mempunyai pedoman/ tahapan kerja. Tahapan ini adalah kita singkat dengan “3F”, yaitu function, format, dan frame. Teknologi dan Rekayasa

4 Desain atau Men-Desain
Desain = Sket, Rancangan Men-Desain = Menata unsur-unsur desain dengan pertimbangan prinsip-prinsip desain walaupun tidak digunakan secara bersamaan. COBA

5 B. UNSUR UNSUR DESAIN TITIK GARIS BIDANG BENTUK RUANG WARNA TEKSTUR

6 1. TITIK Terjadinya titik kalau kita menekan barang / alat yang tumpul pada permukaan media. Titik merupakan unsur yang pertama dalam suatu desain, sekalipun berukuran kecil mempunyai peranan yang penting. Dari titik terbentuk unsur – unsur lain.

7 2. GARIS Kumpulan atau deretan dari titik-titik
akan membentuk suatu garis. Titik kalau kita tarik akan terjadi suatu garis. Lihat ilustrasi berikut ini

8 Dari alat yang digunakan ada 2 macam garis :
Garis Kaligrafi Menggunakan tangan bebas atau freehand Garis Geometris Menggunakan alat bantu a.l ; penggaris, busur, jangka. Biasanya digunakan untuk gambar teknik

9 Macam-macam garis dan karakternya menurut bentuknya
Garis Lurus : Kokoh, Tegas, Maskulin Garus Lengkung : Luwes, Lentur, Feminim Garis Patah-patah : Garis Spiral

10

11 Garis & Kesan Kesan Memancar ( Matahari ) Kesan Turun ( Hujan )
Kesan Ke Atas ( Api )

12 3. BIDANG Pertemuan ujung garis akan membentuk bidang. Macam bidang ada 2 macam : Bidang Geometris (Beraturan ) Bidang yang terdapat pada ilmu ukur, a.l segitiga, segiempat, segilima, segi banyak, lingkaran, jajaran genjang, trapesium Bidang Non Geometris (Tak Beraturan ) Bidang-bidang yang berbentuk tak beraturan atau berupa kurva

13 Macam- macam Bidang Bidang Tak Beraturan atau Kurva Bidang Beraturan

14 4. BENTUK Bentuk adalah unsur desain yang terbentuk karena ruang atau volume, Macam-macam bentuk adalah; Kubistis, Silindris, Geometris, dan Non geometris

15 Macam- macam Bentuk

16 5. WARNA Warna Primer : Warna Sekunder : Warna Tersier :
Warna merupakan unsur desain yang terbuat dari pigmen atau cahaya. Warna dapat dikelompokan menjadi 3 Warna Primer : Warna pokok terdiri dari ; Merah, Kuning, Biru Warna Sekunder : Campuran warna Primer : Jingga, Hijau, Ungu Warna Tersier : Campuran warna sekunder

17 Lingkaran Warna Segitiga Warna

18 Selain pengelompokan warna tersebut, ada perpaduan warna antara lain :
Monokromatis Perpaduan warna-warna dalam satu jenis, contoh ; biru muda dipadu dengan biru tua, merah muda dipadu dengan merah tua Analogus Perpaduan warna-warna yang saling berdekatan dalam lingkaran warna, contoh; kuning, hijau dan biru; biru, ungu dan merah Komplementer Perpaduan warna-warna yangsaling berhadapan dalam lingkaran warna, contoh : merah dengan hijau, jingga dengan biru, kuning dengan ungu

19 6. TEKSTUR Tekstur Alam Tekstur Buatan
Adalah keadaan suatu permukaan benda, ada yang halus, kasar, kusam atau mengkilat. Ada dua macam tekstur : Tekstur Alam Contoh : Kulit pohon, batu karang, kulit binatang, kayu, daging dll Tekstur Buatan Contoh : Tegel, Kain, Kertas, Besi dll

20 Tekstur Buatan Testur Alam

21 1. Function (fungsi) Waktu akan menyiapkan rancangan, Desainer harus mengetahui fungsi dari barang cetak tersebut. Teknologi dan Rekayasa

22 2. Format (ukuran) Di dalam menentukan ukuran buku misalnya, disamping segi keindahan, ukuran barang cetak sebagai daya tarik tersendiri. Hal ini juga harus tetap memperhatikan keterbatasan-keterbatasan yang ada. Teknologi dan Rekayasa

23 3. Frame (bingkai) Bingkai (Frame) untuk mengikat elemen-elemen yang akan diatur. Bingkai ini biasanya kita sebut marse, margin, wit atau pias. Teknologi dan Rekayasa

24 Visualisasi ide penyajian
Layout miniatur, Dibuat dengan ukuran yang lebih kecil dari ukuran sebenarnya. Teknologi dan Rekayasa

25 Visualisasi ide penyajian
Sketsa (layout kasar) Sketsa atau layout kasar merupakan kelanjutan dari layout miniatur dengan diadakan perubahan atau penyempurnaan. Teknologi dan Rekayasa

