Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Java GUI PBO.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Java GUI PBO."— Transcript presentasi:

1 Java GUI PBO

2 Konsep Graphical User Interface (GUI) di Java

3 API untuk Aplikasi GUI di Java
1. AWT (Abstract Window Toolkit): Library dan komponen GUI (java.awt) yang pertama kali diperkenalkan oleh Java, Sun tidak merekomendasikan lagi penggunaan komponen GUI dari AWT 2. Swing atau JFC (Java Foundation Class): Library dan komponen GUI (javax.swing) terbaru dari Java dan yang direkomendasikan Sun untuk pemrograman GUI. Komponen Swing sebagian besar adalah turunan AWT dan lebih lengkap daripada AWT komponen AWT & Swing dapat digunakan bersama

4 Komponen AWT

5 AWT

6 Contoh membuat aplikasi GUI
import java.awt.*; public class SampleFrame extends Frame { public static void main(String args[]) { SampleFrame sf = new SampleFrame(); sf.setSize(100, 100); sf.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE); sf.setVisible(true); }

7 Contoh membuat aplikasi graphic
import java.awt.*; public class GraphicPanel extends Panel { GraphicPanel() { setBackground(Color.black); //Konstanta dalam class Color } public void paint(Graphics g) { g.setColor(new Color(0,255,0)); //hijau g.setFont(new Font("Helvetica",Font.PLAIN,16)); g.drawString("Hello GUI World!", 30, 100); g.setColor(new Color(1.0f,0,0)); //red g.fillRect(30, 100, 150, 10); } public static void main(String args[]) { Frame f = new Frame("Testing Graphics Panel"); GraphicPanel gp = new GraphicPanel(); f.add(gp); f.setSize(600, 300); f.setVisible(true); } }

8 frame dengan kontrol di dalamnya.

9 Fitur Swing Komponen GUI Lengkap: button, listbox, combobox, textarea, dsb Pluggable Look-and-Feel: tampilan GUI dapat diubah sesuai dengan kehendak (tidak perlu mengikuti native OS) Data Transfer Antar Komponen: drag and drop, copy and paste Internationalization: proses desain aplikasi yang memungkinkan aplikasi dijalankan sesuai dengan preferensi tanpa rekompilasi Localization: proses translasi teks ke bahasa lokal dan menambahkan komponen lokal

10 Komponen Swing

11 Komponen Dasar Swing 1. Top-Level Container: kontainer dasar dimana komponen lainnya diletakkan (JFrame, JDialog dan Applet) 2. Intermediate Container: kontainer perantara dimana komponen lainnya diletakkan (JPanel, JScrollPane, JTabbedPane, JToolbar, JSplitPane) 3. Atomic Component: komponen yang memiliki fungsi spesifik dan menerima interaksi langsung dari user (JButton, JLabel, JTextArea, dsb) 4. Layout Manager: mengatur tata letak dan posisi komponen dalam kontainer (BorderLayout, BoxLayout, FlowLayout, GridBagLayout, GridLayout) 5. Event Handling: menangani event yang dilakukan user (klik mouse, ketik keyboard, perbesar frame, dsb)

12 Top-Level Container JFrame, JDialog, Applet

13

14

15

16 Content Pane dan Menu Bar
Menambahkan content pane pada Jframe frame.getContentPane().add(yellowLabel , BorderLayout.CENTER); Menambahkan komponen pada content pane JPanel contentPane = new JPanel(new BorderLayout()); contentPane.setBorder(someBorder ); contentPane.add(someComponent , BorderLayout.CENTER); contentPane.add(anotherComponent , BorderLayout.PAGE_END); frame.setContentPane(contentPane); Menambahkan menu bar pada Jframe frame.setJMenuBar(greenMenuBar );

17 JFrame cara-1

18 JFrame Cara-2

19 JFrame Cara-2 (dg setBound)

20 Atomic Component

21 Atomic Component

22

23

24

25 JButton

26 Layout Manager

27 Layout Manager Posisi dan ukuran suatu komponen ditentukan oleh layout manager. Layout manager mengatur tampilan dari komponen di dalam kontainer. 1.FlowLayout 2.BorderLayout 3.GridLayout 4.CardLayout

28 FlowLayout Manager FlowLayout Manager adalah default manager untuk class Panel dan subclassnya, termasuk class applet.

29 FlowLayoutBeraksi.java

30 Border Layout Manager BorderLayout membagi kontainer menjadi lima bagian diantaranya utara, selatan, timurbarat, dan tengah

31

32 GridLayout Manager GridLayout manager membagi kontainer menjadi baris dan kolom. Semua region memiliki ukuran yang sama. Hal tersebut tidak mempedulikan ukuran sebenarnya dari komponen.

33 GridLayoutBeraksi.java

34 BoxLayoutBeraksi.java

35 CardLayoutBeraksi.java

36 GridLayoutBeraksi.java

37 Joption Pane

38 Penanganan Kejadian (Event Handling)

39 Delegation Event Model
Delegasi event model menguraikan bagaimana program dapat merespon interaksi dari user Event Source Event Listener/Handler Event Object

40 Event Source Event source mengacu pada komponen GUI yang meng-generate event. contoh, jika user menekan tombol, event source dalam hal ini adalah tombol

41 Event Listener/Handler
Event listener menerima berita dari event-event dan proses-proses interaksi user. Ketika tombol ditekan, listener akan mengendalikan dengan menampilkan sebuah informasi yang berguna untuk user.

42 Event Object Ketika sebuah event terjadi (misal, ketika user berinteraksi dengan komponen GUI),sebuah object event diciptakan.

43 Delegation Event Model
Pada awalnya, sebuah listener harus diregistrasikan dengan sebuah source. Sehingga dapat menerima informasi tentang event-event yang terjadi pada source tersebut. Ketika sesuatu terjadi dengan event source, sebuah event object akan menguraikan event yang diciptakan. Saat listener menerima sebuah event object (pemberitahuan) dari source, dia akan bekerja. Menerjemahkan pemberitahuan dan memproses event yang terjadi.

44 Proses Penanganan Event
Komponen harus didaftarkan sebagai pendengar (listener) dg menggunakan method addXXXListener() button = new JButton("Click Me"); button.addActionListener(this); 2. Meng-implementasi interface listener atau meng-extends class adapter (bisa juga dengan membuat inner class) 1. class HelloGUI implements ActionListener 2. class HelloGUI extends MouseAdapter{} atau class HelloGUI extends JFrame{ class handler extends MouseAdapter{}} 3. Menuliskan code penangan kejadian pada method class handler extends MouseAdapter{ public void mouseClicked(MouseEvent e){ //code penangan kejadian }}

45 Event Handling


Download ppt "Java GUI PBO."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google