Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehInge Susman Telah diubah "7 tahun yang lalu
1
29/11/2017 Pokok Bahasan 01 Pengenalan TIK
2
29/11/2017 PTI
3
Definisi Komputer 29/11/2017 Dr bhs Latin: computare (menghitung=to compute/to reckon) Robert H. Blissmer (1986): Alat elektronik yg mampu melaksanakan beberapa tugas: menerima input, memproses input sesuai dg program-nya, menyimpan perintah & hasil dari pengolahan, menyediakan output dalam bentuk informasi Donald H. Sanders (1985): Sistem elek tronik u/ memanipulasi data yg cepat & tepat serta dirancang & di-organisasi-kan supaya secara otomatis menerima & menyimpan data input, memprosesnya, & menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah2 pernyataan2 stored program
4
V.C. Hamacher, Z.G.; Vranesic, S.G. Zaky:
29/11/2017 V.C. Hamacher, Z.G.; Vranesic, S.G. Zaky: Mesin penghitung elektronik yg cepat, dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dg suatu stored program & menghasilkan output informasi William M. Fuori (1973): Data processor yg dapat melakukan perhitungan yg besar & cepat, termasuk perhitungan aritmatika yg besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia yg mengoperasikan selama pemrosesan Gordon B. Davis (1981): Tipe khusus alat penghitung yg mempunyai sifat tertentu yg pasti Jogiyanto HM (1992): Alat elektronik yg dapat menerima input data, dapat mengolah data, dapat memberikan informasi, menggunakan stored program, dapat menyimpan program & hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis
5
Aplikasi Komputer Administration Manufacture Banking Military
Business Science Economic Transportation Education Games Engineering etc… Goverment
6
Penggolongan Komputer
Berdasar data yg diolah analog, digital, hybrid Berdasar penggunaan special purpose, general purpose Berdasar ukuran/kemampuan mengolah data Micro Computer/Personal Computer, Mini Computer, Small Computer (Smale-Scale Mainframe Computer), Medium Computer (Medium-Scale Mainframe Computer), Large Computer (Mainframe Computer), Super Computer Berdasar bentuk tower, desktop, portable, notebook, sub notebook, palmtop
7
Analog computer Desktop computer Mini computer Digital computer Tower computer Portable computer Hybrid computer Mainframe Palmtop
8
Perkembangan Perangkat Keras
Alat manual tulang ( SM); petroglyphs ( SM); lempengan tanah liat (9.000 SM); Tablet tanah liat (5.000 SM dan 3500 SM); Tablet tanah liat dan papyrus (2600 SM); abacus (2500); batu terstruktur (1900 SM); tali bersimpul/quipus (1200 SM); lempengan kayu dan kulit binatang (400 SM); kertas (1150); abacus (1200); alat cetak (1455); Napier’s bones (1614); Oughtred’s slide rule (1621)
9
Alat mekanik mesin hitung I (1623); mesin hitung otomatis I (1642); mesin pengali I (1666); mesin hitung Leibnitz’s (1673); mesin logika I (1777); mesin kartu plong I (1804); mesin hitung komersial sukses I (1820); Babbage’s difference engine (1822); Babbage’s analytical engine (1833); mesin penghitung dengan keyboard I (1850); aljabar boolean I (1854); the adder (1868); mesin aljabar boolean I (1869); the Baldwin (1872); Odhner’s adding machine (1874); mesin kas I (1879); mesin hitung dengan alat cetak 1(1884); Macaroni box (1885); the first comptometer (1887); mesin hitung saintifik I (1893); Monroe calculator (1911)
10
Alat mekanik elektronik
mesin tabulasi kartu plong mekanik-elektronik I (1890); mesin penghitung otomatis I (1920); komputer analog I (1931); mesin hitung meknik-elektronik I (1938)
11
Generasi Komputer Digital elektronik I (1942) Generasi I (1946-1959)
29/11/2017 Generasi Komputer Digital elektronik I (1942) Harvard Mark I ASCC (1944) Generasi I ( ) Generasi II ( ) Generasi III ( ) Generasi IV (1970) Generasi V (1990) PI PII PIII P4, …. Generasi mendatang Komputer mempunyai kemampuan menyerupai manusia
