Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

USABILITY.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "USABILITY."— Transcript presentasi:

1 USABILITY

2 Definisi ISO ,1998 tingkat produk dapat digunakan ditetapkan oleh user untuk mencapai tujuan secara efektif dan tingkat kepuasan dalam menggunaknnya

3 Definisi Usability refers to the quality of a user's experience when interacting with products or systems, including websites, software, devices, or applications. Usability is about effectiveness, efficiency and the overall satisfaction of the user (

4 Mengukur Daya Guna Suatu Produk
Pembelajaran(learnabilitas) Keefisienan(efficiency) Kemampuanmengingat(memorability) Kadar kesalahan(errors) Kepuasan(satisfaction) Presentasi(presentation) Susunanlayar(screen layout) Istilah yang digunakan & perintah yang disediakan oleh sistem Kemampuansistem(system capabilities

5

6 PROSES PENGUMPULAN DATA PA DA PEMBA NGUNAN SK
PEMBAHASAN PENGUJIAN

7 SISTEM DENGAN DAYA GUNA TINGGI MENGURANGI BIAYA PELATIHAN, MENINGKATKAN KEPUASAN PELNGGAN

8 DAYA GUNA DOMAIN PENERIMAAN SISTEM

9 PENERIMAAN ASPEK SOSIAL, BERGANTUNG :
KEPERCAYAAN USER KEHIDUPAN SOSIAL USER

10 PENERIMAAN PRAKTIK, TERDIRI
USEFULNESS (KEGUNAAN) COST (BIAYA) RELIABILITY (KEANDALAN) COMPATIBILITY (KESESUAIAN)

11 UTILITAS  FUNGSI SISTEM USABILITY
USEFULNESS, 2 KATEGORI : UTILITAS  FUNGSI SISTEM USABILITY

12 DAYA GUNA HEURISTIK

13 MENAMPILKAN PERINTAH YANG DIPERLUKAN
DIALOG SEDERHANA MENAMPILKAN PERINTAH YANG DIPERLUKAN

14 BICARA DENGAN BAHASA USER
FRASE MUDAH DIPAHAMI ORANG (TIDAK MENGGUNAKAN SINGKATAN)

15 MENGURANGI BEBAN INGATAN USER
PENGGUNAAN MENU V.S. BARIS PERINTAH

16 KONSISTEN DICAPAI MELALUI PANDUAN USER INTERFACE YANG TELAH ADA

17 SISTEM TIMBAL BALIK Sistem seharusnya memberitahu pengguna segala aktifitas yang sedang berlaku atau status dari sistem

18 JALAN PINTAS  SHORTCUT

19 PESAN KESALAHAN YANG BAIK
HARUS JELAS , MUDAH DIPAHAMI BERSIFAT KHUSUS MENYEDIAKAN CADANGAN PENYELESAIAN

20 MENCEGAH KESALAHAN Rekayasa interface yang baik seharusnya mampu membuat user menghindari kesalahan Misal : interaksi dengan menu

21 HELP & DOKUMENTASI PENJELASAN CARA MENJALANKAN SISTEM

22 TUGAS sebuah laptop+mouse (membuka rancangan baru situs web yang masih offline dengan dummy data secukupnya) Setiap peserta pengujian diminta mengatakan apa yang sedang mereka pikirkan saat menghadapi situs web tersebut. Kami a sambil mendengar dan mengamati apa yang dilakukan oleh mereka, kami menyiapkan checklist untuk mencatat dengan mudah hal-hal yang mereka lakukan. Hasil pengamatan positif : mereka sering memilih menu “Information”, mereka semua mencoba menggunakan fungsi “Search”, mereka terampil dalam menggunakan scroll wheel pada mouse, dan mereka gemar menggunakan tombol “Back” pada browser. Pengamatan negatif: tombol A+ dan A- tidak mereka pahami sebagai tombol pengatur ukuran font, objek apapun mereka klik karena kurang jelas membedakan kursor panah dan tangan, dan mereka mencoba membaca semua tulisan yang ada. Wawancara  kami dapatkan bahwa mereka menyukai font yang lebih besar, namun tak mengira kalau ukuran font bisa diubah.

23 Kami menyimpulkan bahwa default font harus sudah berukuran besar dan perlu tanda pengatur jelas seperti “font size”, objek yang bisa diklik harus jauh lebih mencolok dibanding yang tidak bisa diklik, dan perlunya menampilkan informasi yang penting-penting saja, termasuk menonjolkan bagian-bagian yang penting (warna, ukuran/jenis font, dsb). Masalah dengan scrollbar yang kami khawatirkan ternyata tidak terjadi, karena pengguna sudah terampil menggunakan scroll wheel.


Download ppt "USABILITY."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google