Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Arsitektur Komputer Genap 2004/2005

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Arsitektur Komputer Genap 2004/2005"— Transcript presentasi:

1 Arsitektur Komputer Genap 2004/2005
REPRESENTASI DATA

2 Tipe Data Informasi biner pada komputer digital disimpan pada memori atau register Tipe data: Bilangan --> digunakan pada operasi aritmetik huruf/alfabet --> digunakan pada pengolahan data simbol lain -->digunakan untuk tujuan tertentu

3 Tipe Data Semua data dikodekan dalam bentuk pengkodean biner --> karena register dibuat dari flip-flop dan flip-flop merupakan suatu piranti yang hanya menyimpan 0 dan 1

4 Sistem Bilangan Sistem bilangan dengan basis atau radix r adalah suatu sistem bilangan yang menggunakan simbol r digit Untuk menentukan bilangan representasi -> dilakukan dengan penjumlahan hasilkali tiap-tiap digit dengan r^n

5 Sistem Bilangan - Desimal
Sistem bilangan desimal yang digunakan sehari-hari --> menggunakan radix 10 Bilangan radix 10 menggunakan simbol 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 Contoh: 724,5 7x x x x10-1 artinya: 7 ratusan, 2 puluhan, 4 satuan dan 5 sepersepuluhan

6 Sistem Bilangan - Biner
Sistem bilangan biner menggunakan radix 2 Menggunakan simbol 0 dan 1 menyatakan 1x25 + 0x24 + 1x23 + 1x22 + 0x21 + 1x20 = 45 sehingga (101101)2 = (45)10

7 Sistem Bilangan - Oktal dan Heksadesimal
Selain sistem bilangan biner dan desimal, sistem bilangan oktal (radix 8) dan hexadesimal (radix 16) sering digunakan pada sistem komputer digital Sistem bilangan oktal menggunakan simbol: 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7 Sistem bilangan heksadesimal menggunakan simbol 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C, D, E, F

8 Sistem Bilangan - Oktal
Konversi ke sistem bilangan desimal dilakukan dengan menjumlahkan bobot-bobot digit Contoh (736,4)8 = 7x82 + 3x81 + 6x80 + 4x8-1 = 7x64 + 3x8 + 6x1 + 4/8 = (478,5)10

9 Sistem Bilangan - Heksadesimal
Contoh (F3)16 = Fx16 +3 = 15x16 +3 = (243)10 Konversi dari desimal ke sistem radix r --> harus dilakukan pemecahan integer dan pecahannya Konversi integer dilakukan dengan pembagian berulang Konversi pecahan dilakukan dengan perkalian berulang

10 Konversi Bilangan Contoh konversi (41,6875)10 ke biner
(41,6875)10 = (101001,1011)2

11 Konversi Bilangan Konversi antar sistem bilangan biner, oktal dan heksadesimal penting pada komputer digital Satu digit oktal berkorespondensi dengan 3 bit biner, dan 1 digit heksadesimal berkorespondensi dengan 4 bit biner

12 Konversi Bilangan Konversi biner ke oktal
mengelompokkan tiap 3 bit biner mengkonversikan tiap kelompok ke oktal Konversi biner ke heksadesimal mengelompokkan tiap 4 bit biner mengkonversikan tiap kelompok ke heksadesimal

13 Konversi Bilangan Contoh

14 Konversi Bilangan Konversi oktal ke biner
konversikan tiap digit oktal menjadi 3 bit biner Konversi heksadesimal ke biner konversikan tiap digit heksadesimal menjadi 4 bit biner

15 Konversi Bilangan Tabel Konversi - Binary Coded Octal

16 Konversi Bilangan Tabel Konversi - Binary Coded Hexadecimal

17 Konversi Bilangan Sistem bilangan biner digunakan dalam komputer, manusia lebih akrab dengan sistem desimal Penyelesaian: konversi ke biner, komputer mengolah dalam biner, hasilnya dikonversikan ke desimal sehingga mudah dipahami user

18 Konversi Bilangan Perbedaan antara sistem biner dengan BCD
99 --> , tapi pada BCD Bilangan desimal dinyatakan dalam bentuk 0,1,2, …, 9, sedangkan BCD direpresentasikan dalam 0001, 0010, 0011, …, 1001

19 Konversi Bilangan Tabel Konversi - BCD

20 Representasi Alfanumerik
Banyak aplikasi komputer tidak hanya memerlukan data bilangan saja, namun juga huruf alfabet dan karakter khusus Karakter alfanumerik adalah set elemen yang termasuk 10 digit desimal, 26 huruf alfabet, dan karakter khusus seperti $, +, dan =. Satu set terdiri dari 32 dan 64 elemen atau 64 dan 128 elemen --> diperlukan pengkodean 6 atau 7 bit

21 Representasi Alfanumerik - ASCII
Standard yang digunakan ASCII (American Standard Code for Information Interchange), yang menggunakan 7 bit untuk mengkodekan 128 karakter Desimal digit ASCII dapat dikonversikan ke BCD dengan membuang 3 bit tertinggi 011

