Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehSuharto Cahyadi Telah diubah "7 tahun yang lalu
1
MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0
DISUSUN OLEH : Lius Luaha ( ) Karuniaman Bu’ulolo ( ) Amel Grace Purba ( ) Quratu Ayuni purba ( ) Fitria Anggraini ( ) FAKULTAS SAINS, TEKNOLOGI DAN INFORMASI UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA MEDAN 2016
2
PENDAHLUAN Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5. Media pembelajaran yang ada sekarang tersedia dalam beberapa bentuk diantaranya dalam bentuk buku dan e-learning. Buku memiliki keterbatasan hanya dapat menampilkan informasi berupa teks dan gambar, mudah rusak terkena air atau robek, serta menyulitkan untuk dibawa kemana-mana karena membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Dengan adanya aplikasi ini kita tidak perlu menggunakan buku, cukup dipasang di laptop maupun di komputer anda. Kelebihannya lagi dengan macromediaflash ini, bisa kita export lagi ke dalam bentuk website, sehingga dimanapun kita berada kita bisa mengaksesnya, cukup terkoneksi dengan internet.
3
Pengertian pembelajaran
Pembelajaran merupakan suatu rangkaian peristiwa yang kompleks dan sistematis. Dalam peristiwa tersebut terjadi interaksi guru dan siswa dalam rangka perubahan sikap dan pola pikir yang menjadi kebiasaan bagi siswa yang bersangkutan. Guru berperan sebagai pengajar dan siswa sebagai pelajar. Belajar dan mengajar adalah dua kegiatan yang terjadi bersamaan, tetapi memiliki makna yang berbeda, sebagaimana yang diungkapkan Suherman (2003) bahwa “Peristiwa mengajar selalu disertai dengan peristiwa belajar, ada guru yang mengajar maka ada pula siswa yang belajar. Namun, ada siswa yang belajar belum tentu ada guru yang mengajar, sebab belajar bisa dilakukan sendiri Pengertian pembelajaran
4
Jenis-Jenis Media pembelajaran
Media Audio, Merupakan media yang isi pesannya hanya diterima melalui indera pendengaran Media Visual, merupakan media yang hanya mengandalkan indra penglihatan dengan menggunakan alat proyektor Media Audio-Visual, disebaut juga sebagai media video. Video merupakan media yang digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran Multimedia , media yang dapat menyajikan unsur media secara lengkap, seperti : animasi. Multimedia sering diidentikan dengan komputer, internet dan pembelajaran berbasis komputer Media Realita, yaitu media nyata yang ada di dilingkungan alam, baik digunakan dalam keadaan hidup maupun sudah diawetkan, seperti : binatang, spesimen, herbarium dll.
5
Pengertian Macromedia flash 8.0
Macromedia Flash adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems Version 8.0 Mengenal Macromedia Adobe Flash Flash merupakan suatu program grafis multimedia dan animasi yang dibuat oleh perusahan Macromedia untuk keperluan pembuatan aplikasi web interaktif mau pun animasi yang berkembang pada saat ini. Program ini banyak digunakan untuk membuat game, kartun, presentasi dan model pembelajaran interaktif. Terdapat beberapa versi dari macromedia flash yang berkembang saat ini meskipun saat ini tidak lagi milik macromedia melainkan Adobe Flash. Namun pada diktat ini akan dipelajari mengenai animasi yang dibuat oleh Macromedia Flash 8 Pengertian Macromedia flash 8.0
6
Area kerja flash terdiri atas lima komponen, yaitu Menu, Toolbox, Timeline, Stage dan Panel.
