Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENYUSUNAN PANDUAN LAPANGAN ELEKTRONIK

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENYUSUNAN PANDUAN LAPANGAN ELEKTRONIK"— Transcript presentasi:

1 PENYUSUNAN PANDUAN LAPANGAN ELEKTRONIK
HABITAT BURUNG DILINGKUNGAN F.MIPA UNY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN LINGKUNGAN HIDUP UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS Oleh : Sudarsono Rio Christy Handziko Aghnan Pramudihasan Andri Nugroho Bowo Prakoso Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam Universitas Negeri Yogyakarta

2 Latar Belakang Kesadaran lingkungan yang rendah
Jurusan pendidikan biologi menjadi garda terdepan untuk melaksanakan pendidikan lingkungan Alat bantu (media belajar) pendidikan lingkungan

3 Kesadaran lingkungan yang rendah
Kesadaran lingkungan belum terbangun dengan baik salah satu penyebabnya adalah karena masyarakat kurang mengenal komponen penyusun lingkungan dan perannya dalam ekosistem/ lingkungan dengan baik Biotik dan abiotic sebagai komponen ekosistem. Biotik focus pada burung dan tumbuhan yang memiliki peran langsung terhadap kehidupan burung.

4 Pendidikan Lingkungan
Jurusan pendidikan biologi menjadi garda terdepan untuk menyelenggarakan pendidikan lingkungan. Membenahi muatan dan proses belajar pendidikan lingkungan Sasarannya siswa SMA Pendidikan lingkungan memang menjadi tanggung jawab bersama, tapi jurusan pendidikan biologilah yang menjadi barisan depan sehingga jurusan pendidikan bio UNY menjadi pusat pembelajaran masyarakat Siswa sma sebagai usia dengan tingkat kesadaran lingkungan paing rendah

5 Media Pembelajaran Mengenalkan komponen biotik sebagai penyusun ekosistem. Mengenalkan peran burung dan habitatnya. Mudah dibawa, mudah diakses, kapan saja, dimana saja. Media pembelajaran PL mampu memberikan pengetahuan baru tentang komponen biotik yang menyusunnya. Media pembelajaran PL mampu memberikan pengetahuan baru tentang peran setiap individu organisme Media pembelajaran PL mampu diakses kapan saja dan dimana saja, agar pengguna dapat terus belajar sesuai dengan gaya dan waktu belajarnya masing masing. spesifikasi media

6 Rumusan Masalah Apakah keberadaan burung dilingkungan F.MIPA UNY dapat dijadikan sumber belajar untuk pembuatan panduan lapangan elektronik untuk media pembelajaran saat pengamatan burung?

7 Rumusan Masalah Bagaimana kualitas produk menurut ahli media pembelajaran biologi terkait dengan kelaikan buku panduan lapangan elektronik habitat dan jenis burung kampus FMIPA UNY sebagai media pembelajaran lingkungan hidup tematik.

8 Rumusan Masalah Bagaimana respon dan tanggapan siswa dalam uji terbatas, terkait dengan kelaikan buku panduan lapangan elektronik habitat dan jenis burung kampus FMIPA UNY sebagai media pembelajaran lingkungan hidup tematik?.

9 Tujuan Penelitian Menghasilkan media pembelajaran berupa buku panduan lapangan elektronik untuk pendidikan lingkungan hidup tematik.

10 Tujuan Penelitian Mengetahui respon dan tanggapan ahli media pembelajaran biologi terkait dengan kelaikan buku panduan lapangan elektronik habitat dan jenis burung kampus FMIPA UNY sebagai media pembelajaran lingkungan hidup tematik

11 Tujuan Penelitian Mengetahui respon dan tanggapan siswa dalam uji terbatas, terkait dengan kelaikan buku panduan lapangan elektronik habitat dan jenis burung kampus FMIPA UNY sebagai media pembelajaran lingkungan hidup tematik.

12 Metodologi Penelitian
Jenis penelitian Lokasi penelitian Subjek penelitian Variabel penelitian Instrumen penelitian Analisis data

13 Jenis Penelitian Penelitian ini merupakan penelitian R & D.
Metode pengembangan, mengacu pada Thiagarajan dan Semmel (1974:5) yang lebih dikenal dengan nama 4-D. Define, Design, Develop and Disseminate.

14 Lokasi dan Waktu Penelitian
Penelitian penyusunan media dilakukan dikampus FMIPA UNY. Penelitiannya berupa pendataan habitat dan identifikasi jenis-jenis burung, dilakukan dibulan Mei-Juni 2016. Penyusunan media dilakukan di Sekretariat Kelompok Pecinta Burung BIONIC, Jurusan Pendidikan Biologi pada bulan Juli 2016. Pengujian media dilakukan di bulan Agustus-September 2016.

