Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehHerman Jayadi Telah diubah "7 tahun yang lalu
1
PEMBELAJARAN PERMAINAN INVASI (INVATION GAMES) & Langkah-langkah pembelajaran model tgfu
TIM PENGAMPU FIK UNY 2011
2
Kategori permainan Target Games Permainan di mana pemain menggerakkan objek, terutama dengan tingkat akurasi tinggi, pada suatu target dengan pukulan sesedikit mungkin Striking/Fielding Games Tujuannya adalah memukul objek, biasanya bola, untuk dijauhkan dari pemain bertahan di lapangan Net/ Wall Games Menggerakkan objek ke udara melampaui net sehingga lawan tidak mampu mengembalikan Invasion Games Tujuanya adalah untuk menginvasi daerah lawan dengan tujuan untuk mencetak skor dan melindungi daerahnya dari skor lawan
3
Amatilah gambar2 di samping keterangan di atas
Pertanyaan Refleksi Apa yang sama tentang permainan2 tersebut dalam kategori yang sama? (aturan, teknik, keterampilan, strategi)? Adakah sesuatu yang sama di mana siswa dapat belajar dalam kategori yang sama? Dapatkah kesamaan ini dapat ditransfer di antara tipe permainan yang mirip? Bagaimana Anda dapat mengajar tema-tema kategori permainan yang sama?
4
CONTOH PERMAINAN INVASI, STRIKING/FIELDING, NET, & TARGET
5
Definisi PERMAINAN INVASI (INVATION GAMEs)
Tujuanya adalah untuk menginvasi atau menyerang daerah lawan dengan tujuan untuk mencetak skor secara simultan (sebanyak-banyaknya) dan melindungi daerahnya dari skor lawan. Biasanya lawan saling berhadapan langsung (terdapat body contact/benturan fisik). Regu/tim pencetak skor terbanyak dinyatakan sebagai pemenang. Ex: Basketball, Hockey, Football, Soccer, Team Handball, Water polo.
6
lanjutan Keterampilan dan konsep:
1. Konsep menyerang: Mempertahankan kepemilikkan: mengumpan, menerima, mendrible, dll. Penetrasi/menyerang: mengumpan dan menerima dengan akurat, melewati lawan, perubahan kecepatan. 2. Konsep bertahan: Keterampilan pemain mempertahankan daerah (zoning devend): perubahan posisi, perubahan kecepatan, berlari dalam berbagai arah, menjaga lawan (man to man marking). Keterampilan pemain bertahan khusus: gerakan kaki. Keterampilan perubahan konsep: melihat sekelilingnya, gerakan kaki, berlari, perubahan arah dengan cepat.
7
Problem Taktik dalam Permainan Invasi (CONTOH DALAM SEPAKBOLA)
Mencetak gol Mencegah gol Memulai permainan
8
Problem pada saat akan Mencetak Gol
Menjaga kepemilikan bola Menyerang gawang lawan Menciptakan kesempatan/ruang saat menyerang Menggunakan/memanfaatkan kesempatan/ruang saat menyerang
9
Problem pada saat akan Mencegah Gol
Mempertahankan/menjaga ruang Mempertahankan/menjaga daerah gawang (zone deffend) Merebut bola
10
Problem pada saat akan Memulai permainan
Kick off Lemparan ke dalam (throw in) Tendangan penjuru (corner kick) Tendangan bebas (Free kick) Jump ball, dll.
11
Reffrensi/daftar pustaka
Mitchell, Stephen A., Judith Oslin, dan Linda Griffin. Teaching Sport Concepts and Skills: A Tactical Games Approach. Human Kinetics: Cambridge, IL. LAIN-LAIN (Bisa dicari di Internet) Reference List Websites: (Contains video clips) (see speaker notes from MPETA/ CAHPERD Conference) (Course Profiles)
12
Model Perkuliahan permainan invasi (invasion games teaching model)
Pembelajaran dengan Model TGFU Peer Teaching model Ceramah Demonstrasi Simulasi
13
Pembelajaran TGFU Game or game-form, menekankan pada sebuah masalah taktik (tantangan) sebelum mengidentifikasi dan berlatih keterampilan. Question, mengumpulkan para siswa secara bersamaan dan bertanya dengan memfokuskan mereka pada masalah taktik dan bagaimana. Practice, tugas-tugas latihan yang digunakan untuk mengembangkan kesadaran taktik, melalui pembelajaran yang berpusat pada guru. Game, situasi permainan untuk memperkuat masalah taktik atau keterampilan yang diberikan di awal.
14
Pembelajaran TGFU 1. Game (game-form or full-game)
2. Questions (class discussion) 3. Practice (teacher directed) 4. Game
15
Teaching Games for Understanding (TGfU)
Pendekatan untuk mengembangkan pemikiran taktik melewati sejumlah permainan yang berbeda
16
Penilaian dalam tgfu Harus bepusat pada kemampuan para siswa untuk membuat dan mengambil keputusan selama bermain permainan. Dapat dilakukan dengan: Statistik permainan. Seperti: ball posession, shooting, dll Evaluasi pembuatan keputusan dan penampilan bermain para siswa. GPAI (Games Performance Assesment Instrument) – menilai keputusan para siswa baik pengambilan maupun dukungan.
17
tugas Bekerja secara berkelompok 2 kelompok: @ 25 orang (1 dosen)
1) tgl 22/10/11: maju 8 mhs, lgsg ’ (90’) 2) tgl 05/11/11: maju 7 mhs, lgsg ’ (90’) 3) tgl 19/11/11: maju 6 mhs, lgsg ’ (90’) 4) tgl 26/11/11: maju 4 mhs, lgsg ’ (90’) Pilih salah satu jenis permainan/olahraga invasi (sepakbola, bolabasket, bola tangan, dan hoki) serta satu masalah taktik. Buat langkah-langkah pembelajaran (permainan- pertanyaan-latihan tugas-permainan) Berikan beberapa contoh pertanyaan yang mungkin akan anda tanyakan pada siswa setelah terlibat pada permainan pertama.
18
PENYAMPAIAN MATERI: 1. PENDAHULUAN 2. MATERI INTI 3. PENUTUP
Ingat-ingat apapun jenis mainannya, buat anak: make it fun & healt make it active make it educational
19
Sistem Keolahragaan Nasional (SKN)
UU RI No. 3 Thn 2005 bab VI pasal 17, ruang lingkup olahraga dibagi menjadi 3: 1. Olahraga Pendidikan 2. Olahraga Rekreasi 3. Olahraga Prestasi Di mana/apa tugas seorang guru? Mengajar? Mendidik? Melatih?
20
Keterlambatan Pengumpulan RPP atau Tugas-Tugas akan diberi Nilai:
Nb: CATATAN Keterlambatan Pengumpulan RPP atau Tugas-Tugas akan diberi Nilai: “Nol / 0”.
21
UNSUR-UNSUR PENILAIAN
Partisipasi Kelas 10% Jurnal Refleksi Diri dan RPP 30% Jurnal Peer Teaching 20% (Koreksi dari Teman seJawat dan Dosen) Praktik Mengajar 40%
22
Sampai Jumpa Pada Pertemuan Selanjutnya !!!
TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.