Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Algoritma & pemrograman 1B

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Algoritma & pemrograman 1B"— Transcript presentasi:

1 Algoritma & pemrograman 1B
MATERI 2 AKTIFITAS DASAR PEMROGRAMAN JAVA

2 Langkah pembuatan Java Application
1).Klik File -> New Project 2).Kemudian akan Tampil Jendela New Project, pilih Java Pada Categories dan Java Aplication Pada Project, kemudian klik next. 3).Setelah itu akan tampil Jendela New Java Application, tentukan nama Project dan juga Folder penyimpanan, Kemudian Klik Finish.

3 1 2 3

4 4). Selanjutnya akan tampil Project yang dibuat pada layar sebelah kanan di jendela Project.

5 5).Selanjutnya untuk membuat sebuah File baru, Klik kanan pada Project LatihanJava -> pilih new -> Java Class

6 6).Ketikan nama Class yang akan di buat, kemudian finish.

7 7).Setelah berhasil membuat sebuah file/Class maka akan tampil jendela pengetikan program yang akan dibuat.

8 Selanjutnya dapat mengetikan kode-kode Program seperti dibawah ini:

9 Latihan Latihan Program membuat class dengan nama : [NamaAnda]. Hasil dari program yang harus tampil di layar : Welcome to Java Programming [NamaAnda]!!!

10 Mengenal Tipe Data Java memiliki delapan tipe data primitive, meliputi 4 tipe untuk bilangan bulat, 2 tipe untuk bilangan pecahan dan sisanya untuk karakter dan Boolean.

11 Tipe Bilangan Bulat (Integer)

12 Integer– byte, short, int & long
Tipe data integer dalam Java menggunakan tiga bentuk- yaitu desimal, oktal atau heksadesimal. Contohnya, 2 //nilai desimal 2 077 //angka 0 pada awal pernyataan mengindikasikan nilai oktal 0xBACC //karakter 0x mengindikasikan nilai heksadesimal Tipe-tipe integral memiliki default tipe data yaitu int. Anda dapat merubahnya ke bentuk long dengan menambahkan huruf l atau L. Tipe data integer memiliki range sebagaiberikut:

13 Tipe Bilangan Pecahan (Floating Point)

14 Floating Point – float dan double
Tipe Floating point memiliki double sebagai default tipe datanya. Floating-point literal termasuk salah satunya desimal point atau salah satu dari pilihan berikut ini, E or e //(add exponential value) F or f //(float) D or d //(double) Contohnya adalah, 3.14 //nilai floating-point sederhana (a double) 6.02E23 //A nilai floating-point yang besar 2.718F //A nilai float size sederhana. 123.4E+306D //A nilai double yang besar dengan nilai redundant D Pada contoh yang ditunjukkan diatas, 23 setelah E pada contoh kedua bernilai positif. Contoh tersebut sama dengan 6.02E+23. Tipe data Floating-point memiliki range sebagai berikut:

15 Data karakter (Char) Tipe data Character digunakan untuk mendefinisikan sebuah karakter yang merupakan simbol dalam karakter Set, seperti huruf dan angka. Keyword tipe data Character ini yaitu char, dengan ukuran 16 bit. Tipe data ini harus memiliki ciri berada dalam tanda single quotes(’ ’). Sebagai contoh, ‘a’ //Huruf a ‘\t’ //A tab Untuk menampilkan karakter khusus seperti ' (single quotes) atau " (double quotes), menggunakan karakter escape \. Sebagai contoh, '\'' //untuk single quotes '\"' //untuk double quotes Meskipun String bukan merupakan tipe data primitif (namun merupakan suatu Class). String mewakili tipe data yang terdiri atas beberapa karakter. contoh,String message=“Hello world!”

16 Tipe Data Boolean Tipe data Boolean digunakan untuk menangani keadaan logika atau keadaan dengan dua kemungkinan nilai. Nilai yang dapat digunakan adalah true(benar) dan False(salah). Contoh : boolean result = true; Contoh yang ditunjukkan diatas, mendeklarasikan variabel yang dinamai result sebagai tipe data boolean dan memberinya nilai true.

