Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengantar Sistem Pengarsipan dan Akses

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengantar Sistem Pengarsipan dan Akses"— Transcript presentasi:

1 Pengantar Sistem Pengarsipan dan Akses
Sistem Basis Data – 1 Oleh : Imam Gunawan M. Kom STMIK – AMIK Jayanusa Padang 2009

2 Contents 1 Pengantar 2 Media Masukan 3 CPU (Central Processing Unit) 4
Media Keluaran

3 Pengantar Pada dasarnya, komputer terdiri dari 3 komponen dasar yaitu : Perangkat keras (hardware), Perangkat lunak (software) dan Pengguna (brainware atau dikenal juga dengan sebutan user). Yang dimaksud dengan perangkat keras yaitu : peralatan fisik komputer (termasuk perangkat I/O Komputer). Sistem I/O dalam skema komputer terdiri dari 5 bagian besar, yaitu : Media masukan (input devices), Central Processing Unit (CPU) Memori utama (main memory) Media keluaran (output devices), dan Media penyimpanan (Storage devices). Sedangkan yang dimaksud dengan perangkat lunak (software) adalah program yang berisi perintah untuk mengolah data. Secara praktis sistem komputer tersebut bertugas untuk mengolah data menjadi informasi yang kemudian dapat disimpan untuk suatu kepentingan tertentu. 

4 CPU Cara kerja dari Sistem I/O komputer dapat digambarkan sbb :
Input Device Main Memory Output Device Storage Device To Main Menu

5 Media Masukan (Input Device)
Input berarti masukan. Yang bisa dimasukan ke komputer sebagai berikut : Data, data adalah kumpulan fakta yang belum terorganisir. Program, Program merupakan instruksi yang dilakukan ke komputer. biasanya anda mengenal program dalam bentuk aplikasi. Instruksi ke Program (Command), Command merupakan perintah-perintah yang dituliskan oleh programmer pada bahasa pemrograman yang digunakan untuk menghasilkan aplikasi. Respon pengguna (user response), respon pengguna merupakan berbagai hal yang dilakukan oleh pengguna terhadap aplikasi. Misalnya pada aplikasi pendaftaran anggota. ketika user masuk kedalam aplikasi tersebut dan ditawarkan formulir maka user akan memberikan tanggapan berupa pengisian data pada textbox/textfield yang disediakan aplikasi. contoh lainnya : user memilih ok atau cancel pada message box.

6 Macam-macam Input Device
1 Keyboard 2 Pointing Device 3 Scanner and Reading Device 4 Digital Camera 5 Audio and Video Input To Main Menu

7 Keyboard Input devices yang pertama yang akan dibahas adalah keyboard atau si papan kunci. Rata-rata jumlah tombol yang terdapat pada keyboard berjumlah tombol. jumlah itu bisa lebih banyak lagi bergantung tombol fungsi yang disajikan. Ada berbagai macam tipe keyboard, diantaranya sbb :

8 QWERTY KEYBOARD QWERTY keyboard menampilkan susunan keyboard yand dapat membatasi kecepatan mengetik.

9 DVORAK KEYBOARD Pada Dvorak keyboard, huruf-huruf yang sering digunakan untuk mengetik ditempatkan pada bagian tengah.

10 ENHANCED KEYBOARD Biasanya keyboard ini terdiri dari 2 tombol CTRL ,2 tombol ALT, tombol-tombol panah, dan tombol tambahan lainnya.

11 WIRELESS KEYBOARD Pada perangkat wireless keyboard, pengguna tidak menggunakan kabel. wireless keyboard dapat ditempatkan dimana saja sesuai keinginan pemakai.

12 LAPTOP KEYBOARD Untuk keyboard yang terdapat pada laptop jumlah tombol yang ada kira-kira berjumlah 85 tombol. Jumlah tombol tersebut lebih sedikit bila dibanding dengan jumlah tombol pada keyboard biasa.

13 ERGONOMIC KEYBOARD Berdasarkan namanya, keyboard ini memang diciptakan untuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Bentuknya seringkali disesuaikan dengan pandangan kenyamanan pengguna. misalnya : penempatan tombol yang disesuaikan dengan posisi jari manusia. To Input Device

14 Pointing Device Jenis-jenis pointing devices, diantaranya : Mouse,
Trackball yang biasanya cocok untuk tempat terbatas, dan Touchpad (bentuknya kecil, rata, segi empat) biasanya terdapat pada laptop.

15 MOUSE Relatif tidak mahal,
Hanya membutuhkansedikit gerakan jari untuk menjangkau tombol, Jika mencengkram terlalu kuat dapat terjadi ketegangan otot, Lebih banyak menggunakan tempat Perlu dibersihkan walau sekali-kali saja.

16 TRACKBALL Sedikit menggunakan tempat,
Hanya membutuhkan sedikit gerakan lengan dan tangan , Dapat menyebabkan kejang pergelangan, Lebih banyak gerakan jari untuk menjangkau tombol, dan Perlu dibersihkan secara periodikkarena keringat mengenainya.

17 TOUCHPAD Terdapat area rabaan, Mudah terkena debu
Membutuhkan sedikit pembersihan, Banyak membutuhkan tekanan pada jari, dan Kecilnya area rabaan membuat ketepatan kursor menjadi sulit kontrol.

18 Game Pointing Device JoyStick JoyPad Force Feedback

19 TOUCH SCREEN Alat Input yang biasa digunakan langsung pada layar (Biasanya tanpa alat bantu lain, langsung dengan jari).

