Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehHendri Djaja Lesmono Telah diubah "7 tahun yang lalu
1
KKN Sebagai Salah Satu Proses Pembelajaran untuk Menghasilkan Lulusan COMPLETE
Mukh Arifin LP2MP | Quality for Development
2
Tujuan diskusi Membuka kesadaran tentang pentingnya KKN dalam membekali kecakapan hidup, sehingga kegiatan KKN tidak sia-sia
3
Topik Kecakapan Hidup COMPLETE, Profile Lulusan Undip
Proses Pembelajaran dalam KKN
4
Kecakapan Hidup
5
Bekal yang dibutuhkan untuk sukses dalam mendapatkan pekerjaan dan berkarier
6
KOMPETENSI LULUSAN Berkomunikasi tertulis Berfikir Analitis
Bekerja dalam Tim Ilmu Pengetahuan Teknologi Berfikir Logis Bekerja Mandiri Berkomunikasi Lisan
7
Dimensi Pemain Sepak Bola
Contoh Soft Skills Kerjasama dlm Tim Gigih Mengambil Inisiatif Berani Mengambil Keputusan Kemampuan Teknis (Hard skills) Berlari Menendang Bertahan
13
COMPLETE, Profile Lulusan Undip
15
Three major issues in the education of young people today
Identification of what is possible for both self and society; includes the discovery and/or defining of one's life mission and desired lifestyle Vision
16
Three major issues in the education of young people today
Development of the knowledge, values, attitudes, and skills necessary for success in a given society or culture Competence
17
Three major issues in the education of young people today
The moral quality and direction of one’s decisions and behavior Character
18
KOMPETENSI LULUSAN LP2MP | Quality for Development
Kompetensi Universitas Kompetensi Kelompok Ilmu Kompetensi Program Studi LP2MP | Quality for Development
19
Kompetensi Universitas Diponegoro Sumber: KEPUTUSAN REKTOR/KETUA SENAT UNIVERSITAS DIPONEGORO Nomor : 04/JO7.SENAT/SK/2006; tgl. 24 Januari 2006 Tentang: KEBIJAKAN AKADEMIK UNIVERSITAS DIPONEGORO LP2MP | Quality for Development
20
PROFIL LULUSAN Rapat Senat Universitas 22 April 2007:
COMPLETE Communicator (mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis) Professional (bekerja sesuai dengan prinsip, pengembangan berdasar prestasi, menjunjung tinggi kode etik) LP2MP | Quality for Development
21
Thinker (berfikir kritis, belajar sepanjang hayat, peneliti,)
Leader (adaptif, tanggap terhadap lingkungan, proaktif, motivator, mampu bekerjasama) Enterpreneur (etos kerja tinggi, ketrampilan berwirausaha, inovatif, kemandirian) Thinker (berfikir kritis, belajar sepanjang hayat, peneliti,) Educator (mampu menjadi agent of change) LP2MP | Quality for Development
22
Proses Pembelajaran dalam KKN
23
Apa bedanya KKN dengan mata kuliah yang lain?
LP2MP | Quality for Development
24
kreatif mengevaluasi menganalisis mengapalikasikan memahami mengingat
Taxonomy bloom’s theory kreatif mengevaluasi menganalisis mengapalikasikan memahami mengingat
25
PARADIGMA BARU DALAM PEMBELAJARAN
BUKAN LAGI BAGAIMANA DOSEN MENGAJAR DENGAN BAIK ( TEACHER CENTER ), TAPI……. TEACHING TRANSFER OF KNOWLEDGE LEARNING METHOD OF INQUIRY DISCOVERY BAGAIMANA MAHASISWA BISA BELAJAR DENGAN BAIK DAN BERKELANJUTAN ( STUDENT CENTERED LEARNING )
26
LIFE-SKILL INTRAPERSONAL INTERPERSONAL SKILLS SKILLS BUSINESS SKILLS
Kemampuan untuk mengenali dan mendayagunakan potensi diri. Kemampuan untuk memahami dan berinteraksi dengan orang lain. Komunikasi Bisnis Kepemimpinan dan Mentoring Pemasaran Diri Sinergi Kreatif Transformasi Tujuan Hidup Transformasi Karakter Kecerdasan Kreatif Manajemen Perubahan INTRAPERSONAL SKILLS INTERPERSONAL SKILLS LIFE-SKILL Etika Kewirausahaan Strategi Menjadi Entreprenur Rencana Bisnis Manajemen Bisnis TECHNOLOGICAL SKILLS BUSINESS SKILLS Keunggulan teknologi Efek thdp lingkungan Royalti Peningkatan nilai tambah Kemampuan memilih Teknologi yang memadai dalam bisnis Kemampuan untuk mengelola dan menngembangkan bisnis
27
GARIS BESAR PROSES PEMBELAJARAN DALAM KKN DAN
KEMAMPUAN YANG DIPEROLEH MAHASISWA No YANG DILAKUKAN MAHASISWA KEMAMPUAN YANG BISA DIPEROLEH MAHASISWA 1 membentuk kelompok (5-10) memilih bahan diskusi mepresentasikan paper dan mendiskusikan di kelas komunikasi kerjasama sintesa hasil, saling menghargai inisiatif, leadership. 2 mempelajari dan menjalankan suatu peran yang ditugaskan kepadanya. atau mempraktekan/mencoba berbagai model (komputer) yang telah disiapkan. apresiasi anlogi/ imajinasi empati kreativitas pengalaman, trampil 3 mencari, mengumpulkan, dan menyusun informasi yang ada untuk mendeskripsikan suatu pengetahuan. kreatif inovasi analisis inisiatif menyenangkan
28
YANG DILAKUKAN MAHASISWA KEMAMPUAN YANG BISA DIPEROLEH MAHASISWA
No YANG DILAKUKAN MAHASISWA KEMAMPUAN YANG BISA DIPEROLEH MAHASISWA 4 merencanakan kegiatan belajar, melaksanakan, dan menilai pengalaman belajarnya sendiri. kemandirian kreatif bertanggung jawab percaya diri ketekunan 5 Membahas dan menyimpulkan masalah/ tugas yang diberikan dosen secara berkelompok. teamwork toleransi kepemimpinan komunikasi 6 Bekerja sama dengan anggota kelompoknya dalam mengerjakan tugas Membuat rancangan proses dan bentuk penilaian berdasarkan konsensus kelompoknya sendiri. penghargaan apresiasi pendapat/toleransi networking share vision group decision making time management
29
YANG DILAKUKAN MAHASISWA KEMAMPUAN YANG BISA DIPEROLEH MAHASISWA
No YANG DILAKUKAN MAHASISWA KEMAMPUAN YANG BISA DIPEROLEH MAHASISWA 7 Membahas konsep (teori) kaitannya dengan situasi nyata Melakukan studi lapang/ terjun di dunia nyata untuk mempelajari kesesuaian teori. sintesis analisis responsif apresiasi pengalaman 8 Mengerjakan tugas ( berupa proyek) yang telah dirancang secara sistematis. Menunjukan kinerja dan mempertanggung jawabkan hasil kerjanya di forum. ketaat asas-an tanggung jawab inovasi, kreatif komunikaso aktualisasi 9 Belajar dengan menggali/ mencari informasi (inquiry) serta memanfaatkan informasi tersebut untuk memecahkan masalah faktual/ yang dirancang oleh dosen . prioritas mengambil keputusan berfikir kritis selektif
30
SELAMAT ber-KKN Temukan pengalaman baru Temukan teman baru
Temukan pacar baru Temukan semangat baru
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.