Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
2011
2
Sejarah java 1991 : Project “Green”, kelompok Sun enginer dipimpin James Gosling akan merancang program simple untuk konsumsi elektronik consumer 1992: Project menghasilkan produk bernama “*7”, kurang sukses 1993-mid1994:Project baru “First Person Inc”, Patrick Naughton mencoba memasrakan *7 ( air mail) gagal 1994: Internet growing bigger. The key – web browser take hypertext to translate to screen Kebanyakn browser adalah Mosaic (ditulis Marc Anderson) 1994: Patrick Naughton dan Jonathan Payne merancang THE REAL BROWSER (architectur neutral, real-time,relaible and secure) disebut HOtJava, ditulis dalam java. 1995 : The breakthrough for widespread use of java, when Netscape (ditulis oleh Jim Clark) membuat browsernya JAVA ENABLE 1996 :Januari - Netscape ver 2.0 menggunakan java 1.0
3
Java 2 ini, java dibagi menjadi 3 kategori:
• Java 2 Standart Edition (J2SE) Kategori ini digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasi-aplikasi Java pada level PC (Personal Computer) • Java 2 Enterprise Edition (J2EE) Java pada lingkungan entriprise dengan menambahkan fungsionalitasfungsionalitas Java semacam EJB (Enterprise Java Bean), Java CORBA, Servlet dan JSP serta Java XML (Extensible Markup Language) • Java 2 Micro Edition (J2ME) Java pada handled devices atau perangkat-perangkat semacam handphone, Palm, PDA, dan Pocket PC.
4
Token Token adalah elemen terkecil di program yang masih memiliki arti. Ada 5 token dalam bahasa java yaitu identifier, keyword, literal dan tipe data, operator, serta separator.
5
1. Identifier adalah token yang merepresentasikan nama sesuatu
1. Identifier adalah token yang merepresentasikan nama sesuatu. Sesuatu tersebut adalah variabel, atau konstanta, atau attribute, atau method, atau kelas, atau package, atau interface, atau nama file, dan lain-lain.
6
2. Keyword Kata kunci digunakan untuk suatu tujuan tertentu
2. Keyword Kata kunci digunakan untuk suatu tujuan tertentu. Ada 51 keyword dalam java yaitu :
7
3.Variabel dan konstanta
Variabel digunakan untuk menyimpan suatu nilai.dan nilai tersebut dapat diubah-ubah selama eksekusi program. Konstanta menyatakan nilai yang tidak berubah pada saat eksekusi,misalnya konstanta pi dala program matematika.
8
4. Tipe data
9
Tipe data Primitif Tipe data yang tidak di turunkan dari tipe data lain. Tiga tipe data primitif: Numeric berupa integer atau floating Boolean yang mempunyai nilai true dan false Karakter yang termasuk dalam karakter unicode
10
Tipe data komposit String Aray Class Interface
11
Berikut tabel jangkauan dan ukuran dari semua tipedata sederhana dalam java :
12
5. Operator Operator melakukan komputasi terhadap satu/dua objek data. Operan yang dioperasikan dapat berupa literal, variabel, atau nilai yang dikirim method.
14
6. Separator Separator menginformasikan ke compiler java mengenai adanya kelompok kode program.
16
Keyword break, continue, dan return
Kelompok keyword ini pada prinsipnya merupakan kendali jump (variasi lain dari goto), sehingga berakibat pengabaian sisa instruksi.
17
OOP? Apa? Mengapa? Bagaimana? Kapan? ??????
18
Definisi OOP Ada Banyak pengertian yang beredar namun dapat didefinsikan sebagai berikut: Pemograman yang berorientasi Objek (dalam arti semua kasus yang terkait dalam suatu pemograman akan dipandang/analisa dan dianalogikan dalam bentuk objek)
19
NonOOP vs OOP +Membutuhkan waktu relatif singkat untuk membuat kode yang permasalahannya sederhana -Dapat mempersulit dalam mengelola kode yang kompleks +memudahkan dalam mengelola kode yang kompleks -membutuhkan lebih banyak waktu dalam mengawali pembuatan program
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.