Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Object-Oriented Programming (OOP)
Object-Oriented Programming Object-Oriented Programming (OOP) Fajar Agung Nugroho
2
Outline Inharitance Jumping(Pemindahan Proses) Return Break Continue
3
Inheritance (Pewarisan)
4
Inheritance (Pewarisan)
Suatu class dapat mewariskan atribut dan method kepada class lain (subclass), serta membentuk class hierarchy Penting untuk Reusability Java Keyword: extends
5
Sepeda.java public class Sepeda{ int kecepatan ; int gir ; // method void ubahGir(int pertambahanGir) { gir= gir+ pertambahanGir; System.out.println("Gir:" + gir); } void tambahKecepatan(int pertambahanKecepatan) { kecepatan = kecepatan+ pertambahanKecepatan; System.out.println("Kecepatan:" + kecepatan);
6
Class SepedaGunung Mewarisi Class Sepeda
class SepedaGunung extends Sepeda{ public void setSadel(int nilaiSadel) { System.out.println(“Tinggi Sadel:”+ nilaiSadel); } class SepedaGunungBeraksi { public static void main(String[] args) { // Membuat object SepedaGunung spd= new SepedaGunung(); // Memanggil method di object spd.tambahKecepatan(10); spd.ubahGir(2); spd.setSadel(20); } SepedaGunung.java SepedaGunungBeraksi.java
7
UML – Class Diagram
8
Latihan Buat class MatematikaCanggih yang merupakan inherit dari class Matematika Tambahkan method modulus(int a, int b) yang menghitung modulus dari a dan b. Operator modulus adalah % Buat class MatematikaCanggihBeraksi yang memanggil method pertambahan, perkalian dan modulus
9
UML – Class Diagram
10
Pernyataan Pemindah Proses (Jump)
11
Pernyataan Pemindah Proses
return break continue
12
return Digunakan untuk keluar dari method return memiliki dua bentuk:
mengembalikan nilai (sesuai dengan tipe data) tidak mengembalikan nilai (untuk void) Contoh: int perkalian(int x, int y){ return x * y; } void perkalian(int x, int y){ hasilKali = x * y; return;
13
break Penyataan break digunakan untuk keluar dari suatu pengulangan (loop) Penggunaan break bisa berbentuk tanpa label atau berlabel
14
PernyataanBREAK.java public class PernyataanBREAK { public static void main(String[] args){ for(int i=1; i<11; i++){ if(i==5) break; System.out.println(i); }
15
PernyataanBREAKLABEL.java public class PernyataanBREAK { public static void main(String[] args){ selesai: for(int i=1; i<5; i++){ for(int n=1; n<5; n++){ if (n==3) break selesai; System.out.println(n); } } } }
16
continue Digunakan untuk melanjutkan eksekusi ke suatu pengulangan (loop) Bisa berbentuk tanpa label atau berlabel Bentuk code persis sama dengan break, baik untuk yang tanpa label atau berlabel
17
PernyataanCONTINUE.java public class PernyataanBREAK { public static void main(String[] args){ for(int i=1; i<11; i++){ if (i%2!=0) continue; System.out.println(i); }
18
Latihan: Modifikasi Matematika.java
Modifikasi program Matematika.java yang sebelumnya sudah kita buat dengan menggunakan tipe data double untuk method Input data adalah lewat prompt (class Scanner) Buat menu pilihan untuk fitur pertambahan, pengurangan, pembagian atau perkalian Gunakan pengulangan untuk menu pilihan. Akan berhenti apabila kita pilih 0
19
Tampilan Menu Aplikasi Matematika: Pilih Menu = 1
1. Pertambahan 2. Pengurangan Perkalian 4. Pembagian 0. Keluar Aplikasi Pilih Menu = 1 Masukkan Angka Pertama = 3 Masukkan Angka Kedua =23 Hasil Pertambahan antara 3 dan 23 adalah 26 Pilih Menu =
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.