12
Perkembangan Perangkat Lunak
Sebelum komputer generasi I Semasa komputer generasi I Bhs pemrograman tingkat tinggi: FORTRAN (1957); LISP (1958); ALGOL (1958); COBOL (1959); Logo (1960); GPSS (1961); APL (1962); BASIC (1964); PL/I (1966); Program terstruktur I (1968); PILOT (1968); FORTH (1969); Pascal (1970); SHRDLU (1971); SAM76 (1971); PROLOG (1972); Smaltalk (1972); C (1974); COMAL (1974); BASIC untuk PC (1975); Modula-2 (1977); Ada (1979) Sljtnya perkembangan terjadi sangat cepat, mis: Visual dBase, Visual Foxpro, Visual Basic, C++, Java, etc
13
Paket aplikasi: Electric pencil (1976); WordStar (1979); Apple Writer (1979); VisiCalc (1979); dBase-III (1981); Lotus (1982) Selanjutnya perkembangan terjadi sangat cepat, berbasis visual, OOP OS: OS 1 (1954); OS untuk mini computer 1 (1960); UNIX (1969); CP/M (1970); MS DOS (1980); IBM OS/2 (1987); MS WINDOWS; Novell; Linux, …
14
Kelebihan Komputer Cepat Tepat Kapasitas besar milisecond (1/1000)
microsecond (1/ ) nanosecond (1/ ) picosecond (1/ ) Asumsi: manusia mampu melaksanakan 1 operasi/1 detik Jika kecepatan komputer adalah picosecond maka 1 detik operasi komputer = 1 triliun detik = tahun Tepat Kapasitas besar
15
Kelemahan komputer: Kesalahan komputer hanya terjadi jika :
Metal fatique Invalid input Kelemahan komputer: Tidak mempunyai inisiatif Tidak dapat beradaptasi Tidak mempunyai perasaan
16
Early Computers Babbage’s Analytical Engine ENIAC
20
Typical of PC System
21
Struktur komputer
22
Komponen utama: Input device Output device Processor Memory
23
Komponen pendukung: I/O Ports Data Bus Address Bus Control Bus
Menerima / mengirim data ke luar sistem Data Bus Jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer Lebar data bus menentukan kinerja sistem Bersifat bidirectional Sebagai jalur u/ proses membaca & menerima data oleh CPU 8, 16, 32, 64 jalur secara paralel Address Bus Memberikan tanda lokasi sumber atas tujuan transfer data 16, 20, 24, 32 jalur secara paralel Control Bus Mengontrol penggunaan & akses ke data bus & address bus jalur secara paralel
24
Trackball Handprint Reader Barcode Reader Input device Image Scanner
25
Terminal Dumb terminal ATM Point of SalesTerminal Output device
26
Plotter untuk mencetak keluaran di atas kertas ukuran sangat besar
27
Monitor softcopy device Jenis: Monochrome CGA (Color Graphics Adapter)
EGA (Enhanced Graphics Adapter) VGA (Video Graphics Array) SVGA (Super VGA)
28
16:9 on high definition displays
Aspect ratio: x pixels to y pixels 4:3 on most PCs 16:9 on high definition displays Display screen
29
Warna tampilan Warna pixel ditentukan oleh intensitas warna – RGB
Warna 4 bit 16 x 16 x 16 = warna Warna 24 bit (True Color) 16.7 juta warna Perlu Video memory yg signifikan
32
Printer Dot vs pixel Tipe 300-2400 dpi vs 70-100 pixel per inchi
Dot on atau off vs pixel memiliki intensitas Tipe Typewriter / Daisy wheels – obsolete Dot matrix – 24 pins, pengaruh pada hasil cetakan Inkjet Laserjet Thermal wax transfer Dye Sublimation
33
29/11/2017 Pembuatan Gray Scale
34
29/11/2017 dot matrix printer inkjet printer laser printer
35
Processor Control Unit: Mengatur & mengendalikan I/O device
Mengambil pernyataan-2 dari memori utama Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses Mengirim pernyataan ke ALU Apabila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika mengawasi kerja ALU Menyimpan hasil proses ke memori utama
36
ALU (Arithmatic Logic Unit)
Melaksanakan operasi aritmatika / DIV MOD Melaksanakan operasi logika = <= >= < > <> Melaksanakan operasi boolean AND, OR, NOT, XOR
37
