Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Outline Elemen desain arsitektur. Membuat desain arsitektur.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Outline Elemen desain arsitektur. Membuat desain arsitektur."— Transcript presentasi:

0 Analisis dan Desain Sistem Desain Arsitektur
Disusun Oleh : Lily Wulandari

1 Outline Elemen desain arsitektur. Membuat desain arsitektur. Spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak.

2 PENDAHULUAN Desain Arsitektur Faktor kunci dalam desain arsitektur
Merencanakan bagaimana sistem akan didistribusikan ke beberapa komputer dan perangkat keras, perangkat lunak sistem operasi, dan perangkat lunak aplikasi yang akan digunakan untuk setiap komputer. Faktor kunci dalam desain arsitektur Persyaratan/kebutuhan Non Fungsional yang dikembangkan di awal tahap analisis memainkan peran kunci dalam perancangan arsitektur. Spesifikasi Perangkat Keras dan Perangkat Lunak Mendefinisikan perangkat keras dan perangkat lunak apa yang dibutuhkan untuk sistem yang baru.

3 ELEMENT DESAIN ARSITEKTUR
Tujuan dari desain arsitektur adalah untuk mengetahui bagaimana komponen perangkat lunak dari sistem informasi akan ditugaskan ke perangkat keras sistem.

4 Komponen Arsitektur Komponen arsitektur yang utama dari setiap sistem adalah perangkat keras dan perangkat lunak. Semua sistem perangkat lunak dapat dibagi ke dalam 4 fungsi dasar: - Penyimpanan data. - Logika akses data: pengolahan yang diperlukan untuk mengakses data yang tersimpan - Logika aplikasi: Logika didokumentasikan di DFD, use case, dan persyaratan fungsional. - Logika presentasi: tampilan informasi ke pengguna dan penerimaan perintah pengguna.

5 (lanjt...) Tiga komponen utama perangkat keras:
- Client computers: Perangkat input-output yang digunakan oleh pengguna (mis., PC, laptop, perangkat genggam, ponsel cerdas) - Servers: Komputer multiuser yang lebih besar yang digunakan untuk menyimpan perangkat lunak dan data. - network: menghubungkan komputer.

6 Arsitektur Client-Server
Arsitektur Client-server menyeimbangkan pemrosesan antara perangkat klien dan satu atau beberapa perangkat server. Client bertanggung jawab atas logika presentasi, sedangkan server bertanggung jawab atas logika akses data dan penyimpanan data. Client thick atau fat berisi semua atau sebagian besar logika aplikasi; Sedangkan thin client berisi sebagian kecil dari logika aplikasi.

7 GAMBAR 1 Arsitektur Two-Tiered Client–Server
(lanjt...) GAMBAR 1 Arsitektur Two-Tiered Client–Server

8 (lanjt...) Arsitektur Client-server memiliki 4 keuntungan penting.
- Scalable - Dapat mendukung berbagai jenis klien dan server melalui middleware. - Logika presentasi, logika aplikasi, dan logika pemrosesan data bisa mandiri - Jika server gagal, hanya aplikasi yang membutuhkan yang terpengaruh Keterbatasan utama arsitektur client-server adalah kompleksitasnya.

9 Client-Server Tiers Ada banyak cara di mana logika aplikasi dapat dipartisi antara klien dan server. Pengaturan pada Gambar 1 disebut arsitektur two-tier.

10 (lanjt...) Three-tiered architecture
GAMBAR 2 Arsitektur Three-Tiered Client–Server

11 GAMBAR 3 Arsitektur n-Tiered Client–Server
(lanjt...) n-tiered architecture GAMBAR 3 Arsitektur n-Tiered Client–Server

12 Arsitektur yang Kurang Umum
Server-Based Architectures GAMBAR 4 Arsitektur Server-Based

13 Client-Based Architectures
GAMBAR 5 Arsitektur Client-Based Architecture

14 Kemajuan dalam Konfigurasi Arsitektur
Kemajuan perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan telah memunculkan sejumlah pilihan arsitektur baru. - Virtualization. - Cloud computing.

15 Virtualization Virtualization Mengacu pada pembuatan perangkat virtual atau sumber daya, seperti server atau perangkat penyimpanan. Server virtualization Melibatkan pembagian server fisik ke server virtual yang lebih kecil. Storage virtualization Melibatkan penggabungan beberapa perangkat penyimpan jaringan ke dalam unit penyimpanan tunggal.

