Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
PEMEROGRAMAN KOMPUTER
A. Ridwan Siregar
2
PEMEROGRAMAN Pemerograman (programming) adalah suatu proses yang dimulai dari memformulasikan suatu problem komputasi hingga membuat program yang dapat dijalankan (executable programs)
3
PEMEROGRAMAN Pemrograman adalah proses menulis
menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membentuk sebuah program komputer Kode tersebut ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman
4
PEMEROGRAMAN Tujuan pemrograman adalah untuk membuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram (programmer)
5
PEMEROGRAMAN Untuk dapat melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam hal: algoritma logika bahasa pemrograman, dan dalam banyak kasus, pengetahuan lain seperti matematika
6
PEMEROGRAMAN Pemerograman mencakup aktivitas berikut: Analisis
Pemahaman secara generik, memecahkan problem yang menghasilkan suatu algoritma Verifikasi persyaratan algoritma termasuk kebenarannya dan konsumsi sumber dayanya Implementasi algoritma tersebut ke dalam suatu bahasa pemerograman (coding)
7
PEMEROGRAMAN Uji coba (testing)
Mencari dan memperbaiki kesalahan program (debugging) Memelihara program (source code) Implementasi sistem yang dibangun/ dikembangkan Manajemen artefak yang diperoleh seperti bahasa mesin (object code) program komputer
8
PEMEROGRAMAN DAN MASA DEPAN
Pemerograman adalah sangat penting tidak hanya bagi programmer tetapi juga bagi perekonomian abad ke-21 Belajar membuat program komputer membantu kita membangun suatu pemahaman yang lebih mendalam tentang dunia di sekitar kita dan dapat membantu kita untuk mengautomasi dan memperbaiki kehidupan kita sehari-hari
9
PEMEROGRAMAN DAN MASA DEPAN
Pemerograman juga menciptakan peluang kerja pada tingkat lebih tinggi untuk orang muda baik yang sudah bekerja maupun belum bekerja, di mana beberapa di antaranya akan mendirikan perusahaan sendiri (berwiraswasta), atau bekerja untuk perusahaan (dalam berbagai jenis industri) yang saat ini sangat tergantung pada teknologi untuk bisa bergerak maju
10
DAGELAN PROGRAMMER Ada sebuah lelucon di antara programmer:
“Hanya ada 10 jenis manusia di dunia yaitu mereka yang memahami sistem biner (binary), dan yang tidak memahaminya”
11
MAKNA DAGELAN PROGRAMMER
Dagelan tersebut memang tidak lucu bagi banyak orang, tetapi hal itu memberikan butir sangat baik, bahwa kita sekarang hidup di sebuah dunia yang terbagi ke dalam mereka yang memahami pekerjaan dalam masyarakat kita yang berpusat pada komputer dan mereka yang tidak memahaminya Ini bukanlah sesuatu yang terjadi setiap hari, tetapi adalah sesuatu yang memiliki konsekuensi besar untuk masa depan kita
12
KISAH ENTREPRENIR MUDA
Pada Agustus 2010, dua orang pengusaha muda mendirikan sebuah perusahaan kecil pemula yang disebut GroupMe Mereka bekerja hingga malam dan akhir pekan dan mempekerjakan sebuah tim untuk membantu menjadikan mimpi (visi) mereka menjadi suatu kenyataan Satu tahun kemudian, perusahaan yang mereka dirikan dijual kepada Skype dengan nilai puluhan juta dollar
13
KISAH PENGACARA Seorang pengacara litigasi (proses perkara) yang merasa tidak bahagia, berpikir untuk beralih ke hukum yang berkaitan dengan teknologi Ia memutuskan untuk mengikuti kelas pemerograman komputer di U.C. Berkeley Extension agar bisa memahami teknologi dengan lebih baik Kelas yang diminatinya adalah Bahasa C untuk Programmer Profesional, dan kemudian ia berdiskusi dengan seorang profesor tentang hal itu
14
KISAH PENGACARA Sang profesor tidak mendorong keinginannya tersebut karena ia tidak memiliki pengalaman Ia mengatakan bahwa ia memiliki gelar sarjana bidang matematik, profesor itu mengejek dan mengatakan “had nothing to do with programming" Ketika ia mengatakan: saya adalah seorang pengacara litigasi dan telah banyak membuat tulisan ringkas tentang hal itu, sang profesor kemudian bersemangat dan mengatakan bahwa hal itu berkorelasi dengan keberhasilan dalam pemerograman
15
PARADIGMA PEMEROGRAMAN
Pemrograman adalah sebuah seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritma yang saling berkaitan dengan menggunakan sebuah bahasa pemerograman tertentu sehingga menjadi sebuah program komputer Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula Gaya pemrograman ini biasa disebut dengan paradigma pemrograman
16
APAKAH PEMEROGRAMAN ADALAH SENI, ILMU, ATAU TEKNIK?
Apakah memerogram perangkat lunak lebih merupakan seni, ilmu, atau teknik telah lama diperdebatkan Programmer yang baik biasanya mengkombinasikan ketiga hal tersebut, agar dapat menciptakan program yang efisien (baik dari sisi waktu (run time) maupun memori
17
TERIMA KASIH
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.