Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehIrwan Dharmawijaya Telah diubah "7 tahun yang lalu
1
Biodata Nama : Arwin Dermawan Alamat : Perumahan Sidorejo Gang Sadewa
G.15 Jln. Wates Km.3,5 Yogyakarta 55182 Telepon : Kantor : MMTC Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta Jabatan : Staf pengajar MMTC Pendidikan : Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISI Yogyakarta
2
Animation Is a method of creating the Illusion of life or movement in animate objects or drawings , an extension of graphic art into the field of cinematography. Animasi merupakan suatu metoda menciptakan ilusi kehidupan atau gerak pada object atau gambar, suatu pengembangan seni grafis ke bidang sinematografi.
3
Sejarah Animasi Animasi I (1876) ditemukan oleh Emile Reynoud (guru Ilmu Alam) digunakan untuk menerangkan Tata Surya. Emile Kohl, Kartun I (1908 ), bangsa Prancis. Penemu teknik perekaman gambar Frame by frame. 1 detik = 24 gambar.karya kartunnya : ” Drame chesles fairtoche.” John R. Brays (1909) , Amerika . karya kartunnya : ” Colonel Helzaliar” Beb Harrizon : “ Crazy Cat” Pat Sullivan : “ Felix The Cat” Max Fleichers : “ Koko the Clown “ Walt Disney (1928) : “ Mickey Mause “, “Donald Duck “, Goofi & Fluto”. Hanna Barbera (1972) Australia . Karya kartunnya: “Scooby Doo”, “The Banana Split “. Arwin D
4
Penggolongan Animasi Animasi Animasi tanpa Film Animasi Film Neon sign
Advertising Display Kinetic Art Animasi Mainan Wayang Tanpa Kamera Single Frame Exposure Without Single Frame Exposure
5
Animasi Film Animasi Tanpa Kamera Etching on Film Painting on Film
6
Plane View Animation Page Bar Animation 3 – D Animation
Animasi Film Single Frame Exposure Plane View Animation Page Bar Animation 3 – D Animation
7
Plane View Animation Page Bar Animation 3 – D Animation
Animasi Film Single Frame Exposure Plane View Animation Page Bar Animation 3 – D Animation
8
Peg-Bar Animation Cel Animation Drawing on Paper 3 –D Animation
Single Frame Exposure 3 –D Animation Object Animation Puppet Animation Clay Animation Pixilation Stop Frame Cinematography Peg-Bar Animation Cel Animation Drawing on Paper Plane View Animation Cut out animation Powder Animation Paint on glass Rotoscoping
9
String Hand Puppet Magnetic Board Black light Stick Cut Out
Animasi Film Without Single Frame Exposure String Hand Puppet Magnetic Board Black light Stick Cut Out
10
Tenaga Ahli Animasi Pipeline Designer
11
Tenaga Ahli Animasi Character Designer
12
TAHAPAN PEMBUATAN ANIMASI DENGAN KOMPUTER
1 Modeling 2 Material 3 Rigging and Skinning 4 Lighting and Camera 5 Motion and Sound 6 Rendering 3 Khusus untuk pembuatan Character Animation
13
Modeling Adalah tahapan pembuatan model atau obyek yang akan dianimasikan. Obyek bisa berupa bentuk manusia, hewan, logo, teks atau benda sehari-hari yang kita lihat. Dalam pembuatannya obyek ada yang sederhana dan mudah dan ada pula yang rumit.
14
Add Material Adalah tahapan penyempurnaan model sehingga wujudnya sesuai dengan yang diinginkan. Sebagai contoh apabila kita membuat teko, pada tahapan ini akan menerapkan materialnya seperti terbuat dari logam, porselin,plastik,atau terbuat dari kaca yang tembus pandang. Juga pada tahapan ini dibuat efek terhadap lingkungannya, seperti refleksi, bayangan dsb.
15
Rigging & Skinning Rigging Adalah tahapan pembuatan Struktur tulang (bone) serta membuat controler untuk memudahkan mengatur gerakan object pada saat membuat animasi Skining adalah tahapah menggabungkan struktur tulang dengan model yang telah dibuat sehingga object dengan struktur tulang menjadi kesatuan yang solid dan siap untuk dianimasikan
16
Rigging & Skinning Proses Pengeditan dalam tahapan Skinning
17
Lighting & Camera Lighting & Camera Adalah tahapan penataan cahaya dan penempatan (blocking) camera agar object dapat terlihat dengan baik.
18
Add Motion and Sound Adalah tahapan pembuatan bagaimana obyek tersebut bergerak dan suara yang mengringinya. Suara bisa untuk obyek itu sendiri dan juga bisa sebagai atmosfirnya atau efek yang ditimbulkannya. Diperlukan koleksi sound effect yang banyak
19
Rendering Adalah tahapan seting output dan pengkalkulasian oleh komputer untuk mewujudkan karya animasi serta parameter yang telah diseting untuk disimpan pada file tertentu. Render bisa memakan waktu lama dan juga bisa relatif cepat, tergantung: Rumit tidaknya obyek atau karya animasinya Hardware yang digunakan Out put file dan ukuran serta resolusinya Durasi
20
Profil seorang Graphic Designer untuk pertelevisian
karya grafik Characteristic of television sarana (komputer) Sense of Art Skill Graphic designer
21
Unsur keindahan dalam karya grafis
Skill Karya Grafis Knowledge
22
Persepsi tentang keindahan
Subjective KEINDAHAN (Beauty) Objective
23
Proses dan pertimbangan pembuatan LOGO
Visi dan Missi dari perusahaan V Designer Image target Audience Interpretasi Arwin D
24
Beberapa model logo Arwin D
25
Karya-karya Grafik pada media Televisi
Judul acara (Sinetron/Drama, TalkShow) Call Station (Identitas Stasiun Penyiaran) Iklan (Komersil,Layanan Masyarakat) Nama kerabat kerja Produksi Head Line berita Nama pengisi acara Logo Running text dsb.