17 Variabel Variabel adalah suatu tempat menampung data atau konstanta dimemori yang mempunyai nilai atau data yang dapat berubah-ubah selama proses program. Atau bisa juga di jelaskan Variabel menyatakan suatu lokasi di dalam memori computer yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai dan nilai yang ada di dalamnya bisa diubah

18 Dalam pemberian nama variabel, mempunyai ketentuan-ketentuan antara lain Tidak boleh ada sepasi ( cth : gaji bersih ) dan dapat menggunakan tanda garis bawah ( _ ) sebagai penghubung (cth : gaji_bersih). Tidak boleh diawali oleh angka dan menggunakan operator aritmatika. Pembacaan variable dalam pemrograman java bersifat case sensitive.

19 Variabel Variabel adalah item yang digunakan data untuk menyimpan pernyataan objek. Variabel memiliki tipe data dan nama. Tipe data menandakan tipe nilai yang dapat dibentuk oleh variabel itu sendiri. Nama variabel harus mengikuti aturan untuk identifier. Deklarasi dan Inisialisasi Variabel Untuk deklarasi variabel adalah sebagai berikut, <data tipe> <name> [=initial value]; Catatan: Nilainya berada diantara <> adalah nilai yang disyaratkan, sementara nilai dalam tanda [] bersifat optional.Berikut ini adalah contoh program yang mendeklarasikan dan menginisialisasi beberapa variabel,

20 public class VariableSamples
{ public static void main( String[] args ){ //deklarasi tipe data dengan nama variable // result dan tipe data boolean boolean result; //deklarasi tipe data dengan nama variabel // option dan tipe data char char option; option = 'C'; //menandai 'C' sebagai option //grade, double tipe data dan telah di inisialisasi //to 0.0 double grade = 0.0; }

21 Menampilkan Data Variabel
Untuk mengeluarkan nilai dari variabel yang diinginkan, kita dapat menggunakan perintah sebagai berikut, System.out.println() System.out.print() Berikut ini adalah contoh program, public class OutputVariable { public static void main( String[] args ){ int value = 10; char x; x = ‘A’; System.out.println( value ); System.out.println( “The value of x=” + x ); } Berikut ini adalah contoh program tersebut akan mengeluarkan teks berikut pada layar, 10 The value of x=A

22 System.out.println() vs. System.out.print()
Apa yang membedakan diantara perintah System.out.println() and System.out.print()? Yang pertama menambahkan baris baru pada akhir data untuk dikeluarkan, sementara selanjutnya tidak. Perhatikan pernyataan tersebut, System.out.print("Hello "); System.out.print("world!"); Pernyataan tersebut akan menghasilkan output berikut ini pada layar, Hello world! Sekarang perhatikan pernyataan berikut, System.out.println("Hello "); System.out.println("world!"); Pernyataan ini akan menghasilkan output sebagai berikut pada layar, Hello world!

23 Membuat Komentar Pada bahasa pemrograman manapun komentar program biasa digunakan untuk memberikan penjelasan baris atau blok program suapaya pembaca program atau programer lainnya supaya bisa mengerti bagian-bagian program tersebut. Ada 3 (tiga) cara memberikan komentar program pada Java, yaitu : End Of Line Comment ( // ) Multiple Line Comment ( /* */) Javadoc Comment ( /** */)

24 Kode program contoh penggunaan Variabel, Konstanta dan Komentar

25 Setelah diJalankan berikut tampilan Output

26 Tugas buatlah program untuk menghitung luas: Segitiga Lingkaran
Bujur sangkar Eksekusi program serta Berikan penjelasan sintaks program. Print screen output, diketik dan dikumpulkan dalam bentuk print out kertas.


Download ppt "Algoritma & pemrograman 1B"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google