Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ALGORITMA & PEMROGRAMAN

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ALGORITMA & PEMROGRAMAN"— Transcript presentasi:

1 ALGORITMA & PEMROGRAMAN

2 TUJUAN PERKULIAHAN TUJUAN UMUM:
Mahasiswa dapat mempunyai kemampuan untuk menganalisa penyelesaian masalah dalam mempersiapkan suatu program komputer tanpa terikat suatu bahasa. Mahasiswa dapat memahami dan membuat suatu program secara terstruktur. TUJUAN KHUSUS Mengenal logika berpikir. Mengenal tentang alur membuat program. Dapat mengidentifikasi tipe data dan variable, array. Mengerti tentang struktur kontrol ( pencabangan, pengulangan ) Referensi : Pranata, Antony,2000 , Algoritma dan Pemrograman, J&J Learning, Yogjakarta Rinaldi Munit, “ Buku Teks Ilmu Komputer : Algoritma dan Pemrograman Dalam Bahasa Pascal dan C, “ 2nd edition, Penerbit Informatika Bandung, 1999,

3 Materi perkuliahan Pengantar Algoritma dan Pemrograman.
Konsep Bahasa Permrograman dan Terstruktur Bahasa Pemrograman dan Flowchart. Tipe Data,Keywords, Konstanta, dan Variabel Operator. Input & Output statement. Conditional ( if - then). Iterasi (Pengulangan). Array (Larik). Procedure dan Fungsi. Record Searching & Sorting

4

5 PENDAHULUAN Program adalah kata, ekspresi, pernyataan atau kombinasi yang disusun dan dirangkai menjadi satu kesatuan prosedur yang menjadi urutan langkah untuk menyesuaikan masalah yang diimplementasikan dengan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman merupakan prosedur atau tata cara penulisan program dalam bahasa pemrograman, terdapat dua faktor penting yaitu sintaksis dan semantik. Sintak adalah aturan-aturan gramatikal yang mengatur tata cara penulisan kata, ekspresi dan pernyataan sedangkan semantik adalah aturan-aturan untuk menyatakan suatu arti. Contoh : Write, Read. Pemrograman merupakan proses mengimplementasikan urutan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan bahasa pemrograman.

6 Bahasa Pemrograman Adalah alat untuk membuat program
Contoh: C, C++, C#, Pascal, Basic, Perl, PHP, ASP, JHP, Java, dll. Perbedaan: cara memberikan instruksi Persamaan: bertujuan menghasilkan output yang sama

7 KELOMPOK BAHASA PEMROGRAMAN
Bahasa Tingkat Rendah (Low Level Language), bahasa yang berorientasi pada mesin. Pemrogram dengan bahasa ini harus berpikir berdasarkan logika mesin berpikir, sehingga bahasa ini kurang fleksibel dan sulit dipahami. Contoh : Bahasa mesin, Bahasa rakitan (assembly). Bahasa Tingkat Menengah (Middle Level Language), bahasa pemrograman yang menggunakan aturan-aturan gramatikal dalam penulisan ekspresi atau pernyataan dengan standar yang mudah dipahami manusia serta memiliki instruksi-instruksi tertentu yang langsung bisa diakses oleh komputer. Contoh : Bahasa C.

8 Kelompok Cont… Bahasa Tingkat Tinggi (Hight Level Language), bahasa pemrograman yang menggunakan aturan-aturan gramatikal dalam penulisan ekspresi atau pernyataan dengan standar bahasa yang langsung dapat dipahami oleh manusia. Contoh : Bahasa Pascal, Basic, COBOL . 4. Bahasa Berorientasi Objek (Object Oriented Programming), Pemrograman berdasarkan prinsip obyek, dimana obyek Pemrograman berdasarkan prinsip obyek, dimana obyek memiliki data/variabel/ property dan method/event/prosedur memiliki data/variabel/property dan method/event/prosedur yang dapat dimanipulasi. Contoh : Delphi, Visual Basic, C++ , C#, F#, JAVA, Visual Studio

9 Interpreter dan Compiller
Agar komputer memahami program yang disusun dengan bahasa pemrograman, maka dibutuhkan suatu penerjemah yaitu Interpreter dan Compiller. Interpreter merupakan penerjemah bahasa pemrograman yang menerjemahkan instruksi demi instruksi pada saat eksekusi program. Pada saat penerjemahan interpreter akan memeriksa sintaksis (sintak program), semantik (arti perintah), dan kebenaran logika. Jika ditemukan kesalahan sintaksis (syntak error) maka interpreter akan menampilkan pesan kesalahan dan eksekusi program langsung terhenti. Compiler merupakan penerjemah bahasa pemrograman yang menerjemahkan instruksi-instruksi dalam satu kesatuan modul ke dalam bahasa mesin (objek program), kemudian objek program akan mengalami linking yang berfungsi untuk menggabungkan modul-modul tersebut dengan modul-modul lain yang berkaitan seperti data tentang karakteristik mesin, file-file pustaka atau objek program lainnya yang berkaitan dengan objek lainnya menghasilkan file Executable program yang akan dieksekusi oleh komputer.

10

11 Siklus Hidup Perangkat Lunak (Software)
Dilihat dari Struktur Sistem Komputer dan Siklus diatas, Algoritma Pemrograman menempati posisi dibagian implementasi karena bagian implementasi merupakan bagian dimana pemrogram melakukan proses coding (pembuatan program).

12 SEKIAN


Download ppt "ALGORITMA & PEMROGRAMAN"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google