Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Desain User Interface dan Input
PERTEMUAN 5 Desain User Interface dan Input
2
Pokok Pembahasan: Desain User Interface Analisa Input SIA
Desain Input SIA Bentuk Input
3
Desain User Interface User Interface merupakan suatu sistem yang membantu pengguna (user) untuk berkomunikasi dengan sistem komputer dan sistem aplikasi.
4
Desain User Interface Tipe pengguna (user): Ahli Pemula
Umumnya desain interface saat ini berasumsi pemakai adalah pemula yang sedang dalam proses menjadi ahli. Desain antarmuka perlu memperhatikan: Faktor pemakai Faktor human engineering Dialog dan istilah
5
Tipe User Interface Natural-language interfaces
Question-and-answer interfaces A menu interface Form-fill interfaces Command-language interfaces Graphical User Interfaces (GUI)
6
Permasalahan Dalam Desain User Interface
Penggunaan jargon atau singkatan-singkatan komputer yang berlebihan Desain yang tidak jelas Ketidakmampuan membedakan tindakan-tindakan alternatif yang harus dipilih pemakai Pendekatan problem-solving yang tidak konsisten Desain yang tidak konsisten
7
Pemecahan Masalah: Pahami user dan tugas mereka
Libatkan user dalam desain antarmuka Uji sistem dengan melibatkan user Lakukan proses desain secara iteratif
8
Syarat Desain Interface
Layar harus diformat agar berbagai info, perintah, pesan muncul di area layar yang konsisten Pesan, perintah, informasi jangan terlalu panjang Jangan terlalu sering memakai atribut display yang mengganggu seperti blinking, highlight,dsb Nilai default dibuat jelas Antisipasi error yang mungkin dibuat user Jika ada error, user mestinya tidak boleh melanjutkan tanpa memperbaiki error tsb Jika user melakukan sesuatu yang membahayakan sistem, keyboard harus terkunci dan pesan untuk meminta bantuan teknisi harus dimunculkan
9
Syarat Dialog Gunakan kalimat sederhana dan benar
Jangan mencoba melucu Jangan menghina
10
Syarat Istilah Jangan gunakan jargon komputer
Hindari singkatan jika mungkin Konsistesi dengan pemilihan istilah Pilihlah istilah yang tepat untuk perintah
11
Latar Belakang Desain Input
Ditinjau dari perspektif pengguna, memasukkan data secara langsung ke dalam tabel basis data tidaklah mudah. Sistem yang mudah dioperasikan tidak mengharuskan pengguna untuk menemukan dimana seluruh data disimpan dan kemudian melihat atau memasukkan data di tabel lainnya. Pengguna akhir (user) tidak harus mengetahui desain tabel atau mencari tabel yang diperlukan untuk menyimpan data. Menempatkan data dari banyak tabel ke tabel lainnya dapat digantikan dengan satu form input saja.
12
Pengertian Input Input merupakan aliran data yang berisi atribut-atribut data. Input digunakan untuk memproduksi output.
13
Jenis Input Maintenance input: adalah energi yang dimasukkan supaya sistem dapat beroperasi. Signal input: adalah energi yang diproses untuk didapatkan keluaran. Sebagai contoh didalam sistem komputer, program adalah maintenance input yang digunakan untuk mengoperasikan komputernya dan data adalah signal input untuk diolah menjadi informasi.
14
Karakteristik Input Ditentukan Oleh:
PROSES Bagaimana data ditangkap (capture), di-entry dan data processing METODE dan TEKNOLOGI yang digunakan untuk mendapatkan dan memasukkan data
15
Karakteristik Input Berdasarkan Prosesnya
Input data bisa dilakukan pada waktu yang berbeda. Hal ini ditentukan oleh jenis pemrosesan yang dibedakan menjadi: batch processing, data dikumpulkan ke dalam file dan diproses setelah seluruh batch-file selesai di-entry. on-line processing, data langsung diproses pada waktu dientry remote batch processing, data di-entry dan di-edit secara on-line, tetapi dikumpulkan untuk diolah secara bersama sesuai urutan prosesnya.
