Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Sistem Pendukung Keputusan (SPK)
Bonang Waspadadi Ligar, S.Si, MMSI
2
Pengambilan keputusan
Apa itu pengambilan keputusan? memilih alternatif terbaik dari dua atau lebih solusi.
3
Intinya adalah membantu membuat keputusan yang lebih baik.
Apa itu SPK? Suatu sistem berbasis computer, yang membantu penggunanya dalam mengambil keputusan. Intinya adalah membantu membuat keputusan yang lebih baik.
4
Keputusan yang lebih baik
Rasio antara Kecepatan dengan Kualitas Kualitas Cepat
5
Pengambilan keputusan dan Pemecahan Masalah
Apa itu masalah? Suatu kondisi yang tidak diinginkan perbedaan antara hasil yang diinginkan dan kenyataan
6
Pengambilan keputusan dan Pemecahan Masalah
Apakah pengambilan keputusan = Pemecahan masalah? Problem Solving Alternatif Solusi Decision Making Implementasi solusi
7
Kapan masalah terjadi? Masalah terjadi jika sebuah sistem:
Tidak memenuhi tujuan yang telah ditetapkan Hasil tidak sesuai dengan yang telah diperkirakan/diprediksi Tidak bekerja seperti yang direncanakan
8
Model Model adalah representasi sederhana dari kenyataan / dunia
Sebuah bagian penting dari SPK Kenyataan terlalu rumit untuk dijelaskan Kerumitan tersebut terkadang tidak relevan untuk memecahkan sebuah masalah spesifik Model dapat mewakili sebuah sistem/masalah dalam berbagai tingkat abstraksi/ tingkat ketidakjelasan
9
Jenis-jenis model berdasarkan tingkat abstraksi/ketidakjelasan
Iconic (Scale) Model Analog Model Mental Model Tak jelas Mathematic (Quantitative) Model
10
Iconic (Scale) Model Replika fisik dari sebuah sistem
Memiliki skala yang berbeda dari yang original Bisa berbentuk 3-D atau 2-D
11
Analog (Schematic) Model
Representasi simbolis dari kenyataan Tidak berbentuk persis seperti kenyataan, namun menggambarkan perilaku sistem Berbentuk diagram, bagan, grafik Bisa berbentuk fisik
12
Analog (Schematic) Model
13
Mental Model Kerangka berpikir seseorang mengenai dunia nyata
Apa yang orang percaya benar, bukan apa yang sebenarnya berlaku. Memungkinkan seseorang untuk memprediksi hasil dari tindakannya. Terbentuk melalui proses belajar dan dari pengalaman
14
Mental Model
15
Mathematical Model Penggambaran dunia nyata dalam bahasa matematis
Kompleksitas sistem tak dapat direpesentasikan dengan Iconic atau Analog. Kalau pun bisa menghabiskan waktu dan sulit. Menggunakan symbol, ekspresi, rumus matematika.
16
Mathemetical Model
17
Mathemetical Model
18
Keuntungan menggunakan model
Mudah di Manipulasi Mempersingkat waktu Biaya lebih murah Kerugian pada waktu trial and error lebih sedikit Memperhitungkan resiko/ketidakpastian Evaluasi terhadap banyak alternative Memacu proses pembelajaran dan pelatihan
19
Proses Pengambilan Keputusan (Simon)
20
Identifikasi masalah Fase Intelligence
Seringkali gejala dianggap sebagai masalah utamanya Gejalanya dicarikan solusi, namun masalah utamnya tidak teratasi.
21
Fase Intelligence
22
Menentukan Alternatif Solusi
Fase Design Menentukan Alternatif Solusi
23
Fase Design Membuat Model Optimasi Satisficing / Cukup Heuristik
24
Fase Choice Memilih Solusi
25
Fase Implementation Menerapkan Solusi
26
Dukungan DSS bagi keputusan
27
Terima Kasih
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.