Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Membangun Aplikasi Mobile

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Membangun Aplikasi Mobile"— Transcript presentasi:

1 Membangun Aplikasi Mobile

2 Dua Model SDLC Aplikasi Mobile
SDLC Aplikasi Mobile = SDLC Aplikasi umum lainnya Kegiatannya dipilah-pilah & dikelompokkan menjadi: - Fase ANALISIS KEBUTUHAN (Requiments) - Fase PERANCANGAN (Design) - Fase CODING - Fase PENGUJIAN - Fase IMPLEMENTASI SISTEM Perbedaan model-model SDLC terletak pada: Pengelompokkan kegiatan & istilah tiap fase Produk tiap fase Dua model SDLC paling populer : 1. WATERFALL 2. ITERATIVE and INCREMENTAL SPIRALS

3 WATERFALL Metode konvensional/klasik SDLC
Analisis Kebutuhan Perancangan Coding Pengujian Implementasi Sistem Aplikasi dibangun tahap per-tahap. Sebuah tahap baru dapat dilakukan hanya jika tahap sebelumnya selesai dilakukan ─ Model Waterfall ini TIDAK FLEKSIBEL & TIDAK ADAPTABLE terhadap kesalahan yg ditemukan dalam fase sebelumnya

4 ITERATIVE & INCREMENTAL SPIRALS
Pendekatan modern, lebih realistis: Problem sering kali ditemukan saat fase berikutnya dijalankan Aplikasi dibangun melalui model PERULANGAN & PENINGKATAN SEDIKIT DEMI SEDIKIT IMPLEMENTASI SISTEM PERENCANAAN Release 1 Release 2 Release 3 Setiap 1 siklus dilaksanakan dengan cepat (Trial Error) Setiap kali Coding selesai, sistem di-uji/release  ditemukan problemnya, peningkatan dokumentasi & fungsi sistem Siklus pengembangan diulang2 hingga sistem dapat diterima (memenuhi tujuan)

5 ITERATIVE & INCREMENTAL SPIRALS
IMPLEMENTASI SISTEM PERENCANAAN Release 1 Release 2 Release 3 Kelebihan Metode ini: + Risiko overtime dapat diminimasi + Perkembangan proyek/aplikasi mudah diamati dan bukti fisik langsung terlihat tiap kali releasing + Semakin awal release/ujicoba aplikasi semakin cepat mengungkap analisis kebutuhan dan problem2 yg belum terakomodasi (release ~ prototype)  REKOMENDASI untuk SDLC Aplikasi Mobile

6 Detail Tahapan-Tahapan SDLC Aplikasi Mobile
PERENCANAAN (Planning) ANALISIS KEBUTUHAN (Requirements) PERANCANGAN (Design) PENULISAN CODE PROGRAM (Coding) PENGUJIAN (Testing) IMPLEMENTASI SISTEM & RELEASE

7 PERENCANAAN (Planning)
Menyusun & Merencanakan PT2M: People (tim)? Time? Materials (hardware, software, tools, SDKs)? Money?

8 ANALISIS KEBUTUHAN (Requirements)
Terdapat 5 kelompok Analisis Kebutuhan yang harus diinvestigasi Analisis kebutuhan PENGGUNA Analisis kebutuhan BISNIS Analisis kebutuhan FUNGSIONAL Sistem Analisis kebutuhan OPERASIONAL Analisis kebutuhan SISTEM Analisis kebutuhan LAINNYA

9 Analisis kebutuhan PENGGUNA
Tanyakan ke calon pengguna sistem (end-user, operator, staf help-desk, administrator): - penginnya TAMPILAN sistem seperti apa? - Bagaimana Pengguna Berinteraksi dengan Sistem? - Bagaimana Dokumentasi Sistem yang diinginkan? 2. Analisis kebutuhan BISNIS Tanyakan & Definisikan: a. Apa tujuan Bisnis dikembangkannya sistem? b. Hitung berapa Total Biaya untuk setiap pengadaan Mobile Device untuk setiap orang (Total Cost of Ownership – TCO), mencakup * Biaya bahan/material: hardware, software, layanan jaringan * Biaya pengembangan aplikasi: honor pengembang * Biaya operasional: biaya operasional sehari2, supports & pelatihan Ingat: Biaya  Biaya cukup 1 kali pengeluaran (ct. pembelian alat)  Biaya rutin (ct. support, biaya operasional)

10 2. Analisis kebutuhan BISNIS
Tanyakan & Definisikan: c. Apa Keuntungan dari Kepemilikan sistem baru ? (Total Benefit of Ownership – TBO): ct. peningkatan produktivitas karyawan, peningkatan pemasukan persh. Hasil dr peningkatan produktivitas, peningkatan akurasi, peningkatan keamanan, penurunan biaya hasil dari efisiensi dan proses perulangan d. Hitung waktu balik modalnya (Return of Investment – ROI)? Perhitungan ROI ini terkait dengan perbandingan Total Benefit of Ownership (TBO) dengan Total Cost of Ownership (TCO)

11 3. Analisis kebutuhan FUNGSIONAL Aplikasi
Tanyakan fungsi-fungsi apa yang akan mampu dilakukan aplikasi? a. FUNGSI-FUNGSI SPESIFIK Aplikasi? b. FUNGSI-FUNGSI AKSES : Authentication, Enrollment, Access Control? c. FUNGSI-FUNGSI PELENGKAP ct: print report, copy data…

12 PERANCANGAN (Design) Lakukan 1. PERANCANGAN ARSITEKTUR SISTEM
2. PERANCANGAN BASIS DATA  ERD, Normalisasi  Tabel yang dibutuhkan 3. PERANCANGAN USER-SYSTEM INTERFACE  Diagram Menu  Tampilan Tiap Page 4. PERANCANGAN MODEL  Flowchart

13 CODING TESTING Fungsionalitas (Functionality) ?
Kemudahan Penggunaan (Usability) ? Performance ? Keamanan ? Dua pilihan metode: 1. BLACK BOX : Input Vs Output 2. WHITE BOX : detail tiap komponen/fungsi


Download ppt "Membangun Aplikasi Mobile"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google