Control Unit dalam CPU
38
F T Operand 1 Operand 2 Hasil Operasi AND OR XOR
Tabel kebenaran ungkapan mengunakan operator logika/boolean
39
Ungkapan Hasil 2 + 3 2 * 3 7 * MOD 3 * 4 + 9 2 * 3.0 (7 * (10 - 5) MOD 3 * 4 + 9) 2.0 * 3 1 > 2 2.0 * 3.0 2 < 22 8 / 2 7 / 2.0 TRUE > FALSE 7.0 / 2 7.0 / 2.0 ‘A’ > ‘B’ 7 DIV 2 7 DIV 3 FALSE OR NOT (2 < 1) 7 MOD 2 -7 MOD 2 TRUE XOR FALSE 7 MOD 3 7 MOD -2 TRUE AND FALSE OR TRUE 2 + 3 * 4 -7 MOD -2 NOT TRUE XOR FALSE (2 + 3) * 4 7 DIV 2 * 3 NOT TRUE OR NOT FALSE AND TRUE 3 MOD 7 / 2 * 3 (3 > 5) AND (5 < 2) XOR TRUE 3 + 2 MOD 2 (‘A’ > ’a’) OR (‘A’ > ’B’) ‘AGUS’ < ‘agus’ Contoh ungkapan dan nilai yang dihasilkan
40
Memory Jenis Memory Berdasar hilang tidaknya data saat komputer mati
Berdasar cara pembacaan Berdasar kemampuan dibaca-ditulisi Berdasar hilang tidaknya data saat komputer mati Volatile memory data akan hilang jika listrik mati Contoh: RAM Nonvolatile memory data tidak hilang jika listrik mati Contoh: disk
41
Berdasar cara pembacaan Sequential Access Memory urut
Contoh: magnetic tape Random Access Memory langsung Contoh: RAM, disk Berdasar kemampuan dibaca-ditulisi ROM Hny dpt dibaca Contoh: IC-ROM RW Memory dpt dibaca- ditulisi Contoh: IC-RAM, disk
42
Register memori berukuran sgt kecil dg kecepatan tinggi
u/ menyimpan data & pernyataan yg sdg diproses data & pernyataan lain yg menunggu proses, disimpan dlm main memory Tda: Instruction Register (IR) menyimpan pernyataan yg sdg diproses Program Counter (PC) menyimpan alm main memory yg berisi pernyataan yg sdg diproses General purpose register (GPR) mpy berbagai fungsi yg berhub dg data yg sdg diproses Misal: operand register, accumulator Memory Data Register (MDR) menampung data a/ pernyataan yg dikirim dr main memory ke CPU a/ menampung data hsl olahan yg akan disimpan ke main memory Memory Address Register (MAR) menampung alm data a/ pernyataan pd main memory
43
Contoh: Cache memory memori sekunder kecepatan tinggi yg digunakan utk me+ kinerja Me+efisiensi kerja CPU Me-waktu terbuang Terdiri atas: Internal u/ komputasi kecepatan tinggi External u/ buffer program & data
44
Untuk menyimpan sementara data & program Berada dalam main memory
Struktur: Input storage Program storage Working storage Output storage 1Mb, 4Mb, 8Mb, 16Mb, 32Mb, 64Mb, 128Mb, 256Mb, 512Mb, ….
45
ROM Hanya dapat dibaca Pengisian oleh pabrik Berisi Operating System mengatur tampilan karakter di monitor penggunaan keyboard bootstrap program sekumpulan pernyataan microinstruction atau firmware Bersifat non volatile ROM yang dapat diprogram kembali: PROM (Programmable Read Only Memory) hanya dapat diprogram ulang 1x EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) Dapat dihapus dengan sinar ultraviolet Dapat diprogram kembali berulang kali EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory) Dapat dihapus secara elektronik
46
Magnetic Tape Bentuk : pita panjang Bahan : mylar yang dimagnetisasi
ferrum oxide a/ chromic oxid Kerapatan : tinggi, Bpi Kerapatan standar: 800 a/ 1600 Bpi Kecepatan : inchi/detik Lebar pita : 0,5 inchi Tebal pita : 0.15 inchi (=3.88mm) 0.25 inchi (6.4mm) Panjang pita : 300, 600, 1200, 2400 feet per reel Metode : blocking a/ non-blocking Lebar IRG : 0,12-0,6 inchi Lebar IBG : inchi
47
Magnetic Tape Resiko : Sensitif terhadap distorsi Debu Kelembaban
Suhu tinggi Akses : sequential Transfer rate : lambat off line Jumlah track : 7 atau 9 7 track untuk kode BCD 9 track u/ kode EBCDIC Parity bit
48
Magnetic Tape Contoh : pita kaset, real tape Teknologi baru
kualitas head semakin baik data dencity semakin tinggi gap semakin sempit
52
Harddisk Bahan : logam dilapisi ferro oxide + bh yg mdh termagnetisasi
