Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

UNIFIED MODELLING LANGUAGE

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "UNIFIED MODELLING LANGUAGE"— Transcript presentasi:

1 UNIFIED MODELLING LANGUAGE

2 UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Unified Modelling Language (UML) adalah sebuah "bahasa" yang telah menjadi standar dalam industri untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan sistem informasi atau piranti lunak. UML menawarkan sebuah standar untuk merancang model sebuah sistem. Seperti bahasa-bahasa lainnya, UML mendefinisikan notasi dan syntax/semantik.

3 UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Notasi UML merupakan sekumpulan bentuk khusus untuk menggambarkan berbagai diagram piranti lunak. Setiap bentuk memiliki makna tertentu, dan UML syntax mendefinisikan bagaimana bentuk-bentuk tersebut dapat dikombinasikan. Notasi UML terutama diturunkan dari 3 notasi yang telah ada sebelumnya: Grady Booch OOD (Object-Oriented Design), Jim Rumbaugh OMT (Object Modeling Technique), dan Ivar Jacobson OOSE (Object-Oriented Software Engineering).

4 UML Derivative OMT OOSE OOD

5

6 Analysis and Design Process
Zachman Framework System requirements legend Use Case Model Class Diagram Structural Behavioral Activity/Sequence Diagram State Chart Component Diagram Deployment Diagram

7 Use case diagram Use case diagram menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem. Yang ditekankan adalah “apa” yang diperbuat sistem, dan bukan “bagaimana”. Sebuah use case merepresentasikan sebuah interaksi antara aktor dengan sistem.

8 USE CASE Use case dibuat berdasar keperluan actor, merupakan “apa” yang dikerjakan system, bukan “bagaimana” system mengerjakannya Use case diberi nama yang menyatakan apa hal yang dicapai dari hasil interaksinya dengan actor. Use case dinotasikan dengan gambar (horizontal ellipse) Use case biasanya menggunakan kata kerja Nama use case boleh terdiri dari beberapa kata dan tidak boleh ada 2 use case yang memiliki nama yang sama

9 ACTOR Actor menggambarkan orang, system atau external entitas / stakeholder yang menyediakan atau menerima informasi dari system Actor menggambarkan sebuah tugas/peran dan bukannya posisi sebuah jabatan Actor memberi input atau menerima informasi dari system Actor biasanya menggunakan Kata benda Tidak boleh ada komunikasi langsung antar actor Indikasi <<system>> untuk sebuah actor yang merupakan sebuah system Adanya actor bernama “Time” yang mengindikasikan scheduled events (suatu kejadian yang terjadi secara periodik/bulanan) Letakkan actor utama anda pada pojok kiri atas dari diagram

10 Association Associations bukan menggambarkan aliran data/informasi
Associations digunakan untuk menggambarkan bagaimana actor terlibat dalam use case Ada 4 jenis relasi yang bisa timbul pada use case diagram Association antara actor dan use case Association antara use case Generalization/Inheritance antara use case Generalization/Inheritance antara actors

11 Association antara actor dan use case
Ujung panah pada association antara actor dan use case mengindikasikan siapa/apa yang meminta interaksi dan bukannya mengindikasikan aliran data Sebaiknya gunakan Garis tanpa panah untuk association antara actor dan use case association antara actor dan use case yang menggunakan panah terbuka untuk mengindikasikan bila actor berinteraksi secara pasif dengan system anda

12 Association antara use case
<<include>> termasuk didalam use case lain (required) / (diharuskan) Pemanggilan use case oleh use case lain, contohnya adalah pemanggilan sebuah fungsi program Tanda panah terbuka harus terarah ke sub use case Gambarkan association include secara horizontal Register for courses <<include>> Logon validation Maintain curriculum

13 Association antara use case (Lanjut)
<<extend>> perluasan dari use case lain jika kondisi atau syarat terpenuhi Kurangi penggunaan association Extend ini, terlalu banyak pemakaian association ini membuat diagram sulit dipahami. Tanda panah terbuka harus terarah ke parent/base use case Gambarkan association extend secara vertical

14 Generalization/inheritance antara use case
Generalization/inheritance digambarkan dengan sebuah garis berpanah tertutup pada salah satu ujungnya yang menunjukkan lebih umum Gambarkan generalization/inheritance antara use case secara vertical dengan inheriting use case dibawah base/parent use case Generalization/inheritance dipakai ketika ada sebuah keadaan yang lain sendiri/perlakuan khusus (single condition)

15 Generalization/inheritance antara actor
Gambarkan generalization/inheritance antara actors secara vertical dengan inheriting actor dibawah base/parent use case

16 Use case System boundary boxes
Digambarkan dengan kotak disekitar use case, untuk menggambarkan jangkauan system anda (scope of of your system). Biasanya digunakan apabila memberikan beberapa alternative system yang dapat dijadikan pilihan System boundary boxes dalam penggunaannya optional

