Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
TEKNIK EVALUASI
2
MENGEVALUASI PENGUJIAN KEGUNAAN & FUNGSI DARI SISTEM INTERAKTIF
3
EVALUASI DAPAT DILAKUKAN
LABORATORIUM LAPANGAN PEKERJAAN KERJA SAMA DENGAN USER
4
PENDEKATAN PERANCANGAN EVALUASI
METODE ANALITIK METODE REVIEW METODE MODEL DASAR
5
PENDEKATAN EVALUASI YANG TELAH DITERAPKAN
METODE EXPERIMENTAL METODE OBSERVASI METODE QUERY
6
METODE EVALUASI DIPILIH SECARA CERMAT DAN HARUS COCOK DENGAN PEKERJAAN
7
EVALUASI EVALUASI DIGUNAKAN UNTU MELIHAT APAKAH HASIL RANCANGAN DENGAN PROSES UJI COBA SISTEM YANG TELAH DIBUAT SESUAI DENGAN PERMINTAAN PROSES INI TIDAK DIKERJAKAN DALAM 1 FASE PROSES PERANCANGAN TETAPI MELALUI PERANCANGAN DENGAN PRINSIP LIFE CYCLE
8
TUJUAN EVALUASI MELIHAT SEBERAPA JAUH SISTEM BERFUNGSI
EFEK SUATU INTERFACE KE PENGGUNA PROBLEM YANG TERJADI PADA SISTEM
9
JENIS-JENIS EVALUASI KONDISI PERCOBAAN
LABORATORIUM YANG BAGUS BIASANYA MEMILIKI FASILITAS PEREKAMAN AUDIO/VISUAL YANG BAIK, KOMPUTER BESERTA PERLENGKAPANNYA YANG MUNGKIN TIDAK ADA PADA LOKASI KERJA SEBENARNYA OPERATOR BEBAS DARI GANGGUAN YANG MENGHAMBAT PEKERJAAN SISTEM YANG AKAN DIGUNAKAN DITEMPATKAN PADA LOKASI YANG BERBAHAYA ATAU LOKASI YANG TERPENCIL, CONTOH STASIUN RUANG ANGKASA. DAPAT MEMANIPULASI SITUASI UNTUK MEMECAHKAN MASALAH DAN MELIHAT SEDIKIT PENGGUNAAN PROSEDUR ATAU MEMBANDINGKAN BEBERAPA ALTERNATIF PERANCANGAN DENGAN SITUASI YANG SEBENARNYA SITUASI PADA LABORATORIUM TIDAK DAPAT MEGGAMBARKAN SITUASI RUANG KERJA SEBENARNYA DAN TERDAPAT BEBERAPA ORANG YANG TIDAK BISA BEKERJA PADA KONDISI DI LABORATORIUM
10
JENIS-JENIS EVALUASI KONDISI LOKASI KERJA SEBENARNYA
TINGKAT GANGGUAN YANG MELEBIHI AMBANG BATAS, TINGKAT-TINGKAT PERGERAKAN YANG BESAR DAN INTERUPSI YANG TETAP
11
JENIS-JENIS EVALUASI Participatory design
Suatu pemikiran yang melibatkan keseluruhan alur perancangan dan tidak hanya proses evalasi saja Perancangan yang dilakukan pada ruang kerja yang melibatkan pengguna yang tidak hanya digunakan sebagai subyek percobaab tetapi juga sebagai anggota yan aktif dalam team perancangan
12
karakteristik Meningkatkan lingkungan kerja
Mempunyai sifat kerja sama (pengguna dilibatkan pada setiap tingkat perancangan) Mempunyai pendekatan iterative, perancangan adalah suatu subyek untuk evaluasi dan revisi pada setiap tingkatan
13
Metode komunikasi user-designer
Brainstorming Storyboarding Workshops Pensil dan kertas percobaan
14
Evaluasi Perancangan Cognitive Walkthrough Usaha yang dilakukan untuk mengenalkan teori psikologi kedalam bentuk informasi dan subyektif (mengevaluasi perancangan dengan melihat seberapa besar dukungan yang diberikan ke pengguna untuk mempelajari beberapa tugas yang diberikan
15
Informasi dibutuhkan Deskripsi dari interface
Deskripsi tugas / usaha yang benar untuk melakukannya
16
Evaluasi Perancangan Heuristic Evaluation cognitive walkthrough lebih terstruktur
17
KARAKTERISTIK HEURISTIC EVALUATION
Perilaku Sistem dapat dipastikan Perilaku sistem konsisten Kemampuan memori user tidak melebihi batas Dialog merupakan orientasi tugas
18
TUJUAN HEURISTIC EVALUTION
ORANG YANG MELAKUKAN EVALUASI MELALUI SERANGKAIAN TUGAS DENGAN PERANCANGAN DAN PENILAIANNYA SESUAI DENGAN KRITERIA TIAP TINGKATAN, KESALAHAN TERDETEKSI SEBELUM TINGKAT IMPLEMENTASI
19
EVALUASI EKSPERIMEN SUBYEK PEMILIHAN SUBYEK PENTING DALAM EKSPERIMEN
HARUS SESUAI KEINGINAN USER JIKA SUBYEK BUKAN USER SEBENARNYA SUBYEK YANG DIPILIH HARUS SAMA USIA & TINGKATAN PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGGUNAKAN KOMPUTER
20
EVALUASI EKSPERIMEN VARIABEL INDEPENDENT VARIABEL DEPENDENT VARIABEL
VARIABEL YANG DAPAT DIUKUR DALAM EKSPERIMEN
21
EVALUASI EKSPERIMEN HYPOTHESIS
PREDIKSI YANG DIHASILKAN DALAM EKSPERIMEN
22
DESIGN V.S. IMPLEMENTATION
EVALUASI TINGKAT PERANCANGAN AHLI TINGKAT IMPLEMENTASI MEMBAWA USER SEBAGAI SUBYEK DARI EKSPERIMEN
23
LABORATORY V.S FIELD STUDIES
LABORATORIUM TINGKAT AWAL FIELD STUDIES TINGKAT IMPLEMENTASI
24
KETERSEDIAAN INFORMASI
TINGKATAN INFORMASI YANG TERSEDIA UNTUK EVALUATOR PADA TIAP TINGKAT PROSES PERANCANGAN DIMULAI PADA INFORMASI YANG RENDAH SAMPAI DENGAN TINGKATAN YANG TINGGI
25
KESIAPAN SUATU TINDAKAN
KESIAPAN MENGAMBIL TINDAKAN YANG TERSEDIA YANG TERSEDIA. - THINK ALOUD MEREKAM PERILAKU USER SAAT INTERAKSI - POST TASK WALKTHROUGH PENGUMPULAN KEMBALI KEGIATAN USER
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.