15 Subjek Penelitian 30 Siswa yang tergabung dalam Kelompok Ilmiah Remaja di SMA sekitar kampus UNY. SMAN 6 Yogyakarta MAN 1 Yogyakarta SMA Colombo

16 Variabel Penelitian Media pembelajaran berupa e-book
Kelaikan media oleh ahli. (ahli media, ahli materi) Respon siswa terhadap media

17 Instrumen Penelitian Lembar validasi untuk penilaian dari para ahli
Lembar kuisioner untuk siswa

18 Analisis Penelitian Data yang terkumpul akan dianalisis secara kuantitatif

19 Jadwal Penelitian No Tahapan Kegiatan Bulan ke… 1 2 3 4 5 6 1.
Persiapan (rapat, alat dan seminar) 2. Penelitian Pendataan dan identifikasi jenis burung kampus Penyusunan media, penambahan referensi dan pengaturan format media 3. Pengembangan Uji validitas panduan lapangan elektronik oleh ahli media dan ahli materi (burung) Revisi buku panduan lapangan elektronik berdasar evaluasi expert judgement

20 Jadwal Penelitian 4. Pengujian Pematerian ruang untuk siswa
Buku panduan lapangan elektronik diujikan kepada 30 siswa untuk mendapatkan respon dan tanggapannya 5. Pelaporan hasil Analisis data dan pembahasan Penyusunan laporan dan seminar hasil

21 Personalia Penelitian
Sudarsono : mengkaji habitat burung dan tumbuhannya Rio Christy Handziko : mengkaji media pembelajaran yang akan disusun Aghnan Pramudihasan, Andri Nugroho, Bowo Prakoso : ketiganya, akan mengkaji burung dan perilakunya

22 Data Hasil Penelitian Penilaian reviewer materi No. Aspek Penilaian
Skor Rerata 1. Kualitas Materi 3,625 2. Kualitas Bahasa 3,375 3. Kualitas Visual 3,5 4. Kualitas Grafis 3,83 5. Interaksi Media

23 Data Hasil Penelitian Penilaian reviewer media No. Aspek Penilaian
Skor Rerata 1. Keterbacaan Teks 3,5 2. Keserasian Warna 4 3. Tata Letak 3,25 4. Kesesuaian Ukuran 5. Interaksi Media

24 Data Hasil Penelitian Penilaian siswa terhadap media No.
Aspek Penilaian Skor Rerata 1. Keterbacaan Teks 3,39 2. Keserasian Warna 3,32 3. Tata Letak 3,33 4. Kesesuaian Ukuran 3,14 5. Interaksi Media 3,25

25 Data Hasil Penelitian Penilaian siswa terhadap penggunaan media No.
Aspek Penerapan Media Skor Rerata 1. Aspek Kemudahan Pemahaman 3,35 2. Aspek Pembelajaran Lapangan 3,26 3. Aspek Kemudahan Penggunaan 3,29

26 Pembahasan Dari data penilaian oleh expert judgement, menghasilkan rerata dengan nilai yang kesemuanya diatas 3. Hal tersebut berarti, untuk penilaian materi dan media memiliki kualitas yang baik dan dapat diterapkan sebagai media pembelajaran lingkungan hidup berupa habitat burung.

27 Pembahasan Setelah expert judgement memberikan review, produk lantas digunakan oleh siswa saat saat pengamatan lapangan. Hasil respon siswa tentang produk mendapatkan hasil dikesemua aspek mendapatkan skor lebih dari 3. Setelah produk digunakan, lalu dimintakan responnya pada siswa tentang penggunaan produk, kesemua aspek penggunaan produk mendapatkan skor lebih dari 3. Hal tersebut artinya, siswa merasa produk yang dihasilkan berkualitas baik dan mudah digunakan.

28 Simpulan Burung dan habitatnya memiliki potensi untuk diangkat menjadi media pembelajaran pendidikan lingkungan. Produk media pembelajaran berisi burung dan habitatnya, mendapatkan predikat laik untuk media pembelajaran pendidikan lingkungan ditinjau dari materi dan medianya. Produk media pembelajaran berisi burung dan habitatnya, mendapatkan predikat laik dari siswa pengguna dan siswa merasa proses pembelajaran menjadi lebih mudah.

29 Saran Ukuran file produk diperkecil, agar tidak membutuhkan waktu loading yang terlalu lama Lebih banyak tumbuhan sebagai habitat burung Membuat produk dengan pilihan lokasi lain atau dengan objek biologi lainnya

30 Terima Kasih Kepada Dekan Fakultas MIPA, atas terselenggaranya kegiatan penelitian ini. Tim penelitian penyusunan e-field guide untuk kegiatan pengamatan burung untuk siswa SMA. Rekan rekan HIMA dan Bionic. Rekan rekan KIR SMAN 6 Yogyakarta, MAN 1 Yogyakarta dan SMA Colombo. Rekan lainnya yang tak dapat disebutkan secara rinci dan satu persatu


Download ppt "PENYUSUNAN PANDUAN LAPANGAN ELEKTRONIK"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google