Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Wireless and Mobile Computing
Teknik Informatika-S1
2
biodata Nama : Andik Setyono
Tempat/Tgl Lahir : Grobogan/12 Pebruari 1980 Pendidikan : S1-Sistem Informasi Udinus (lulus 2003) S2-Teknik Informtika Udinus (lulus 2005) S3-Teknologi Informasi MMU Malaysia (lulus 2012) Research Interest : Mobile Multimedia Computing and Communication Mata Kuliah Smt ini : Basis Data, Metodologi Penelitian, Interaksi Manusia dan Komputer, Wireless and Mobile Computing HP :
3
TUJUAN Tujuan dari mata kuliah ini adalah menghadirkan sebuah pemahaman yang mendalam mengenai permasalahan yang fundamental dalam area wireless dan mobile computing, dan mempelajari permasalahan yang ada serta solusi-solusinya dari perspektif penelitian dan pengembangannya. Mata kuliah ini juga melibatkan programming, tugas rumah, kuis dan tugas kelompok.
4
COURSE OUTLINE Pengantar Wireless and Mobile Computing
Perkembangan Teknologi Jaringan Wireless and Mobile Computing Platform dari Mobile terminal Software (Tools) Mobile Computing Mobile Security and Privacy Tantangan aplikasi mobile computing Global Positioning System (GPS) Human Computer Interaction OperasiKomputasi pada Perangkat Mobile Mobile Multimedia Aplikasi Mobile Multimedia pada Mobile Phone Pervasive Computing and Communication Pengembangan Aplikasi Mobile Untuk Bisnis
5
REFERENSI BUKU UTAMA Pei Zheng and Lionel Ni. (2006). Smart Phone and Next Generation Mobile Computing. Elsevier. ISBN 13: , ISBN 10: REFERENSI LAINNYA Frank Adelstein, Sandeep K. S. Gupta, Golden G. Richard III, and Loren Schwiebert. (2005). Fundamentals of Mobile and Pervasive Computing. McGraw-Hill. ISBN Adem Karahoca. (2012). Advances and Applications in Mobile Computing. InTech. ISBN Nuraksa Makodian dan Lingga Wardhana. (2010). Teknologi Wireless Communication dan Wireless Broadband. Penerbit ANDI. ISBN:
6
ASSESMENTS Keaktifan dan kehadiran : 10% Nilai Tugas: 30%
Mid Test: 30% Final Exam: 30%
7
Any Questions?
8
Apa itu Mobile Computing?
Suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan aplikasi pada piranti berukuran kecil, portable, dan wireless serta mendukung komunikasi. Sebuah teknologi yang mengijinkan transmisi data via sebuah komputer tanpa harus dikoneksikan pada sebuah fixed physical link (wireless atau nirkabel). Sekumpulan operasi-operasi komputasi yang mengizinkan seorang user untuk mengakses informasi dari peralatan portable (bisa dibawa kemana-mana) seperti notebook, PDA, cell phones, music players, portable game devices dan sebagainya.
9
Mobility (Anywhere and Anytime)
Karakteristik Mobile Computing i Mobility (Anywhere and Anytime) Jangkauan yang luas
10
TIMELINE OF MOBILE COMPUTING
1800’s: Electricity 1900’s: Komputer Pertama : Jaringan Komputer : Sistem Satelite : Teknologi Selular
11
KEUNTUNGAN MOBILE TECHNOLOGY
Pengaksesan Informasi setiap saat dan dimanapun Mobilitas tinggi tanpa kerumitan kabel (W-LAN) & Instalasi jaringan yang cepat Kompatibel yang tinggi dengan teknologi lain Cocok untuk daerah yang belum ada infrastruktur Reduksi biaya: dalam kasus pengembangan, pemindahan maupun perubahan konfigurasi LAN
12
KEKURANGAN MOBILE TECHNOLOGY
Harus LoS (Line of Sight) Security Interferences (pesawat?) Sensitif terhadap cuaca Keterbatasan jarak Izin penggunaan Frequency
13
WIRELESS COMMUNICATION (1)
14
WIRELESS COMMUNICATION (2)
Teknologi wireless telah dimanfaatkan oleh mobile computing berkaitan dengan mobilitas pengguna dan mobilitas perangkat. Mobile computing menggunakan wireless communications untuk membangun aplikasi dan layanan. Gagasan wireless telah umum digunakan untuk merujuk ke layanan selular yang disediakan oleh wireless service provider. Smart phone merujuk pada kelas baru dari cell phone yang bisa memfasilitasi akses dan pengolahan data dengan komputasi power yang signifikan (tinggi).
