Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Representasi Pengetahuan II.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Representasi Pengetahuan II."— Transcript presentasi:

1 Representasi Pengetahuan II

2 Semantic Networks

3 Semantic networks : Gambaran pengetahuan grafis yang menunjukkan hubungan antar berbagai objek

4 Semantic networks disusun oleh :
Node : representasi dari objek Arc : representasi dari hubungan antar node

5

6 Perluasan semantic networks dapat dilakukan
dengan menambah node dan menghubungkan node yang bersesuaian Penambahan dapat dilakukan dalam 3 cara : Objek yang sama Objek yang lebih khusus Objek yang lebih umum

7

8 Pewarisan pada semantic networks :
Node yang ditambahkan secara otomatis mewarisi informasi yang telah ada pada semantic networks Penambahan node “Tweety” otomatis mewariskan sifat-sifat dari “Animal” pada objek “Tweety” Contoh : “Tweety” breathes air, karena “Animal” breathes air

9 Operasi pada semantic networks :
Salah satu cara penggunaan semantic networks adalah dengan bertanya pada node

10 Contoh : CASE 1 : Jika bertanya pada “Bird”, “How do you travel?” Jawabannya : “Fly” Pelacakan :

11 Contoh : CASE 2: Jika bertanya pada “Tweety”, “How do you travel?” Jawabannya : “Fly” Pelacakan :

12 Contoh : Exception handling
CASE 3: Jika bertanya pada “Penguin”, “How do you travel?” Jawaban normal : “Fly”, seharusnya “Walk” Untuk mengatasi kasus tersebut, arc khusus ditambahkan pada node “Penguin” untuk meng-override informasi yang telah diwariskan

13 Proses override berarti menambahkan arc
atau sifat yang sama dengan objek induk pada node, tetapi dengan value atau karakteristik yang berbeda

14 Production Rules

15 Rules (aturan-aturan) termasuk pengetahuan
prosedural Menghubungkan informasi yang diberikan dengan tindakan (action) Struktur rule, secara logika menghubungkan satu atau lebih antecedent (premis-premis) yang berada pada bagian IF, dengan satu atau lebih consequents (konklusi/kesimpulan) pada bagian THEN

16 Sebuah rule dapat memiliki multiple premise
yang tergabung dengan menggunakan operasi logika (AND, OR) Bagian konklusi dapat berupa kalimat tunggal atau gabungan dengan menggunakan operasi logika (AND) dan dapat pula memiliki kalimat ELSE

17

18 Apabila pengetahuan direpresentasikan dengan
rules, maka ada dua metode penalaran yang dapat digunakan : Forward Reasoning Backward Reasoning

19 A C D B G E F I H L J K Keadaan Awal Tujuan

20 A C D B G E F I H L J K Tujuan Keadaan Awal

21 Representasi Pengetahuan III

22 Triplet Object-Attribute -Value

23 Object dapat berupa bentuk fisik atau konsep
Atribut adalah karakteristik atau sifat dari object tersebut Values besaran/nilai/takaran spesifik dari atribut tersebut pada situasi tertentu. Dapat berupa numerik, string atau boolean Sebuah object bisa memiliki beberapa atribut Sebuah atribut dapat dianggap sebagai suatu object baru dan memiliki atribut sendiri Digunakan juga pada frames dan semantic networks

24 Contoh representasi item O-A-V :
Object Attribute Values Rumah Kamar Tidur 2, 3, 4, dll Warna Hijau, Putih, dll Ukuran 3x4, 4x4, dll Bola Diameter 30 cm Merah Berat 10 ons

25 Single-Value d Facts : atribut yang hanya
memiliki satu nilai tunggal Contoh : Q : Please tell if the barometer is Falling Steady Rising A : Falling

26 Multiple-Value d Facts : atribut yang dapat
memiliki nilai lebih dari satu Contoh : Q : Please select the level of education High School College Graduate School A : High School

27 Jika sebuah value dipilih dari list, maka sistem
akan men-set value tersebut pada working memory menjadi TRUE, dan value yang lain menjadi FALSE

28 Frame

29 Frame : kumpulan pengetahuan tentang suatu
obyek tertentu, peristiwa, lokasi, situasi, dll Frame biasanya digunakan untuk merepre- sentasikan pengetahuan yang didasarkan pada karakteristik yang sudah dikenal, yang merupakan pengalaman

30 Struktur frame :

31 Frame dapat memiliki field tambahan yang
disebut Class Class dapat diisi sebuah nilai (misalnya : Object2) yang merupakan nama dari frame lain yang berhubungan dengan Object1