7
Materi Pembelajaran kuis
Materi yang ada dalam aplikasi ini adalah materi tentang komputer, dimana disitu ada materi komputer tentang WEB, Hardware, Software, dan jaringan. Semua soal yang ada di dalam dicampur dengan semua materi tersebut. Didalam aplikasi tersebut ada 100 Soal, dan dalam 100 Soal tersebut terdapat 3 Level, yaitu : LEVEL 1, LEVEL 2, & LEVEL 3. Materi Pembelajaran kuis
8
Interface menu utama Menu utama berisi fitur-fitur aplikasi, Ada Kalimat “SELAMAT DATANG DI APLIKASI GAME KUIS” (untuk mengucapkan selamat datang kepada para peserta kuis) dan masih terdapat beberapa fitur-fitur lain pada aplikasi ini yaitu : MAIN, TENTANG, DAN PETUNJUK. Hasil dari pembahasan
9
Tabel Hasil Test Program
MAIN MENU INPUT OUTPUT MENU UTAMA List dipilih = MAIN Memulai kuis List dipilih = TENTANG Tampilan Tentang aplikasi List dipilih = PETUNJUK Tampilan Tentang Petunjuk KUIS NO.1 List dipilih = Home Kembali ke Menu Utama HASIL List dipilih = MAIN LAGI Mengulang kuis List dipilih = MAIN MENU Kembali Ke Menu Utama Tabel Hasil Test Program
10
Inilah tampilan jika kita sudah memulai kuis
Inilah tampilan jika kita sudah memulai kuis. Ada nomor soal, jumlah score, menu home dan ada TIMER dimana sudah ada waktu yang di tentukan. Jumlah score berfungsi menampilkan score yang sudah kita dapat, jika salah maka score tetap. Menu home untuk membatalkan kuis, dan kembali ke menu utama. Nah di pojok bawah kiri ada tulisan level 1, maka dari situlah kita mengetahui level berapa yang kita sedang kerjakan Interface menu MAIN
11
Interface menu TENTANG
Pada menu ini terdapat penjelasan tentang aplikasi ini, dan pembuat dari aplikasi ini. Tekan tombol back jika ingin kemenu utama Interface menu TENTANG
12
Interface menu PETUNJUK
Pada tampilan ini memberikan informasi tentang cara bermain kuis dalam aplikasi ini. Untuk menjawab setiap soal anda tinggal klik tombol A,B,C, & D. Cek sound untuk cek suara benar, salah dan waktu habis. Keterangan dalam level Level 1 ada 30 soal, dan jika score dibawah 150 maka anda gagal dalam level 1 tetapi jika score anda 150 keatas maka anda dapat berhak melanjutkan level 2. Dengan waktu 300S/soal Level 2 ada 33 soal, dan jika score lebih kecil dari 400 maka anda gagal tetapi jika score anda 400 diatas maka anda dapat melanjutkan ke level 3. Dengan waktu 260S/soal Level 3 ada 37 soal, dan jika score lebih kecil dari 750 maka anda gagal tetapi jika score anda 750 diatas maka anda dinyatakan lulus. Dengan waktu 240S/soal
13
Tampilan jika berhasil ataupun tidak berhasil
Inilah tampilan jika kita berhasil melampaui pada level 1, kita berhak untuk melanjutkan ke level selanjutnya
14
*Tampilan jika gagal Inilah tampilan jika kita gagal melampaui pada level 1, kita tidak berhak untuk melanjutkan ke level selanjutnya, maka cuman sampai disitulah kita bisa mengerjakan kuis. Jika mau ngulangi silahkan klik MAIN LAGI
15
Setelah melalui beberapa tahapan dalam menyelesaikan Aplikasi Media Pembelajaran Kuis berbasis macromedia flash 8.0 dapat disimpulkan bahwa : Aplikasi Pembelajaran Kuis berbasis macromedia flash berhasil dibuat. Aplikasi Pembelajaran Kuis berbasis macromedia flash 8. dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran komputer yang menyajikan informasi materi tentang WEB, Hardware, Software, dan jaringan dengan menggunakan komputer maupun laptop Kesimpulan
16
Pada penulisan makalah ini tentu masih terdapat kekurangan yang dapat disempurnakan lagi pada penelitian berikutnya. Agar aplikasi ini dapat menjadi lebih sempurna, terdapat beberapa saran yang dapat dipergunakan diantaranya : Interface yang dibuat pada aplikasi ini masih sederhana berbasis teks, gambar, dan audio bisa ditambahkan elemen animasi supaya setiap soal dapat lebih jelas lewat dengan animasi yang dibuat. Aplikasi di tambahkan dengan fitur gambar 3 dimensi. Materi yang disediakan masih materi komputer, sehingga perlu media penyimpanan untuk memuat informasi yang lebih banyak lagi . Aplikasi yang dikembangkan lebih lanjut diharapkan bisa di akses lewat internet dan setiap hasil yang didapat bisa dikirim secara otomatis di E- Mail Masing-masing (*dalam mengerjakan kuis harus terhubung dengan jaringan internet). Dan yang lebih baik lagi jika bisa diakses dengan menggunakan android, sehingga gampang dibawa kemana-mana Saran
17
TERIMAKASIH
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.