17 Latihan Use Case Diagram !
PT. Nusantara adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan Tunai barang-barang elektronik. Semua transaksi di perusahaan masih dilakukan secara manual. Berikut ini adalah kegiatan kegiatan yang dilakukan oleh bagian Penjualan dalam melaksanakan transaksi penjualan Barang di dalam perusahaan. 1. Pemesanan barang Setiap kali Bagian penjualan akan menjual barang ia selalu menerima surat pesanan dari pelanggan. Berdasarkan Surat pesanan tersebut bagian penjualan kemudian mencatat dan merekamnya kedalam Arsip Surat Pesanan. Berdasarkan Arsip surat pesanan tersebut, bagian penjualan membuatkan Faktur dan Surat Jalan yang dikirimkan kepada Pelanggan sebagai bukti bahwa barang yang dipesan sudah terealisasi dan rangkapnya disimpan sebagai Arsip Faktur dan Arsip Surat Jalan. 2. Pembuatan Kwitansi Apabila Faktur dan Surat Jalan sudah sampai ditempat pelanggan, maka pelanggan megirimkan Pembayaran yang kemudian oleh bagian penjualan dibuatkan Kwitansi yang dibuat berdasarkan Arsip Faktur yang kemudian diserahkan kepada pelanggan sebagai bukti pembayaran dan rangkapnya disimpan kedalam Arsip Kwitans 3. Pembuatan Laporan Setiap akhir bulan Bagian Penjualan selalu membuat Laporan Penjualan berdasarkan Arsip Faktur dan Laporan Pesanan berdasarkan Arsip Pesanan dan Laporan Pengiriman berdasarkan Arsip Surat Jalan yang ditujukan kepada Kepala Bagian Penjualan Diminta : Buatlah Use case diagram dari data diatas !

18 Generalizes Relationships Communication Relationships Customer
Rent Vehicle Communication Relationships Gold Card Customer Regular Customer Menyusun asuransi tambahan Generalizes Relationships

19 Use Case Relationships

20 Contoh: Use Case Diagram

21 STUDI KASUS USE CASE DIAGRAM
Koperasi UHAMKA adalah sebuah koperasi yang mengelola simpan pinjam bagi para anggotanya, berikut ini adalah kegiatan yang dilakukan oleh bagian Kredit dalam menangani pemberian pinjaman bagi para anggotanya. Setiap kali bagian kredit akan memberikan pinjaman kepada Anggota maka Anggota diharuskan mengisi Formulir Permohonan Pinjaman yang berisi Nomor FPP, Tanggal Permohonan, Nomor Anggota, Nama Anggota, Jumlah Permohonan dan Keperluan. Yang kemudian oleh Bagian Kredit dicatat dan disimpan kedalam Arsip FPP. Berdasarkan Arsip FPP tersebut Bagian Kredit membuat Bukti Peminjaman yang diberikan kepada Anggota yang berisi No. BP, tgl BP, Nomor Anggota, Nama Anggota, Jumlah Realisasi, Lama Angsuran, Jumlah Angsuran dan Bunga.

22 Setiap Bulan Anggota diharuskan membayar Angsuran sejumlah Angsuran yang disepakati pada saat Peminjaman yang kemudian oleh bagian Kredit dicatat dan direkam kedalam Arsip Angsuran. Berdasarkan Arsip Angsuran tersebut bagian Kredit membuat Bukti Angsuran yang diberikan kepada Anggota yang berisi No. BA, Tanggal BA, No. BP, Jumlah Angsur dan Bunga Pada akhir bulan Bagian Kredit selalu membuat Laporan Peminjaman dan Laporan Angsuran yang diberikan Kepada Ketua Koperasi.

23 Class Diagram Class adalah sebuah spesifikasi yang jika diinstansiasi akan menghasilkan sebuah objek dan merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek. Class menggambarkan keadaan (atribut/properti) suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasi keadaan tersebut (metoda/fungsi). Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class, package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti containment, pewarisan, asosiasi, dan lain-lain.

24 Class Diagram Class memiliki tiga area pokok :
1. Nama (dan stereotype) 2. Atribut 3. Metoda Atribut dan metoda dapat memiliki salah satu sifat berikut : Private, tidak dapat dipanggil dari luar class yang bersangkutan Protected, hanya dapat dipanggil oleh class yang bersangkutan dan anak-anak yang mewarisinya Public, dapat dipanggil oleh siapa saja

25 Object-Oriented Approach
Objects are abstractions of real-world or system entities Reality Domain Model Domain vehicle car bus cup models Intro | Classes | Relations | Generalization | Guidelines

26 Object-Oriented Approach
Object adalah gambaran dari entity, baik dunia nyata atau konsep dengan batasanbatasan dan pengertian yang tepat. Object bisa mewakili sesuatu yang nyata seperti komputer, mobil dll. Object juga dapat berupa konsep seperti proses kimia, transaksi bank, permintaan pembelian, dll. Setiap object dalam sistem memiliki tiga karakteristik yaitu State (status), Behaviour (sifat) dan Indentity (identitas).

