Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehSonny Hendra Susanto Telah diubah "7 tahun yang lalu
1
Object Oriented Programing (OOP)
2
Disusun Oleh: Eva Novita Sari ( ) Tutikl Lipriati ( ) Eunike Melody ( ) Fahrulis Udzualita ( ) Aniska Hidayana ( ) Ika Cahyani ( ) Gabriella Ruth ( ) Roudhotul Jannah ( ) Afita Ismawati ( ) Firda Eka Alda ( )
3
Object Oriented Programming (OOP) adalah
Suatu metode dalam pembuatan program, dengan tujuan untuk menyelesaikan kompleksnya berbagai masalah program yang terus meningkat. Ada dua bagian penting dalam Object Oriented Programming yaitu properties dan event. Properties memiliki nama dan nilai, sementara event hanya memiliki nama dan biasanya berhubungan dengan method, behavior, function dan action.
4
Dalam melakukan pemecahan masalah Object Oriented Programming tidak memandang bagaimana cara memecahkan suatu masalah secara terstruktur, melainakn bagaimana suatu masalah itu dapat diselesaikan dengan menentukan objek-objek apa saja yang dapat memecahkan masalah tersebut.
5
Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
Kelas Merupakan kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Objek Merupakan dasar dari sebuah modul dan struktur dalam sebuah program komputer yang berorientasi objek.
6
Abstraksi Merupakan kemampuan sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diproses olehnya atau kemampuan untuk mefokus pada inti. Enkapsulasi Merupakan sebuah metode yang memastikan pengguna tidak dapat mengubah sebuah objek secara leluasa, hanya metode dalam objek tersebut yang diizinkan untuk mengakses keadaannya. Dalam kata lain mengontrol hak akses pengguna dalam melakukan perubahan pada suatu objek.
7
Bahasa pemrograman yang mendukung OOP antara lain:
8
Visual Foxpro Bahasa pemrograman berorientasi objek dan prosedural dari Microsoft. Awalnya bahasa pemrograman ini dikenal dengan nama FoxBASE yang diluncurkan oleh Fox Software pada awal Fox Technologies kemudian bergabung dengan Microsoft pada 1992 sehingga di depan nama FoxBASE ditambahkan awalan "Visual".
9
Java Bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal.
10
C++ Bahasa pemrograman komputer C++ dikembangkan di Bell Labs (Bjarne Stroustrup) pada awal tahun an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu BCL, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix, Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan, Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bel labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an
11
Pascal (bahasa pemrograman)
Bahasa pemrograman yang pertama kali di buat oleh Profesor Niklaus Wirth, seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971.
12
Visual Basic Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman
13
SIMULA Nama untuk dua bahasa pemrograman simulasi, Simula I dan Simula 67, dikembangkan pada tahun di Pusat Komputasi Norwegia di Oslo, oleh Ole-Johan Dahl dan Kristen Nygaard. Sintaksis, itu merupakan superset cukup setia ALGOL 60. Simula dianggap sebagai bahasa pemrograman berorientasi objek pertama.
14
Smalltalk Smalltalk adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Xerox PARC. Ide dasar Smalltalk meliputi : Semua adalah objek. Objek bisa saling berkomunikasi melalui messages atau berita. Semua tersedia untuk dimodifikasi.
15
Ruby Bahasa pemrograman open source dinamis, mudah dimengerti dan produktif. Sintaks Ruby elegan, natural, mudah dibaca dan ditulis.
16
Python Python merupakan bahasa pemrograman yang memungkinkan Anda bekerja lebih cepat dan mengintegrasikan sistem Anda lebih efektif. Anda dapat belajar menggunakan Python dan melihat keuntungan hampir langsung dalam produktivitas dan biaya pemeliharaan yang lebih rendah.
17
PHP(Personal Home Page)
Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.
18
Eiffel ISO-standar, berorientasi objek bahasa pemrograman yang dirancang oleh Bertrand Meyer (seorang pendukung objek-orientasi dan penulis Object-Oriented Software Konstruksi) dan Software Eiffel.
19
Perl Bahasa pemrograman untuk segala keperluan, dikembangkan pertama kali oleh Larry Wall di mesin Unix. Perl dirilis pertama kali pada tanggal 18 Desember 1987 ditandai dengan keluarnya Perl 1. Pada versi-versi selanjutnya, Perl tersedia pula untuk berbagai sistem operasi varian Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.
20
Adobe Flash AS 3.0 AS 3 adalah sebuah bahsa pemrograman multimedia yang ada pada Flash versi Adobe (Flash CS3, CS4 dan Versi sekarang CS5), sedangkan AS 2 ada pada Macromedia tapi dapat juga di jalankan di Flash versi Adobe.
21
Konsep Pengembangan Aplikasi Visual Berbasis Object Oriented Programming
Object Oriented Programming berperan dalam mendefinisikan pemrograman yang rutin dan bersifat terstruktur, sedangkan pemrograman visual mendefinisikan secara visual bagaimana programmer atau user menjalankan program tersebut sehingga tampilan nyata yang ada pada program tersebut dapat kita ketahui. Pemrograman visual memungkinkan pengguna untuk lebih fokus pada pemecahan masalah daripada cara menangani bahasa pemrograman.
22
Pemrograman visual dapat menunjukkan objek- objek yang digunakan dalam mencari solusi atau pemecahan masalah secara grafis atau nyata. Objek-objek yang digunakan tersebut menggunakan konsep object oriented programming. Dengan adanya pemrograman visual kita dapat secara real melihat bagaimana sebuah program dapat dengan mudah dilihat dan dipahami melalui interface atau penghubung yang berbentuk nyata.
23
Pengenalan Object Oriented Programming dalam Pemrograman Visual Menggunakan C++ Builder
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.