Struktur : tersusun atas sejml disk Jumlah track : s/d 200 track Jumlah head : tergantung jml disk penyusun Kecepatan : s/d …???……. RPM Kapasitas : s/d …???……. Gb (minimal 500 Gb)
54
Cylinder, sector, track pada harddisk
55
Contoh hard disk
56
Hard disk layout
57
Removable hard disk Prinsip = hard disk Berupa cartridge
dpt dipasang & dilepas Berupa cartridge dipasang pd removable rack Removeable rack tersambung ke power supply & kabel data
58
Bahan : mylar yg dilapisi bahan magnetic Susunan : serial
Floppy Disk Bahan : mylar yg dilapisi bahan magnetic Susunan : serial track sector Hole : 1 (soft sectored) 2 (hard sectored) Kapasitas : s/d 1,4 MB
59
Contoh floppy disk/disket
Contoh disk drive
61
Paramater memory sekunder:
Kecepatan akses Metode akses Memory sekunder dibedakan berdasar: Komponen penyusun Media penyimpan
62
Memory sekunder berdasar komponen penyusun
Semicondustor memory Mechanical memory
63
Semicondustor memory Bahan semikonduktor Transistor Resistor Capasitor
Tdk mengandung unsur mekanis Contoh: IC-RAM Kecepatan access tinggi : 12,5-100MB/s Digunakan sbg main memory Transfer data random a/ direct RAM tda: Static RAM / SRAM Dinamic RAM / DRAM
64
Terbuat dr gerbang flip-flop (unit satuan terkecil memori) Statis
Static RAM / SRAM Terbuat dr gerbang flip-flop (unit satuan terkecil memori) Statis Data tidak hilang saat listrik mati Transfer data tinggi Umumnya digunakan sbg cache memory kecepatan tinggi Sbg buffer atr CPU & DRAM Ukuran besar Kapasitas chip < DRAM Contoh: SIMM-RAM (Single Inline Memory Modul - RAM) Kapasitas 1 slot 4, 8, 16, 32, 64, 132, 256 MB, ……???……
65
Terbuat dr bhn kapasitor
Dinamic RAM / DRAM Terbuat dr bhn kapasitor Metode penyimpanan menggunakan prinsip pengisian muatan pd kapasitor Pd stp periode ttt muatan kapasitor akan hilang / bocor Perlu diisi kembali (refresh) Proses refresh me- kecepatan transfer data Ukuran kecil Contoh: EDO-RAM (Enhanced Data Output - RAM)
66
PROM Dinamic RAM / DRAM Static RAM / SRAM EPROM SDRAM 168 pin EDORAM (Extended Data Out RAM ) 72 pin EEPROM
67
Pembacaan-penulisan melibatkan unsur mekanis
Mechanical memory Bhn semikonduktor mekanis Pembacaan-penulisan melibatkan unsur mekanis Unsur mekanis: Rotasi Translasi Gesekan Kecepatan transfer data rendah < IC-RAM Contoh: disket
68
Optical disk Prinsip optis
Ber-dsr-kan pantulan cahaya (sinar laser) pd head baca Pembacan tdk melibatkan kontak fisik atr head & disk Kecepatan penulisan < pembacaan Lbh awet, tahan thd jamur Pembacaan random Mpy kemampuan read -write Kapasitas besar Ukr kecil Contoh: CD ROM Hny dpt dibaca Kecepatan 1x=CD player, 2x, 4x=kecepatan disket 3,5” CD-RW Dpt dibaca-ditulisi Kecepatan 2x=untuk tulis, 6x dan 8x = untuk baca-tulis
69
“BELUM ADA JUDUL”
70
CD-R Layout
72
Magnetic storage Berbentuk disk a/ tape Menggunakan bh serbuk magnet Akess data menggunakan prinsip induksi magnetis Terdiri atas : Magnetic tape Magnetic disk
73
Sistem Komputer Komputer dpt bekerja jk membentuk suatu sistem Tdd: HW
Komponen utama Komponen pendukung SW OS PL Appl BW A P O
74
SW Mrpk serangkaian pernyataan dg aturan ttt yg mengatur operasi HW Tdd: OS PL QL App
75
OS Programming Language Query language
Mengendalikan resources selama proses berlangsung Fungsi: Mengalokasikan memori & pekerjaan Penjadwalan pekerjaan Programming Language u/ pengembangan PA 4GL: Machine language Assembly language Programming language Application Query language
76
Manusia Operator Programmer System analyst Manajer Teknisi DBA
Spesialis etc
77
Cara kerja sistem komputer
78
Cara kerja sistem komputer
79
Bgmn Anda berkomunikasi dgn:
Anak usia 1 tahun ? Seseorang berusia 95 tahun ? Turis Inggris ? Turis Jerman ? Turis Jepang ? Turis Amerika ? Komputer ?