16
Karakteristik Input Berdasarkan Metodenya
Data Capture : Yaitu Proses menemukan dan mengumpulkan data (pada sumbernya) Source Document : form yang dipakai untuk mencatat transaksi bisnis sekaligus menunjukkan jenis transaksinya Data Entry : Proses memindahkan data dari source data (source document) ke dalam format yang dapat dibaca oleh komputer
17
Jenis Form Berdasarkan hubungan antara form dengan tabel:
Satu form untuk mencatat data di satu tabel Satu form untuk mencatat data di dua tabel atau lebih Dua form atau lebih untuk mencatat data di satu tabel
18
Metode Implementasi Input
Keyboard Mouse Touch Screen Point-of-sale terminals Sound and speech Automatic data capture Optical mark recognition (OMR) Optical character recognition (OCR) Magnetic Ink Electromagnetic transmission Smart cards Biometric
19
Metode Implementasi Input
Keyboard: data dimasukkan dengan menggunakan keyboard. Merupakan cara umum, paling banyak mengundang error Mouse: digunakan bersamaan dengan keyboard untuk memudahkan entry Touch Screen: data dimasukkan pada touch screen display atau handled device Point Of Sales: data dimasukkan oleh karyawan yang secara langsung berinteraksi dengan pelanggan. Mis : cash register
20
Metode Implementasi Input
Automatic Data Capture (ADC) Sound : data dimasukkan dengan touch tone (mis : dari telpon) Optical Mark : data disimpan dalam optical scan. Di-capture secara otomatis Magnetic Ink : membaca data yang magnetized (mis : pensil 2B). Biasanya untuk data yang memerlukan akurasi tinggi Smart Card : menggunakan smart card. Dibaca langsung Biometric : memakai sensor biometric. Biasanya untuk data medis
21
Langkah Desain Input Identifikasi input sistem dan review kebutuhan pemakai Pilih kontrol GUI yang sesuai: Text Box Option Group Check Box List Box Desain, validasi, dan tes input menggunakan beberapa kombinasi alat bantu layout dan prototyping Jika perlu, buat pula desain dokumen sumber (formulir yang dipakai untuk menyimpan data transaksi)
22
Desain Input DATA PERKIRAAN Kode Akun : xxxxxx
Nama Akun : xxxxxxxxxxxxxxxxxxxx Tipe Akun : xxxxxxxxxxxxxxxxxxxx Top Prev Next End Add Save Delete Find Close Data Grid
23
WARNING!!!!!!! Pertemuan 6 (Enam) Pengumpulan Tugas IV “HIPO dan Flowchart”
24
TERIMAKASIH
25
Latihan Soal Desain antar muka atau user interface perlu memperhatikan: Faktor pemakai Natural language interface A menu interface GUI Command language interface
26
Latihan Soal 2. Pemecahan masalahan dalam user interface antara lain:
Penggunaan singkatan yang berlebihan Desain yang tidak jelas Uji sistem dengan melibatkan user Pendekatan yang tidak konsisten Desain yang tidak konsistenper
27
Latihan Soal 3. Syarat dialog dalam user interface yaitu:
Hindari singkatan jika mungkin Konsisten dengan pemilihan istilah Pemilihan istilah yang tepat Gunakan kalimat sederhana dan benar Jangan gunakan jargon
28
Latihan Soal 4. Metode yang digunakan untuk implementasi input adalah:
Data capture Data entry Batch processing Touch screen Metode dan teknologi
29
Latihan Soal 5. Langkah-langkah desain input adalah:
Menemukan dan mengumpulkan data pada sumbernya Memindahkan data ke dalam format yang dapat dibaca Desain, validasi dan tes input menggunakan beberapa kombinasi alat bantu layout dan prototyping Data langsung diproses pada waktu entry Metode yang digunakan untuk mendapatkan data
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.