Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
DESAIN SISTEM
2
Apa itu Desain? Representasi rekayasa yang punya arti dari sesuatu yang akan dibuat. Dalam konteks RPL, meliputi: data, architecture, interfaces, and components
3
Pekerjaan Desain Desain data : struktur, relasi.
Desain arsitektur : relasi elemen struktural utama perangkat lunak. Desain antarmuka : terhadap dirinya sendiri, dengan sistem lain & user. Desain level komponen : menerjemahkan struktur elemen menjadi deskripsi prosedur.
5
Proses Desain Desain yang baik: Mengakomodasi semua kebutuhan sistem.
Dapat dibaca & dipahami. Menyajikan gambaran utuh perangkat lunak : data, fungsi, tingkah laku.
6
Konsep Desain Abstraksi : membuat gambaran umum tentang data, prosedur maupun kendali. Refinement : menerjemahkan bentuk umum menjadi detailnya. Modularitas : membagi perangkat lunak menjadi komponen-komponen yang lebih kecil. Arsitektur perangkat lunak : menggambarkan keterhubungan antar komponen perangkat lunak yang terpadu. Hirarki kendali : menggambarkan organisasi komponen.
7
Contoh Hirarki Kendali
8
Konsep Desain (2) Partisi struktural : mengelompokkan berdasar hirarki komponen perangkat lunak. Struktur data : relasi logis antara elemen data individu array, linked list, stack, queue, etc. Prosedur perangkat lunak : menjelaskan urutan proses dan pengambilan keputusan. Penyembunyian informasi : prosedur dan data sebuah modul tidak dapat diakses oleh modul lain yang tidak memerlukan informasi tersebut.
10
Isi Dokumentasi Desain
Ruang lingkup desain berdasar spesifikasi sistem. Desain data database, file. Desain arsitektur. Desain antarmuka. Desain komponen. Batasan desain ex. memori. Data tambahan algoritma, data tabular, dll
11
Desain Arsitektur Arsitektur perangkat lunak adalah struktur sistem yang menggambarkan komponen perangkat lunak, properties-nya dan relasi diantaranya. Arsitektur perangkat lunak terdiri dari desain data dan desain arsitektur.
12
Desain Data Menerjemahkan ERD di tahap analisa kebutuhan menjadi model data/ informasi dalam sudut pandang pengguna atau customer. Tambahan: Dalam Power Designer dikenal sebagai Physical Data Modelling (PDM).
13
Gaya Arsitektur Data centered
14
Gaya Arsitektur Data flow
15
Gaya Arsitektur Call and return : menggambarkan hubungan antara program utama dan sub program. Object oriented : membungkus data dan operasi menjadi satu. Berlapis/ layered.
17
Desain Antarmuka Aturan “emas”: Tempatkan user dalam kendali.
Kurangi penggunaan memori oleh user. Buatlah antarmuka yang konsisten.
18
Proses Desain Antarmuka
21
Desain Level Komponen Disebut juga desain prosedur.
Desain data, arsitektur, dan antarmuka harus diterjemahkan menjadi perangkat lunak yang bisa dijalankan. Bentuknya: Notasi grafis : flowchart. Notasi tabular : tabel. Program Desain Language : pseudocode.
22
Contoh Flowchart
23
Contoh Tabular
24
Contoh Pseudocode
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.