27 Classes Kelas A adalah template untuk yang sebenarnya, in-memory, contoh Class Name Attributes Operations

28 Class Diagram Format and association:
Class Name Class Name Role name Association name Role name Navigability Attributes Attributes 1 1..* Operations (Methods) Operations (Methods) Multiplicity Multiplicity Notation 1 : One and only one 0..* : None or more 1..* : One or more 0..1 : None or one

29 Relationships of Class
There three types of relationship : Apakah-a (Generalisasi, Realisasi: Warisan) Memiliki-a (Association) Lainnya (Association, Ketergantungan) Association (Aggregation, Composition) Aggregation (One of associations) Composition (One of associations) Generalization Realization Dependency

30 Multiplicity of Class

31 Pembuatan Class Transfer Withdrawal ATM ATM Card User Bank

32 Contoh Class Diagram Aggregation : Aggregation Indicator Multiplicity
1 1 Person Company 1 Owner Role 1..* Person Employee Company owner:Person employee[]:Person Detail of the class

33 Contoh Class Diagram Composition : 1 1 Handle Car handle 1 1 1 Engine
handle:Handle engine[]:Engine tire[4]:Tire 4 Tire tire Detail of the class

34 Class Inheritance & Specialization
Class: Furniture Attribute A1 Method A1 Class name Attributes Methods Class: Chairs [Attribute A1] Attribute B1 [Method A1] Method B1 Is a specialization of or Inherits from Class: Executive Chairs [Attribute A1] [Attribute B1] Attribute C1 [Method A1] Method B1 (overriding) Method C1

35 Contoh Class Diagram (Studi Kasus ATM)

36 Contoh Class Diagram (Pembelian Barang)

37 Contoh Class Diagram (Sistem Akademik)

38 StateChart Diagram Statechart diagram menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke state lainnya) Pada umumnya statechart diagram menggambarkan class tertentu (satu class dapat memiliki lebih dari satu statechart diagram).

39 StateChart Diagram Dalam UML, state digambarkan berbentuk segiempat dengan sudut membulat dan memiliki nama sesuai kondisinya saat itu. Transisi antar state umumnya memiliki kondisi guard yang merupakan syarat terjadinya transisi yang bersangkutan, dituliskan dalam kurung siku. Action yang dilakukan sebagai akibat dari event tertentu dituliskan dengan diawali garis miring. Titik awal dan akhir digambarkan berbentuk lingkaran berwarna penuh dan berwarna setengah.

40 State Diagram :Authentication Process

41 State Diagram Class Open Process

42 Activity Diagram Activity diagrams menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka berakhir. Activity diagram juga dapat menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi. Activity diagram merupakan state diagram khusus, di mana sebagian besar state adalah action dan sebagian besar transisi di-trigger oleh selesainya state sebelumnya (internal processing). Oleh karena itu activity diagram tidak menggambarkan behaviour internal sebuah sistem (dan interaksi antar subsistem) secara eksak, tetapi lebih menggambarkan proses-proses dan jalur-jalur aktivitas dari level atas secara umum.

43 Activity Diagrams Format
Initial activity Transition Activity-B start stop Decision [Option A] [Option B] Activity-C Activity-D The bar shows that one activity leads to several that occur in parallel or in an unpredictable order.

44 Activity Diagrams Example
Check User PWD User Info is set User chooses menu option ..... Ask to repeat PWD PWD wrong 3rd time Access declined Get new CD data Get search criteria ...... PWD wrong 1st & 2nd time

45 Activity Diagrams Example

46 Studi kasus ATM

47

48 Sequence Diagram Sequence diagram menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display, dan sebagainya) berupa message yang digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram terdiri atar dimensi vertikal (waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait). Sequence diagram biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respons dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu. Diawali dari apa yang men-trigger aktivitas tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa yang dihasilkan

49 Sequence diagram notation (Reihenfolge-Diagramm)
(This is not an object) object: :Class Class object: Event name Event (number) 3 min. Event Notes on what´s happening {constraints} Event Event Event Outside the system Outside the system

50 Sequence diagram notation (2)
(This isn´t a SW object) object: :Class object: Event (message name) object: Event Notes on what´s happening Event Event {constraints} Event (message name) Outside the system Outside the system X

51

52 Sequence Diagram for Authenticate User’s ATM

53 Sequence Diagram for Withdrawal Transaction in ATM

54 Tool Yang Mendukung UML
• Rational Rose ( • Together ( • Object Domain ( • Jvision ( • Objecteering ( • MagicDraw ( • Visual Object Modeller ( Edraw UML Diagram


Download ppt "UNIFIED MODELLING LANGUAGE"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google