Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
PERANGKAT LUNAK KOMPUTER
Suryono, SSi, MSi
2
PENGENALAN BRAINWARE SYSTEM ANALIS PROGAMMER END-USER
Orang yang merancang suatu system PROGAMMER Orang yang membuat program END-USER Orang yang menggunakan komputer secara langsung Peng. Kompt & TI- A
3
Perangkat Lunak (Software) Komputer
Adalah perangkat yg berisi serangkaian instruksi, prosedur, pengendali sistem komputer Catatan Penting : Software tidak selalu cocok dengan hardware
4
Prosedur Translasi Bahasa pemrograman
Language Translation Process Source Program Machine Object PASCAL BASIC, COBOL, FORTRAN Translator Compiler Interpreter Assembler IF A := B THEN Programming packages help programmers develop computer programs. These include: Language Translator Programs. These translate a set of instructions into the computer’s own machine language. Typical language translator programs include: Assembler. An assembler translates the symbolic instruction codes of programs written in an assembler language into machine language. Compiler. A compiler translates high-level language statements. Interpreter. An interpreter is a special kind of compiler that translates and executes each program statement one at a time. Programming Tools. Common programming tools include graphics-oriented editors and debuggers to help identify and avoid errors while programming. Teaching Tips This slide relates to material on p. 132. © 2002 McGraw-Hill Companies
5
Lapis Perangkat Lunak (Software) Komputer
6
Database Management Software
Development Tools Databases Hardware Operating System Graphics User Interface Games Special Applications
7
PENGENALAN SOFTWARE SISTEM OPERASI (Operating System-OS) Contoh :
adalah program yang berfungsi untuk mengontol jalannya aplikasi dan mengantarmukakan aplikasi dengan perangkat keras. Contoh : - IBM–DOS, MS-DOS - WINDOWS - UNIX - LINUX
9
Program development (Editor dan debuggers) Program execution
Muatan Sistem Operasi Program development (Editor dan debuggers) Program execution Access to I/O devices Controlled access to files System access
10
Tingkat Bahasa Pemrograman
Tingkatan bahasa pemrograman Bahasa tingkat rendah Dibentuk dengan kode-kode mesin Sulit dipelajari Bahasa tingkat menengah Bahasa assembler Masih sulit dipelajari, walaupun masih lebih mudah dibanding bahasa mesin Belum terstruktur Bahasa tingkat tinggi Mirip seperti bahasa manusia Relatif lebih mudah dipelajari
11
Generasi Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman berdasarkan generasinya Generasi pertama Bahasa mesin Generasi kedua Bahasa assembly Generasi ketiga Bahasa tingkat tinggi => C, Pascal Generasi keempat 4th GL => SQL Generasi kelima Web Dev => PHP, ASP OOP => Java, .NET
12
Bahasa Mesin Representasi tertulis machine code
Khusus untuk mesin dan dimengerti lsg oleh mesin Bahasa mesin dibangun oleh sejumlah angka yg dpt diinterpretasikan oleh CPU Abstraksi bahasa ini adalah kumpulan kombinasi kode biner ‘0’ dan ‘1’
13
Bahasa Assembly Kedudukannya diantara bahasa mesin dan bahasa tingkat tinggi Menggunakan kode mnemonic untuk mengganti kode biner Mempermudah mengingat Mempermudah penulisan program Keuntungan penggunaan bahasa assembly Eksekusi lebih cepat dibanding bahasa tingkat tinggi Akses langsung ke perintah mesin Kodenya lebih kecil daripada kompiler lain
14
Bahasa Tingkat Tinggi Bahasanya terstruktur
Tujuan bahasa yg terstruktur Mudah dibaca dan dipelajari Menyederhanakan kerumitan program Kendali pemrograman terstruktur Sekuensial Selection Loop
15
SQL (Structured Query Language)
Bahasa yg dikhususkan utk memanipulasi database SQL adalah bahasa standar utk semua DBMS kalaupun ada perbedaan, tidak signifikan
16
Interpreter Mengeksekusi setiap baris program tanpa melihat program secara keseluruhan. Eksekusi bisa dilakukan segera Program hasil interpretasi berjalan lebih lambat dibanding program hasil kompilasi Contoh : PHP, ASP, Matlab
17
Personal Packaged Software
Sekumpulan s/w tertentu yg telah diintegrasikan, dg tujuan utk kepentingan yg sifatnya pribadi Cth : Accounting Graphic Office suite Utilities Games & Entertainment Desktop database, dll
18
Gambar Hirarki Database
File Record Field Gambar Hirarki Database
19
DATABASE Database Merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan pada hardware komputer dan digunakan software untuk memanipulasinya Kumpulan dari beberapa File. File Terdiri dari record-record yang menggambarkan satu kesatuan data yang sejenis. Record Kumpulan dari beberapa field. Field Menggambarkan suatu atribut yang menunjukkan suatu item dari data.
20
Pemrograman Berorientasi Obyek (Object-oriented Programming)
Data dan fungsi ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya. Fleksibel (kemudahan mengubah program besar) Jika setiap kelas atau obyek dimanipulasi menjadi suatu gambar atau grafik maka disebut program visual.
21
Contoh : (Object-oriented Programming)
Ruby Python PHP C# Delphi Eiffel Perl Visual Foxpro Java C++ Pascal Visual Basic.NET SIMULA Smalltalk
22
Algoritma Pemrograman
: Algoritma pemrograman adalah urutan langkah-langkah logis dari instruksi komputer dalam penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis.
23
Algoritma Pemrograman Berbaasis Artifiacial Intelligent (AI)
: Sitem Pakar Logika Samar (Fuzzy Logic) Jaringan Syaraf Tiruan (Neural Network) Algoritma Genetika
24
DIAGRAM BLOK SISTEM PAKAR
25
DIAGRAM BLOK FUZZY LOGIC
26
DIAGRAM BLOK NEURAL NETWORK
27
DIAGRAM BLOK NEURAL NETWORK
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.