Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 4 PROGRAMMING LANGUAGE.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 4 PROGRAMMING LANGUAGE."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 4 PROGRAMMING LANGUAGE

2 PROLOG: THE COMPUTER SYSTEM
HARDWARE SOFTWARE BRAINWARE PROGRAMMING O/ S GAMES APPLICATIONS

3 PROGRAMMING FRAMEWORK
FILE APLIKASI COMPILING RUNNING SOURCE CODE MEMORI/ RAM OPERATING CODING USER PROGRAMMER

4 LATIHAN SOAL Buatlah algoritma + flowchart untuk memasak mi instan!
Buatlah algoritma + flowchart untuk naik angkot/ bus kota! Buatlah algoritma + flowchart untuk memasak telur!

5 AKAR PERS. KUADRAT Mulai Masukkan nilai variabel A, B, C
Hitung D = B2 – 4*A*C Jika D = 0 maka X1 = X2 = – B/(2*A) Tapi jika D < 0 maka X1, X2 Imaginer selain itu maka X1,2 = (– B ± √D)/(2*A) Tampilkan X1, X2 Selesai

6 FLOWCHART AKAR PERSAMAAN KUADRAT
Start Input Nilai A, B, C D = 0 ? Cetak X1, X2 End X = (– B ± √D)/(2*A) D = B2 – 4*A*C X1 = X2 = – B/(2*A) Y T D < 0 ? X1, X2 Imaginer DIKET: Y = AX2 + BX + C FLOWCHART AKAR PERSAMAAN KUADRAT

7 Bilangan Faktorial Mulai
Masukkan N (N adalah bilangan yang akan dihitung nilai faktorialnya) Set variabel Faktorial  1 Set variabel Angka  1 Hitung Faktorial  Faktorial * Angka Angka  Angka + 1 Apakah Angka > N ? Jika TIDAK kembali ke langkah (4). Jika YA tampilkan nilai Faktorial. Selesai

8 Faktorial = Faktorial * Angka
FLOWCHART FAKTORIAL EX. 4! = 4 x 3 x 2 x 1 = 24 Start Input N Faktorial = Faktorial * Angka A Angka > N ? Cetak Faktorial End Faktorial  1 Angka  1 Angka = Angka + 1 T Y

9 PROGRAMMING STEPS ANALISA MASALAHNYA KETIK SOURCE CODE-NYA
INPUT-NYA APA SAJA? ALGORITMA PROSESNYA BAGAIMANA? OUTPUT-NYA APA? KETIK SOURCE CODE-NYA HEADER FILES  #include < library > GLOBAL SECTIONS  VARIABEL GLOBAL, FUNGSI BANTU MAIN SECTIONS  VARIABEL LOKAL, INPUT, PROSES, OUTPUT JALANKAN PROGRAMNYA  ADA ERROR ? TES HASILNYA  SUDAH BENAR ? BUAT ARSIP/ DOKUMENTASINYA

10 VARIABEL & TIPE DATA Variabel = penyimpan nilai/ data.
Setiap masalah harus dianalisa terlebih dahulu variabel apa saja yang terlibat/ dibutuhkan. Setiap variabel ditentukan tipe datanya yang sesuai. Variabel Utama  menyimpan data input/ output Bantu  dipakai selama proses Tipe data Angka  int, float, double, long, single Karakter  char Turunan  array, struct, union, pointer

11 INPUT & OUTPUT FORMAT Angka  %i, %d, %f Huruf/ karakter  %c
String/ array of char  %s Alamat memori  %p INPUT scanf(format, variabel)  scanf ( “%d”, &angka ); getch(), getche(), getchar() gets(variabel)  gets ( nama ); OUTPUT printf(kalimat, variabel)  printf ( “IPK = %f“, ipk ); putch(), putchar() puts(variabel)  puts ( alamat );