15
Wireless Communications
PARADIGMA COMPUTING Diagram konseptual dari beberapa gagasan yang berkaitan dengan mobile computing Pervasive Computing Mobile Computing Nomadic Computing Wireless Communications
16
PERVASIVE COMPUTING Pervasive = meresap
Pervasive computing adalah suatu lingkungan dimana sejumlah teknologi digunakan dan menyatu di dalam objek dan aktivitas manusia sehari-hari, sehingga kehadirannya tidak dirasakan sebagai sesuatu yang khusus (special). Contoh paling sederhana adalah “telepon selular”. Setiap orang sudah tidak melihatnya sebagai suatu perangkat khusus, tetapi itu adalah bagian dari setiap individu di dalam masyarakat modern.
17
MOBILE COMPUTING SAAT INI
Smart phones: ubiquitous perangkat mobile yang sesungguhnya. Selalu bersama kita, berfasilitas internet, berbasis lokasi Jumlah ekspektasi: 2 miliar pada tahun 2015 Applications: , web, location-based services, etc.
18
Rentang Devices & Koneksi
19
Teknologi Mobile
21
Research Issues in Mobile Computing
Wireless Communications Quality of connectivity Bandwidth limitations Mobility Location transparency Location dependency Portability Power limitations Display, processing, storage limitations
22
LIMITATIONS OF MOBILE COMPUTING
Insufficient Bandwidth Security Standards Power consumption Transmission interferences Potential health hazards (Potensi bahaya kesehatan-sering adanya kecelakaan)
23
CHALLENGES OF MOBILE COMPUTING
Disconnection Low Bandwidth High bandwidth variability Heterogeneous network Security risks
24
WEARABLE COMPUTER Suatu computer yang “ditanamkan / embedded” di dalam sebuah peralatan yang dapat digunakan oleh manusia
27
KEUNTUNGAN MOBILE TECHNOLOGY
Extreme Personalization – Ponsel diantara dompet dan kunci motor – Tempat menyimpan segala informasi pribadi Pengaksesan Informasi setiap saat dan dimanapun – Memungkinkan kita untuk bekerja, belanja atau bermain tanpa batasan waktu dan tempat (asal terhubung!) • Mobilitas tinggi tanpa kerumitan kabel (W-LAN) & Instalasi jaringan yang cepat • Kompatibel yang tinggi dengan teknologi lain – Standarisasi perangkat • Cocok untuk daerah yang belum ada infrastruktur • Reduksi biaya : dalam kasus pengembangan, pemindahan maupun perubahan konfigurasi LAN
28
Siapa yang membutuhkan komputasi bergerak?
1. Kendaraan
29
Siapa yang membutuhkan komputasi bergerak?
1. Kendaraan
30
Siapa yang membutuhkan komputasi bergerak?
2. Intelligent office and house
31
Siapa yang membutuhkan komputasi bergerak?
3. Polisi
32
Siapa yang membutuhkan komputasi bergerak?
3. Penanganan Bencana
33
Questions What is a smart phone?
What are the differences between a smart phone and a cell phone? What are the implications of mobile computing? How does mobile computing relate to wireless communication?
34
Any Question?
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.