Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Object-Oriented Analysis (OOA)
2
Subbahasan Object-Oriented Analysis (OOA) Pemodelan dengan UML Use Case Diagram Activity Diagram
3
OOA Pendekatan RPL yang memodelkan sistem sebagai sekumpulan objek yang saling berinteraksi
4
OOA & OOD Analisis Desain Discovery Invention What? How? Logical
Physical Analyst Designer
5
Pemodelan Model terdiri dari pembentukan abstraksi
Abstraksi merupakan penyederhanaan, karena: Mengabaikan detail yg tidak relevan Pemodelan pada OO OOM (Object-Oriented Modeling) Salah satu tool/notasi pemodelan OO UML
6
UML UML (Unified Modeling Language): UML ≠ Bahasa
Standar untuk pemodelan PL berorientasi objek Tool untuk visualisasi, spesifikasi, konstruksi, dan dokumentasi Kombinasi dari: OMT (Rumbaugh), OOSE (Ivar Jacobson), dan Booch (Grady Booch) UML ≠ Bahasa UML Notasi, bukan metodologi
7
Diagram UML Use Case Diagram Class Diagram Object Diagram
Statechart Diagram Activity Diagram Sequence Diagram Collaboration Diagram Component Diagram Deployment Diagram
8
Karaktersitik PL Static: Dynamic Implementation
Mendefinisikan bagian sistem Aspek struktural dari sistem Dynamic Mendefinisikan fitur perilaku (behavior) dari sistem Implementation Menggambarkan elemen untuk men-deploy sistem
9
Pemetaan Diagram UML Static Dynamic Implementation Use case diagram
Class diagram Dynamic Object diagram Statechart diagram Activity diagram Sequence diagram Collaboration diagram Implementation Component diagram Deployment diagram
10
Diagram UML & Siklus PL Use Case View Design View Process View
Sudut pandang fungsionalitas sistem Design View Sudut pandang struktural Class diagram dan object diagram Process View Statechart diagram, activity diagram, sequence diagram, dan collaboration diagram Component View Component diagram Deployment View Deploymeny diagram
11
Diagram untuk Pemodelan
Use Case Diagram Menggambarkan perilaku fungsional sistem dari user Class Diagram Menggambarkan struktur statis dari sistem Activity Diagram Menggambarkan perilaku dinamis terkait workflow Sequence Diagram Menggambarkan perilaku dinamis antara aktor/objek dan sistem Statechart Diagram Menggambarkan perilaku dinamis dari objek individu
12
Use Case Diagram Menggambarkan sistem dari sudut pandang user
Interaksi antara aktor dan sistem "who" can do "what“ Merupakan model utama pada UML; “jantung” UML
13
Kapan Menggunakan Use Case?
Use case sederhana dibuat pada saat analisis kebutuhan (requirement analysis) Tidak semua pengguna paham bahasa teknis Versi lebih detail dibuat sebelum implementasi rancangan
14
Elemen Use Case Diagram
Aksi atau prosedur Actor Siapa yang dilibatkan di dalam aksi Relationship Bagaimana relasi aksi Boundary Batasan sistem
15
Use Case Menggambarkan aksi yang terdapat pada sistem Penamaan unik
Umumnya berupa kata kerja Simbol:
16
Actor Entitas eksternal (orang, sistem, dsb) Penamaan unik
Umumnya kata benda Simbol:
17
Batas Sistem System boundary
Mendefinisikan batas antara actor dan sistem Dinotasikan bujur sangkar/persegi Semua use case tercakup di dalamnya System boundary
18
Diagram Use Case
19
Relasi antara Use Case Include Extend Generalization
20
Include Relasi yang menggambarkan bahwa use case X menggunakan (sepenuhnya) use case Y
21
Extend Relasi yang menggambarkan bahwa use case X menggunakan (secara opsional) use case Y atau memperluasnya
22
Generalization Menggambarkan hubungan parrent-child antara use case X dan Y.
23
Definisi Aktor & Use Case
No Aktor Deskripsi A1 Pengguna Pengguna perangkat lunak yang akan berhubungan dengan sistem untuk melakukan registrasi dan melihat laporan. A2 Administrator Administrator yang melakukan pengelolaan, pengaturan jadwal, dan melihat laporan Definisi Use Case No Use Case Deskripsi U1 Registrasi Untuk melakukan registrasi pengguna baru
24
Studi Kasus Sebuah sistem informasi restoran melibatkan 3 jenis aktor: pembeli, koki, dan kasir. Buat use case diagram-nya
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.