12 CONTROL STRUCTURES SEQUENTIAL/ URUTAN BRANCHING/ PERCABANGAN
Program dijalankan mulai dari perintah paling atas/ awal sampai paling akhir secara berurutan/ sekuensial. BRANCHING/ PERCABANGAN Penyeleksian kondisi (TRUE/ FALSE) untuk menentukan proses selanjutnya LOOPING/ PERULANGAN Mengulangi proses selama syarat/ kondisi tertentu terpenuhi

13 SEQUENTIAL/ URUTAN Action 1 Action 2 Action 3 Entry Exit

14 BRANCHING/ PERCABANGAN
Entry Condition 1 Action 1 Condition 2 Action 3 Action 2 Exit TRUE FALSE

15 LOOPING/ PERULANGAN Action 1 Action 2 Action 3 Entry Exit if 1 if 2

16 IF - ELSE Biasa digunakan untuk seleksi nilai/ data
Kondisi jamak  ((kondisi_1) &&/ || (kondisi_2)) if (kondisi=TRUE) jalankan_statement_ini if (kondisi=TRUE) statement_1 else statement_2 // if kondisi=FALSE else if (kondisi=TRUE) statement_2 else statement_3 // if kondisi=FALSE if (kondisi=TRUE) if (kondisi=TRUE) nested_statement

17 SWITCH - CASE Biasa digunakan untuk membuat menu dalam program
switch (variabel_pilihan) { case nilai_1 : statemen_1; break; case nilai_2 : statemen_2; break; case nilai_3 : statemen_3; break; default: statemen_default; } Bisa berbentuk nested/ bersarang

18 LOOP FOR Syntax source code lebih ringkas
Biasa dipakai untuk perulangan yang sudah jelas jumlah perulangannya for(nilai_awal; syarat_ulang; inc/dec) { statemen_yang_akan_diulang2; }

19 LOOP WHILE & DO-WHILE Biasa dipakai untuk perulangan dengan kondisi bersyarat/ logika while (kondisi=TRUE) { jalankan_statemen_ini; } do

20 NESTED LOOP Perulangan bersarang (terjadi di dalam perulangan)
Yang biasa dipakai adalah loop FOR karena lebih mudah & ringkas Contoh kasus yang sering dipakai adalah pengolahan tampilan, angka dan matrik for(int i=1; i<=5; i++) { for(int j=1; j<=i; j++) printf(“%d “, j); // milik loop for dalam printf(“\n”); // milik loop for luar }

21 FUNGSI Adalah subrutin/ subprogram/ potongan program
Mempunyai tugas tertentu Mempunyai bagian RETURN VALUE dan PARAMETER/ ARGUMEN Ada istilah deklarasi & prototype fungsi tipe_return_value nama_fungsi (parameter) { statemen2; // badan fungsi return (return_value/ variabel); }

22 ARRAY 1 DIMENSI ARRAY adalah TIPE DATA TURUNAN
1 variabel bisa untuk menyimpan banyak data yang bertipe sama Memiliki indeks untuk tiap elemen Umumnya menggunakan LOOPING untuk INPUT, PROSES & OUTPUT data-datanya

23 ARRAY MULTIDIMENSI (2) Mempunyai elemen BARIS & KOLOM
Dapat dipakai untuk representasi sebuah MATRIK Struktur data untuk rekapitulasi informasi berdasar baris dan kolom  TABEL, misal: penjualan barang Memakai NESTED LOOPING dalam operasinya

24 STRUCT STRUCT adalah TIPE DATA TURUNAN
1 variabel bisa untuk menyimpan beberapa data yang bisa berbeda tipenya Menggunakan operator titik (.) untuk mengakses tiap elemen datanya. Seringkali dikombinasikan dengan ARRAY  ARRAY of STRUCT

25 POINTER Adalah TIPE DATA TURUNAN
Variabel bertipe pointer digunakan untuk menyimpan ALAMAT sebuah data, BUKAN NILAI datanya. Operator yang sering dipakai: &  mendapatkan alamat memori *  mengakses nilai dari sebuah pointer


Download ppt "Pertemuan 4 PROGRAMMING LANGUAGE."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google