Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Program Studi Teknologi Game Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Program Studi Teknologi Game Politeknik Elektronika Negeri Surabaya"— Transcript presentasi:

1 Program Studi Teknologi Game Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
Mengenal Blender Oleh: Moh. Zikky, M.T Program Studi Teknologi Game Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

2 Apa Itu Blender ? Mesin untuk membuat jus buah? 

3 Blender Blender adalah paket studio 3D modeling dan animasi, hampir sama seperti: Autodesk Maya, Autodesk 3ds Max, Lightwave NewTek, atau aplikasi modeling lainnya Blender adalah pemodelan 3D, dimana dapat membuat karakter untuk film Blender memiliki alat texture yang kuat untuk membentuk permukaan model/objek Blender dilengkapi fungsi-fungsi animasi yang powerful, bahkan model/objek yang anda buat dapat dibuat bergerak (move around) dan melakukan sesuatu (act) Blender gratisssss... dan Open Source Support untuk pembuatan game Banyak digunakan dalam pembuatan film dan iklan televisi

4 Contoh Karakter Hasil Blender

5 Contoh Desain dengan Blender

6 Contoh Film Hasil Blender
Film berjudul Elephant dream dan Big Buck Bunny

7 Perjalanan sejarah Blender

8 Versi blender 1.8

9 Versi blender 2.49

10 Versi Blender 2.5 ke atas

11 Minimun Software Requirement
Minimum hardware 32-bit dual core 2Ghz CPU with SSE2 support. 2 GB RAM 24 bits 1280×768 display Mouse or trackpad OpenGL-compatible graphics card with 256 MB RAM Recommended hardware 64-bit quad core CPU 8 GB RAM Full HD display with 24 bit color Three button mouse OpenGL-compatible graphics card with 1 GB RAM Optimal (production-grade) hardware 64-bit eight core CPU 16 GB RAM Two full HD displays with 24 bit color Three button mouse and graphics tablet Dual OpenGL-compatible graphics cards, quality brand with 3 GB RAM

12 Operating System Windows Linux Mac Irix Solaris Software aplikasi: Blender, Download versi terbaru langsung ke: Perhatikan saat sebelum download, pastikan kalian memilih 32bit atau 64bit yang sesuai dengan OS dan prosesor perangkat komputer atau laptop

13 Blender Blender lebih optimal digunakan pada keyboard PC standar dimana terdapat NumPad. Selama menggunakan Blender, diwajibkan menggunakan Interface Mouse yang memiliki mouse-wheel (Scroll)

14 Mengenal Area Blender

15 Mengenal Fungsi Panel Blender

16 Fungsi Keyboard pada Blender
Blender banyak menggunakan shortcut dari keyboard pada tombol angka di keyboard Num-Pad, namun pada standar Laptop tidak ada Num-Pad... NUMPAD Tombol angka pada Num-Pad (kotak orange) berbeda fungsi pada tombol angka pada tombol angka vertikal (kotak biru) Oleh karena itu perlu diubah setting keyboard pada aplikasi Blender dengan cara: Buka Menu: File > User Preferences, atau shortcut: Ctrl + Alt + U

17 Setting Numpad pada keyboard

18 Setting Numpad pada keyboard
Jika Laptop/notebook memiliki Numpad seperti gambar dibawah ini, tidak perlu setting Emulate Numpad

19 Menu dan Shortcut Prespective pada Keyboard

20 Istilah Kombinasi yang digunakan
Mouse: LMB: Left Mouse Button MMB: Middle Mouse Button RMB: Right Mouse Button MW: Middle Wheel Ctrl+Alt+U = Menekan bersamaan tombol Control + tombol ALT + dan tombol huruf U. Atau tekan dan tahan tombol Control, lalu tekan dan tahan tombol Alt, lalu tekan tombol huruf U. Ctrl + MW up = Tekan dan tahan tombol Control, lalu sambil menggerakan (scroll) Mouse Wheel kedepan

21 Kombinasi kontrol MW roll: Posisikan mouse anda dimana saja pada window 3D view dan MW Up dan Down untuk men-zoom in atau zoom out. Shift+MW roll: Gerakkan MW nya saat menekan tombol Shift, menjadikan window area scrol secara vertikal (atas-bwah). Ctrl+MW roll: Tombol Control hampir sama dengan tombol Shift, tetapi sercara horisontal (kanan-kiri). MMB drag: Posisikan mouse dilayar screen, tekan+tahan MMB/MW lalu gerakkan mouse, maka view berubah. Shift+MMB drag: Tekan+tahan tombol Shift, tekan+tahan MMB/MW, lalu gerakan mouse. Maka akan mengubah tampilan secara area. Ctrl+MW drag: Tekan+tahan tombol Control dan tekan MMB, lalu gerakan mouse secara vertikal, akan menghasilkan zoom in/out ke area. Untuk memilih (select) object pada Blender, tidak menggunakan klik-kiri (LMB), namun menggunakan klik-kanan (RMB). Tombol Esc (escape), salah satunya digunakan untuk membatalkan saat objek dipindahkan