16 Cloud Computing Cloud computing – Segala sesuatu mulai dari daya komputasi hingga infrastruktur komputasi, aplikasi, proses bisnis hingga kolaborasi pribadi dapat disampaikan sebagai layanan dimanapun dan kapan pun dibutuhkan. “cloud” Dapat didefinisikan sebagai perangkat keras, jaringan, penyimpanan, perangkat, dan antarmuka yang digabungkan untuk memberikan aspek komputasi sebagai layanan.

17 (lanjt...) Cloud computing bisa diimplementasikan dalam tiga cara :
- private cloud, - public cloud, dan - hybrid cloud. Pada saat ini, cloud computing sedang dalam masa pengembangan.

18 (lanjt…) Keuntungan cloud computing
1. Sumber daya yang dialokasikan dapat ditingkatkan atau menurun berdasarkan permintaan. 2. Pelanggan Cloud dapat memperoleh sumber daya cloud secara langsung. 3. Layanan Cloud biasanya memiliki APIs (application program interfaces) standar. 4. Model komputasi cloud memungkinkan pelanggan ditagih untuk mendapatkan sumber daya saat digunakan.

19 Perbandingan Pilihan Arsitektur
Sebagian besar sistem dibangun untuk menggunakan infrastruktur yang ada dalam organisasi, sehingga seringkali infrastruktur saat ini membatasi pilihan arsitektur. Misal, Jika sistem baru akan dibangun untuk organisasi mainframe-sentris, arsitektur berbasis server mungkin merupakan pilihan terbaik Masing-masing arsitektur yang dibahas memiliki kekuatan dan kelemahannya. Arsitektur client-server sangat disukai berdasarkan biaya infrastruktur.

20 MEMBUAT DESAIN ARSITEKTUR
Membuat desain arsitektur dimulai dengan persyaratan nonfungsional. Perbaiki persyaratan nonfungsional menjadi persyaratan yang lebih rinci untuk pemilihan arsitektur Persyaratan nonfungsional dan desain arsitektur digunakan untuk mengembangkan spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak.

21 Persyaratan Operasional

22 Persyaratan Kinerja

23 Persyaratan Keamanan

24 Persyaratan Budaya dan Politik

25 Merancang Arsitektur Dalam banyak kasus, persyaratan lingkungan teknis yang didorong oleh persyaratan bisnis menentukan arsitektur aplikasi. Jika persyaratan lingkungan teknis tidak memerlukan pilihan arsitektur tertentu, maka persyaratan nonfungsional lainnya menjadi penting untuk merancang arsitektur.

26 © Copyright 2011 John Wiley & Sons, Inc.
(cont’d) Nonfunctional Requirements and Their Implications for Architecture Design © Copyright 2011 John Wiley & Sons, Inc.

27 SPESIFIKASI HARDWARE DAN SOFTWARE
Fase desain juga merupakan waktu untuk mulai memilih dan mengakuisisi perangkat keras dan perangkat lunak yang akan dibutuhkan untuk sistem masa depan. Spesifikasi hardware dan software adalah dokumen yang menjelaskan perangkat keras dan perangkat lunak apa yang diperlukan untuk mendukung aplikasi.

28 (lanjt...) Contoh spesifikasi hardware dan software specification

29 (lanjt...) Pertama, anda mendefinisikan perangkat lunak
Tentukan sistem operasi dan perangkat lunak tujuan khusus Pertimbangkan biaya tambahan seperti pelatihan, garansi, perawatan, perjanjian lisensi. Selanjutnya, Anda membuat daftar perangkat keras yang dibutuhkan Server database, server jaringan, perangkat periferal, klien, perangkat cadangan, komponen penyimpanan, dan lain-lain. Akhirnya, Anda menjelaskan persyaratan minimum untuk setiap perangkat keras.

30 (lanjt...) Faktor dalam pemilihan perangkat keras dan perangkat lunak

31 SUMMARY Arsitektur aplikasi. Desain Arsitektur.
- Arsitektur Client-server. - Kemajuan dalam konfigurasi Arsitektur: virtualization dan cloud computing. Desain Arsitektur. - Persyaratan Nonfunctional. Spesifikasi Hardware dan software. - Dokumen yang menjelaskan perangkat keras dan perangkat lunak apa yang dibutuhkan untuk mendukung aplikasi.

32 SUMBER Alan Dennis, Barbara Haley Wixom, and Roberta Roth, 2011 Systems Analysis and Design, fifth Edition, John Wiley & Sons, Inc

33 Selesai


Download ppt "Outline Elemen desain arsitektur. Membuat desain arsitektur."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google