26
Jenis penyajian Karya Grafik
Still Animasi (Motion) 2-D Animasi 3-D Animasi Arwin D
27
Hardware & Software komputer grafis dan Animasi
Desain Grafis Corel Draw Freehand Pagemaker Dll. Photoshop Photopaint Dll.
28
Hardware & Software komputer grafis dan Animasi
Editing Audio & Video Cool Edit Adobe Audition Sonar Wave Lab Final Cut Pro Avid Express Adobe Premier Ulead Video Studio DPS Velocity Exfree Pinnacle Studio
29
Hardware & Software komputer grafis dan Animasi
Animasi 2-D dan 3-D Flash Corel RAVE Maya 3-D Studio Max Cinema 4 D Lightwave Truespace Z-brush Softimage Z-brush Swish Ulead 3-D Cool Studio Poser Dll
30
Hardware & Software komputer grafis dan Animasi
Compositing (Effect) After Effect Combustion Maya Fusion Photomorph Particle Illution dll
31
Spec. Komputer Grafis Processor : Intel,Core 2 duo, Quad core atau AMD turion, (speed) Ram : MB – 2 GB Mother Board : Asus Deluxe, Fujitsu Siemens Hard disk : 80 – 100 GB Graphic Card : ATI Radeon, NVIDIA G-Force , memory 512 MB Casing : En Light,Simbadda Sound Card : On Board - Professional Power Supply : – 500 Watt Optic Drive : DVD Writer / Combo Monitor : inc (LCD,CRT)
32
MENGESPORT LOGO DARI COREL KE ULEAD 3-D STUDIO
Pastikan logo dalam keadaan terseleksi. Klik file lalu pilih export
33
MENGESPORT LOGO KE ULEAD 3-D STUDIO
Pastikan pada directory mana dan folder apa logo tsb. Disimpan. 4. Pada file name ketik nama logo 5. Lalu pada save as type pilih WMF 6. Pilih selected only lalu klik export
34
MENGESPORT LOGO KE ULEAD 3-D STUDIO
6. Pada WMF export pilih as curves 7. Lalu klik ok
35
MENGIMPORT LOGO DENGAN ULEAD 3-D STUDIO
1. Klik File lalu pilih import graphic
36
MENGIMPORT LOGO DENGAN ULEAD 3-D STUDIO
2. Pada open window arahkan pada directory dan folder tempat logo yang telah di export,lalu pada files of type pilih WMF
37
MENGIMPORT LOGO DENGAN ULEAD 3-D STUDIO
2. Cari logo yang telah kita ekspot sesuai dengan nama yang telah kita berikan, kemudian klik open
38
MENGIMPORT LOGO DENGAN ULEAD 3-D STUDIO
1. Gunakan tombol ini untuk merubah ukuran 2. Gunakan tombol ini untuk merotasi obyek 3. Gunakan tombol ini untuk menggeser obyek
39
Membuat logo Trans TV Tampilan Corel Draw
40
Membuat logo Trans TV 1. Buat persegi sama sisi dengan cara : klik rectangle tool lalu klick and drag pada canvas sambil menekan tombol control pada keyboard tuk menjaga proporsi persegi sama sisi
41
Membuat logo Trans TV 2. Putar objek 45 derajat dengan cara pada angle rotation ketik 45 lalu tekan enter
42
Membuat logo Trans TV 3. Tumpulkan sudut persegi dengan menggunakan shape tool
43
Membuat logo Trans TV 4. Duplicate persegi pada sumbu nol dengan cara merubah duplikat distance pada angka nol 5. Kecilkan objek kedua tetap pada sumbunya dengan drag pada sudut atas sambil menekan tombol shift
44
7. Pada layar akan muncul Trim tool lalu tekan ikon tersebut
6. Aktifkan kedua objek dengan cara klik objek 1 lalu tekan tombol shift lalu tahan dan click objek 2. weld trim 7. Pada layar akan muncul Trim tool lalu tekan ikon tersebut
45
Membuat logo Trans TV
46
Membuat logo Indosiar Susunlah bidang persegi yang untuk proses TRIM
Lakukan proses trim spt. Dibawah ini Buat lingkaran dgn eleips tool Klik kanan lalu pilih Break apart Agar dapat diberi warna berbeda Membuat logo Indosiar
47
Proses membuat logo TV 7
49
Menjalankan Program Photoshop
Double pada icon jika telah ada pada desktop Atau klick start lalu program dan pilih Photoshop
50
Tampilan Photoshop setelah memilih New
Menu bar palet Dialog New option untuk memilih ukuran, background canvas yang diinginkan Tool bar
51
Tampilan Photoshop setelah memilih New
Navigator berfungsi untuk zoom in /zoom out Canvas dengan opsi background putih Layer dan channel
52
Perbedaan bitmap dan Vector
53
Pengaruh resolusi dengan ukuran monitor
54
Kepadatan pixel pada image
55
Fungsi alat pada Photoshop I
56
Fungsi alat pada Photoshop II
57
Fungsi alat pada Photoshop III
58
Karakter Huruf HURUF Arial Black HURUF Times New Roman
HURUF Broadway
59
Karakter Huruf HURUF jokerman John handy let HURUF staccato 222bt
HURUF Highligh let HURUF jokerman John handy let
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.