32 Elemen frame : Slot : kumpulan atribut/properti yang menjelaskan obyek yang direpresentasi oleh frame Facet (subslot) : menjelaskan pengetahuan atau prosedur dari atribut pada slot

33 Facet dapat berbentuk :
Value : nilai dari suatu atribut Default : nilai yang digunkan jika slot kosong atau tidak dideskripsikan pada frame instansiasi Range : menandakan jenis dari informasi yang dapat muncul pada slot tersebut (misalnya 0 sampai 100) If Added : berisi informasi prosedural yang berupa suatu tindakan yang akan dikerjakan jika nilai slot diisi atau diubah

34 If Needed : digunakan pada kasus dimana
tidak ada value pada slot. Suatu prosedur akan dikerjakan untuk memperoleh atau menghitung sebuah value Other : slot berisi frame, rule, semantic networks ataupun tipe lain dari informasi

35 Frame Kelas (Class) : Merepresentasikan karakteristik umum dari suatu obyek Dalam setiap frame kelas dapat didefinisikan properti-properti umum yang biasanya dimiliki oleh semua obyek dalam kelas tersebut

36

37 Frame Instansiasi(Instance) :
Instansiasi : kelas digunakan untuk mendeskripsikan suatu objek khusus dari kelas tersebut Frame tersebut secara otomatis mewarisi properti dan value dari kelas tersebut Dalam teknik pemrograman, frame dapat direpresentasikan dengan OOP

38

39 Contoh lain Frame : Kursi hotel Spesialisasi dari : kursi Kamar hotel
Tinggi : 20 – 40 cm Jumlah kaki : 4 Kegunaan : tempat duduk Contoh lain Frame : Kamar hotel Spesialisasi dari : kamar Tempat : hotel Isi : kursi hotel, telpon hotel, ranjang hotel Telpon hotel Spesialisasi dari : telpon Kegunaan : memanggil pelayan kamar Pembayaran : melalui kamar Kasur Superkelas : bantal Penetapan : perusahaan Ranjang hotel Superkelas : ranjang Kegunaan : tempat tidur Bagian : kasur

40 Representasi Pengetahuan IV

41 Script

42 Script: representasi pengetahuan yang
digambarkan sebagai urutan peristiwa Elemen-elemen script : Kondisi input Track (jalur) Prop (properti, pendukung) Role (peran) Scene (adegan) Hasil

43 Contoh : Script UAS Track : Ujian tertulis matakuliah AI
Role : Mahasiswa, Pengawas Prop : lembar soal, lembar jawaban, presensi, pena Kondisi Input : Mahasiswa terdaftar untuk ikut ujian Scene-1 : Persiapan Pengawas Pengawas menyiapkan lembar soal Pengawas menyiapkan lembar jawaban Pengawas menyiapkan lembar presensi Scene-2 : Mahasiswa Masuk Ruangan Pengawas mempersilakan mahasiswa masuk Pengawas membagikan lembar soal Pengawas membagikan lembar jawaban Pengawas memimpin doa

44 Scene-3 : Mahasiswa Mengerjakan Soal Ujian
Mahasiswa menulis identitas di lembar jawaban Mahasiswa menandatangani lembar jawaban Mahasiswa mengerjakan soal Mahasiswa mengecek jawaban Scene-4 : Mahasiswa Telah Selesai Ujian Pengawas mempersilakan mahasiswa keluar ruangan Mahasiswa mengumpulkan kembali lembar jawaban Mahasiswa keluar ruangan Scene-5 : Pengawas Mengemasi Lembar Jawaban Pengawas mengurutkan lembar jawaban Pengawas mengecek lembar jawaban dan presensi 3. Pengawas meninggalkan ruangan

45 Hasil : Mahasiswa merasa senang dan lega Mahasiswa merasa kecewa Mahasiswa pusing Mahasiswa memaki-maki Mahasiswa sangat bersyukur

46 TUGAS Gambarkan representasi jaringan semantik untuk informasi objek-objek berikut : Ann is the wife of Bill, Ann is the mother of Susan, Ann is the sister of Carol, Bill is the father of Susan, Tom is the husband of Susan, Susan is the mother of John, Tom is the father of John, David is the husband of Carol, Carol is the mother of Tom, David is the father of Tom.

47 Buatlah representasi pengetahuan
menggunakan frame untuk menggambarkan Personal Computer (PC)


Download ppt "Representasi Pengetahuan II."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google