22 Shortcut Umum pada Blender
Secara umum, kita akan sering menggunakan Shortcut (proses cara cepat kombinasi hurufhuruf pada keyboard) dalam memilih, execute, menampilkan menu pada window, dan lainnya. Shortcut umum tersebut diantaranya: “A”, akan men-select/deselect object/mesh. “W”, akan menampilkan menu. “T”, menampilkan Toolbar. “N”, menampilkan Properties object. “R” (Rotate), memutar object/mesh. “S” (Scale), mengubah ukuran object. “G” (Grab), memindahkan mesh. “E” (Extrude), memberi kesan timbul dari mesh. “F” (Face), mempertemukan dua atu lebih edge atau face. “Ctrl + B” (Bevel), membuat ujung sudut menjadi rounded. “Ctrl + Z”, undo. “Ctrl + Shift + Z”, redo. “Ctrl + R”, mengaktifkan tool Subdivide. “Shift + A”, menampilkan menu Mesh (Cube, Circle, Cone, Grid, dll). “Shift + D”, untuk duplikat object.

23 Contoh Shortcut Menampilkan panel
Menampilkan atau menyembunyikan tool shelf panel  T Menampilkan atau menyembunyikan properties panel  N N T

24 Splitting screen Bila diinginkan view yang lebih dari satu  agar dalam melakukan modeling objek bisa terlihat dari berbagai sisi secara realtime, blender menyediakan fitur split windows Letakkan mouse pada area antara preview dan panel atas (Lihat panah kuning) sampai kursor berubah menjadi panah atas-bawah Klik kanan dan pilih Split Area

25

26 cursor Klik kiri  penempatan kursor Klik kanan  pemilihan objek

27 Menambahkan objek baru
Mesh  kumpulan dari banyak vertex/titik, edge/garis tepi, dan face/satu permukaan, yang menggambarkan bentuk objek 3D. Vertex  single point. (kumpulan banyak vertex adalah "vertices"). Edge  garis lurus yang menyambungkan dua vertex. Face  permukaan datar yang tertutup tepi (beberapa apliasi menyebutnya “polygon”). Setiap Face minimal memiliki 3 Vertex

28 Edge Tiga edge disebut Triangles. Empat edge disebut Quads.
Lima atau lebih edge disebut N-gons. Perhatian: Vertex, Edge, Face, adalah istilah yang akan selalu kita gunakan dalam proses di Blender, untuk itu agar selalu diingat.

29 Menambahkan objek baru (lanj)
Klik Add  mesh Klik shift + A Select all  A Hapus objek  X Duplikat objek  shift + D

30 Memindahkan objek Move  G Rotate  R Scale  S Detail:
G+X  pindahkan objek sesuai sumbu x R+y  putar objek menurut sumbu y S+z  skala kan objek sesuai sumbu z

31 Memindahkan objek (lanj)

32 manipulator

33 Global dan local sistem koordinat

34 Undo Ctrl+Z Alt+G reset global center Alt+S  reset scale
Alt+R  reset Rotation

35 layer Konsepnya mirip layer pada autocad atau photoshop

36 View dan Axis Dalam ruang 3D kita menggunakan tiga sumbu: X, Y dan Z. Di bagian kiri bawah tampilan 3D ditunjukkan arah mana sumbu ini menunjuk. Gambar kanan adalah screenshot dari kubus. Di sini Anda dapat melihat bagaimana sumbu sesuai objek AXIS

37 Rendering Dalam Blender, sebuah objek melibatkan beberapa jenis gambar rangka (wireframe) (gambar 1). Sedangkan Wireframe ini bukan hasil yang sebenarnya dari desain Anda (gambar 2). Wireframe perlu "diterjemahkan“ ke dalam sebuah gambar, proses ini disebut rendering. Selama dalam prosesnya (rendering), CPU menghitung hal-hal seperti cahaya, bayangan, refleksi, dll. Pada Blender, rendering bisa dilakukan dengan: Render Image untuk gambar diam (shortcut F12). Render animasi (Ctrl+shortcut F12)

38 Latihan


Download ppt "Program Studi Teknologi Game Politeknik Elektronika Negeri Surabaya"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google