26 Visualisasi ide penyajian
Layout komprehensif Visualisasi rancangan yang lebih sempurna Teknologi dan Rekayasa

27 Pola Tata Letak Elemen-elemen Layout huruf (type) dan ilustrasi
Teknologi dan Rekayasa

28 huruf (type) ada 5 golongan
Jenis pokok Roman Jenis pokok Bodoni Jenis pokok Egyption Jenis pokok San Serif Jenis pokok Fantasi Teknologi dan Rekayasa

29 Illustrasi Ilustrasi adalah hasil angan - angan yang divisualisasikan berisi informasi. Ilustrasi didalam barang cetak berfungsi sebagai : elemen daya tarik memperjelas/ menerangkan isi teks mengisi ruang kosong untuk keseimbangan tata letak Teknologi dan Rekayasa

30 Illustrasi Ilustrasi didalam barang cetak berfungsi sebagai :
elemen daya tarik memperjelas/ menerangkan isi teks mengisi ruang kosong untuk keseimbangan tata letak Teknologi dan Rekayasa

31 teknik ilustrasi ada 2 macam yaitu :
ilustrasi dengan teknik fotografi ilustrasi dengan teknik tulis atau gambar tangan. Teknologi dan Rekayasa

32 Teknik drawing atau gambar tangan, antara lain :
1. line drawings, yaitu gambar yang dibuat dengan alat pena dan tinta gambar. Ilustrasi yang sering dikerjakan adalah jenis ilustrasi kartun, karikatur, dan sejenisnya, Teknologi dan Rekayasa

33 Teknik drawing atau gambar tangan
2. wash drawings gambar dengan teknik ini lebih realistik, mirip foto hitam putih. Teknologi dan Rekayasa

34 Teknik drawing atau gambar tangan
Tenik Wash Drawings dibedakan menjadi 2 yaitu: tight drawings, loose drawings Teknologi dan Rekayasa

35 Teknik drawing atau gambar tangan
tight drawings, yaitu ilustrasi teknik wash drawings yang lebih detail dan realistik. Teknologi dan Rekayasa

36 Teknik drawing atau gambar tangan
loose drawings yaitu ilustrasi teknik wash drawings yang lebih bersifat impresif. Teknologi dan Rekayasa

37 Teknik drawing atau gambar tangan
3. scratchboard ilustrasi teknik ini menggunakan media kertas bertekstur khusus. Sedangkan alat yang digunakan adalah alat yang tajam dan digoreskan dengan menggunakan tinta gambar. Teknologi dan Rekayasa

38 Teknik drawing atau gambar tangan
Teknik yang lain, teknik ini sering dijumpai di sekitar kita. Media yang dipakai adalah pensil, crayon, arang, cat minyak, dan cat air. Teknologi dan Rekayasa

39 Ilustrasi Ilustrasi secara teknis grafis terdiri dari dua kategori:
(a) ilustrasi garis, (b) ilustrasi nada penuh Teknologi dan Rekayasa

40 Ilustrasi Berdasarkan teknik pembuatannya ilustrasi dibedakan menjadi tiga bagian yaitu : (1) ilustrasi dengan teknik gambar tangan, (2) ilustrasi dengan teknik fotografi, dan (3) ilustrasi dengan teknik gabungan (fotorepro dan gambar tangan) Teknologi dan Rekayasa

41 Ilustrasi dengan teknik fotografi dapat diklasifikasikan menjadi:
(a) pengolahan di kamar gelap, (b) special effect screen, (c) pembesaran, penggeseran raster, (d) solarisasi (penggabungan film positif dan negatif), (e) pengaruh sinar terang di kamar gelap, (h) corall (memperbesar hasil pengafdrukan), (i) fotogram (penggabungan dua buah klise film). Teknologi dan Rekayasa

42 Jenis-jenis Ilustrasi
Ilustrasi garis Ilustrasi geometris Ilustrasi bercak-bercak/ doodle Ilustrasi dengan cukilan kayu (tiruan) Ilustrasi dengan Collage (kolase) Teknologi dan Rekayasa

43 beberapa unsur visual yang diperlukan, antara lain :
Garis Raut atau bangun Warna Gelap-terang Tekstur atau barik Ruang Teknologi dan Rekayasa

44 Dasar-dasar Pokok Tata Letak dan Perwajahan
Proporsi Keseimbangan Kontras Kesatuan (unity) Harmoni Teknologi dan Rekayasa

45 Membuat konsep desain detail
Pekerjaan dalam menyiapkan perwajahan, selanjutnya seorang desainer perlu mempelajari dahulu naskah yang akan dikerjakan dan menyiapkan tata letaknya. Teknologi dan Rekayasa

46 Alat Pendukung (Hardware)
Komputer dan perangkat pendukung : Scaner Camera Digital Teknologi dan Rekayasa

47 Alat Pendukung (Software)
Aplikasi Pengolah kata Aplikasi Pengolah Gambar/ Foto Aplikasi Pengolah Ilustrasi Aplikasi Pengolah Layout Teknologi dan Rekayasa

48 Imposisi/Montase Imposisi adalah tahap penggabungan beberapa halaman/film agar ketika dicetak susunan halaman sesuai dengan yang direncanakan. Teknologi dan Rekayasa

49 Memproses data digital menjadi film
Teknologi dan Rekayasa


Download ppt "Teknologi Dan Rekayasa"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google