20 PEN INPUT/PEN COMPUTING
Alat yang digunakan pada perangkat PDA, handphone, dan lain-lain.

21 LIGHT PEN Untuk mengguanakan light pen dibutuhkan monitor yang di desain khusus.

22 GRAPHICS TABLET Graphics tablet merupakan papan elektronis plastik, segi empat biasanya untuk kepentingan grafis. To Input Device

23 OPTICAL SCANNER

24 OCR Optical Character Recognition, merupakan perangkat keras yang memproses kata (word processing software).

25 OMR Optical Mark Recognition, untuk membaca sesuatu yang di tandai (mark). Biasanya digunakan untuk Tes, Survey, Kuesioner.

26 BARCODE SCANNER Alat untuk membaca kode barcode, biasanya digunakan di kasir supermarket, toserba.

27 MICR Magnetic Ink Character Recognition Reader, biasa digunakan pada Cek (cheque). To Input Device

28 KAMERA DIGITAL Ada berbagai jenis kamera digital, diantaranya :
Studio camera untuk professional studio, field camera untuk portable camera yaitu kamera yang bisa dibawa kemana-mana, dan point-and-shoot camera. biasanya kamera ini dimiliki oleh pengguna rumahan atau usaha kecil. To Input Device

29 AUDIO & VIDEO INPUT Audio input adalah proses pemasukan (perekaman). Contohnya : perekaman musik, pidato atau efek suara. syaratnya : harus ada sound card (kartu suara) pada komputer. perekaman suara dapat dilakukan dengan menggunakan microphone. Video input adalah proses pemasukan video dan menyimpan video pada sebuah harddisk atau media lain. perekaman dapat dilakukan dengan menggunakan handycam, dan lain-lain. To Input Device

30 Central Processing Unit (CPU)
4 Operasi dasar/siklus mesin yang terjadi dalam komputer : Pengambilan instruksi dari memori, Kemudian instruksi tersebut diterjemahkan kedalam perintah yang dimengerti komputer, Perintah dijalankan, dan Hasil dari perintah yang dijalankan akan disimpan atau dituliskan ke memori. Komponen yang terdapat dalam sistem unit berada pada papan utama yang berada dalam komputer (mainboard atau motherboard). Mainboard berisi chip-chip, dan chip yang terpenting adalah central processing unit (cpu).

31 Komponen Sistem Unit 1 Processor 2 Modul Memori 3 Port-port & Konektor
To Main Menu

32 PROCESSOR Prosesor merupakan otak utama dari sistem unit. Beberapa tipe mikroprosesor. : Prosesor untuk pemrosesan paralel. pemrosesan paralel ini membutuhkan banyak prosesor dan perangkat lunak khusus. Co-processor adalah komputer prosesor yang berfungsi sebagai suplemen dari primary processor. Co-precessor mengerjakan tugas-tugas khusus seperti : mathematical co-processor untuk kalkulasi, graphic co-processor untuk grafis. Pada processor terdapat 2 teknik arsitektur yaitu : CISC RISC

33 CISC CISC adalah singkatan dari Complex Instruction Set Computer. CISC merupakan instruksi perhitungan kompleks yang dilakukan oleh processor, sangat baik untuk aplikasi multimedia yang banyak melibatkan grafik dan suara.

34 RISC RISC (Reduced Instruction Set Computer) merupakan instruksi perhitungan sederhana saja yang dilakukan oleh prosesor. To Sistem Unit

35 MODUL MEMORI Ada beberapa tipe memori diantaranya :
RAM (Random Acces Memory) yang bersifat volatile 1. SRAM – Static RAM 2. DRAM – Dynamic RAM (SDRAM – Synchronous DRAM, RDRAM – Rambus DRAM, DDR SDRAM – Double – date rate RAM/SDRAM 11).

36 ROM (Read Only Memory) , yang bersifat non-volatile
contoh : CMOS (Complementary metal-oxide semiconductor):yang bersifat non-volatile dan menggunakan battery.

37 Flash Memory : yang bersifat non – volatile dan dapat diprogram ulang.
To Sistem Unit

38 PORT Ada dua macam port :
Serial port, yaitu port yang biasanya digunakan untuk mouse, keyboard, flashdisk, dll. Parallel Port, yaitu port yang biasa digunakan untuk monitor atau printer. Serial Port Parallel Port Parallel Port To Sistem Unit PS2 USB

39 Media Keluaran (Output Device)
Tujuan utama dari output devices adalah untuk menampilkan informasi ke pengguna. Jenis-jenis output devices, diantaranya : Display devices Printers Audio outputs Output devices untuk pengguna dengan keterbatasan fisik, dan Output devices lainnya.

40 DISPLAY DEVICE Begitu banyak jenis monitor sebagai display devices. Diantaranya sebagai berikut : CRT (Cathode Ray Tube) Monitor Flat – Panel Displays LCD – Liquid Crystal Display, Gas Plasma monitors LCD Monitor CRT Monitor

41 Mesin Cetak (Printer) Ada dua jenis mesin cetak (printers), yaitu :
Impact Printers, adalah alat yang mencetak keseluruhan baris pada satu waktu. contohnya : Dot Matrix printers, Line Printer Non Impact Printers, merupakan kebalikan dari impact printer. non impact printer tidak mencetak keseluruhan baris pada satu waktu. contohnya : Inkjet printers, Laser printers, thermal printers, portable printers, plotters and large – format printers. Impact Printers Non Impact Printers

42 Audio Output Contoh audio outputs adalah speaker. alat ini digunakan untuk mengeluarkan suara sehingga anda dapat mendengar lagu, suara pada video, dan sebagainya.

43 Output Device Lainnya Output devices lainnya :
Data projectors – LCD projector, Mesin fax (fax machine) Perangkat multi fungsi (Multifunction devices)

44 Terima Kasih To Main Menu


Download ppt "Pengantar Sistem Pengarsipan dan Akses"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google