80
Bahasa Komputer = Biner = 0 & 1
On Off True False Yes No 1
81
Bahasa Komputer adl bhs 0 & 1
Perlu penerjemah Compiler Interpreter 3 tahap eksekusi perintah: Compilation menerjemahkan mjd object program Linking menggabungkan object program dg komponen lain mjd executable machine Execution pelaksanaan pernyataan dlm program
82
3 tahap eksekusi instruksi
Source program Compiler / Interpreter Object program Executable machine Output Waktu kompilasi Waktu proses 3 tahap eksekusi instruksi
83
Data Sumber Input Binary Input Analog Input discrete
29/11/2017 Data Sumber Input Binary Input discrete Misal: inputan keyboard A 1+2=3 math Keyboard membangkitkan kode biner u/ stp tombol Input Analog Data continuous sound a/ image Perlu hardware u/ konversi ke bilangan biner Computer … Input device 1+2=3
84
Representasi Data Type Data Standard Alphanumeric
29/11/2017 Representasi Data Type Data Standard Alphanumeric Unicode, ASCII, EDCDIC Image (bitmapped) GIF (graphical image format) TIF (tagged image file format) PNG (portable network graphics) Image (object) PostScript, JPEG, SWF (Macromedia Flash), SVG Outline graphics and fonts PostScript, TrueType Sound WAV, AVI, MP3, MIDI, WMA Page description PDF (Adobe Portable Document Format), HTML, XML Video Quicktime, MPEG-2, RealVideo, WMV
85
Digunakan u/ manipulasi matematis Tipe
29/11/2017 Data Numerik Digunakan u/ manipulasi matematis Add, subtract, multiply, divide Tipe Integer Real
86
Representasi Karakter
29/11/2017 Representasi Karakter ASCII – plg byk dipakai EBCDIC: khusus IBM mainframe (legacy) Unicode: u/ kebutuhan yg luas
87
Dikembangkan o/ American National Standards Institute Representasi
29/11/2017 ASCII Dikembangkan o/ American National Standards Institute Representasi Alphabet Latin, angka Arab, karakter Karakter khusus ASCII 7-bit : 128 character
88
Tabel ASCII 7416 111 0100 29/11/2017 | MSD LSD 1 2 3 4 5 6 7 NUL DLE
1 2 3 4 5 6 7 NUL DLE SP @ P p SOH DC1 ! A Q a W STX DC2 “ B R b r ETX DC3 # C S c s EOT DC4 $ D T d t ENQ NAK % E U e u ACJ SYN & F V f v BEL ETB ‘ G g w 8 BS CAN ( H X h x 9 HT EM ) I Y i y LF SUB * : J Z j z VT ESC + ; K [ k { FF FS , < L \ l | CR GS - = M ] m } SO RS . > N ^ n ~ SI US / ? O _ o DEL 7416
89
EBCDIC Extended Binary Coded Decimal Interchange Code
29/11/2017 EBCDIC Extended Binary Coded Decimal Interchange Code Dikembangkan o/ IBM Hny u/ IBM a/ IBM compatible mainframes Kode Character berbeda dgn ASCII ASCII EBCDIC Space 2016 4016 A 4116 C116 b 6216 8216
90
Unicode 16-bit 65,536 character ASCII Latin Multilingual
29/11/2017 Unicode 16-bit 65,536 character ASCII Latin 0 – 255 kode ASCII Multilingual
91
Data Gambar Photo, gambar, icon, lukisan, bagan, grafik Pendekatan:
29/11/2017 Data Gambar Photo, gambar, icon, lukisan, bagan, grafik Pendekatan: Bitmap a/ raster images Object a/ vector images Perbedaan: Kualitas gambar Ukuran memory yg dibutuhkan Waktu u/ pengiriman data Kemudahan modifikasi
92
Data Suara Waveform audio: representasi digital u/ suara
29/11/2017 Data Suara Waveform audio: representasi digital u/ suara MIDI (Musical Instrument Digital Interface) Suara analog dikonversi ke nilai digital dgn A-to-D converter
93
Sistem bilangan biner 1 10 11 100, …
94
Sistem bilangan oktal 1 2 3 4 5 6 7 10 11 12, …
95
Sistem bilangan decimal
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12, …
96
Sistem bilangan hexadecimal
1 2 3 4 5 6 7 8 9 A B C D E F 10 11 12, …
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.