22 Tabel ASCII

23 Komplemen Digunakan untuk menyederhanakan operasi pengurangan atau manipulasi logika Tedapat dua tipe komplemen sistem basis r: r’s complement (r-1)’s complement Pada bilangan biner (r=2) dikenal 1’s complement dan 2’s complement Pada bilangan desimal (r=10) dikenal 9’s complement dan 10’s complement

24 (r-1)’s Complement Diberikan bilangan N dengan basis r yang mempunyai n digit, maka (r-1)’s complement dari N didefinisikan sebagai: (rn-1)-N Untuk sistem desimal r=10 dan r-1 = 9, maka 9’s complement dari N adalah (10n-1)-N

25 (r-1)’s Complement Untuk sistem biner r=2 dan r-1=1, sehingga 1’s complement dari N adalah (2n-1)-N

26 r’s Complement r’s complement dari bilangan N dengan n-digit dan basis r didefinisikan sebagai rn-N Dibandingkan dengan (r-1)’s complement, r’s complement diperoleh dengan menambahkan 1 pada (r-1)’s complement rn-N = (rn-1)-N+1

27 Pengurangan Bilangan Takbertanda
Metode langsung pengurangan digunakan metode borrow --> metode ini sudah dilakukan dengan “paper and pencil” Pada implementasi hardware, metode tersebut kurang efisien dibandingkan dengan metode komplemen

28 Pengurangan Bilangan Takbertanda
Pengurangan dua bilangan takbertanda M-N dalam basis r dilakukan sbb: Jumlahkan minuend M ke r’s complement dari substrahend N. Menghasilkan M + (rn-N) = M - N + rn Jika MN, penjumlahan akan menghasilkan carry rn yang diabaikan, sehingga menghasilkan M-N Jika M<N, penjumlahan tidak menghasilkan carry dan menghasilkan rn-(N-M), yang merupakan r’s complement dari (N-M)

29 Pengurangan Bilangan Takbertanda - Contoh
Tidak terdapat carry

30 Representasi Fixed Point
Integer positif termasuk nol dapat dinyatakan dengan bilangan takbertanda Untuk bilangan negatif --> diperlukan notasi/representasi untuk bilangan negatif Dalam aritmetik, tanda dinyatakan dalam + atau - Karena keterbatasan hardware, komputer harus menyatakan segalanya dengan kode-kode 0 dan 1

31 Representasi Fixed Point
Bit tanda diletakkan pada bit yang “paling kiri” Kesepakatan nilai sign bit 0 --> bilangan positif 1 --> bilangan negatif

32 Representasi Integer Terdapat 3 cara Signed-magnitude representation
Signed-1’s complement Signed-2’s complement

33 Signed magnitude Terdiri atas 2 field Bit MSB --> tanda
Bit sisanya --> magnitude

34 1’s dan 2’s complement Bilangan negatif dinyatakan dengan operasi 1’s complement atau 2’s complement bilangan positifnya

35 Contoh Representasi bilangan bertanda 14 dalam register 8 bit
Untuk +14 = Untuk -14 Signed magnitude 1’s complement 2’s complement

36 Perbandingan Signed magnitude --> tidak digunakan dalam sistem komputer 1’s complement --> terdapat kesulitan karena 0 mempunyai 2 pernyataan (+0 dan -0). Hanya digunakan pada komputer lama. Berguna hanya pada operasi logika 2’s complement --> digunakan dalam sistem komputer

37 Penjumlahan Aritmetik
Mengikuti aturan penjumlahan aritmetik Jika tanda kedua operand sama, jumlahkan kedua operand, dan tanda hasil penjumlahan gunakan tanda salah satu operand Jika tanda berbeda, kurangkan operand yang magnitudenya lebih kecil dari operand yang magnitudenya lebih besar, tanda hasil penjumlahan gunakan tanda operand yang magnitudenya lebih besar

38 Penjumlahan Aritmetik
Pada sistem 2’s complement --> penjumlahan tidak dilakukan dengan pengurangan atau pembandingan Penjumlahan dilakukan sbb: jumlahkan kedua bilangan langsung, termasuk sign bit untuk hasil jumlahan --> abaikan carry

39 Penjumlahan Aritmatik - Contoh
Operasi yang dilakukan selalu penjumlahan, termasuk sign bit

40 Pengurangan Aritmetik
Pengurangan dua bilangan 2’s complement dilakukan sbb: Operasikan 2’s complement pada substrahend dan kemudian jumlahkan hasilnya ke minuend termasuk sign bit Prosedur ini didasarkan pada: (A)-(+B)=(A)+(-B) (A)-(-B)=(A)+(+B)

41 Pengurangan Aritmetik - Contoh
Pengubahan dari bilangan positif ke negatif --> dengan 2’s complement Contoh:

42 Overflow Jika penjumlahan 2 bilangan n digit menghasilkan n+1 digit maka disebut dengan overflow Penjumlahan dengan ‘paper and pencil’--> tidak ada masalah dengan overflow Penjumlahan dengan komputer digital --> overflow menjadi masalah karena ukuran register yang terbatas Komputer perlu mendeteksi adanya overflow

43 Overflow Diketahui pada saat terjadi perubahan tanda
(+) + (+) = (-) atau (-) + (-) = (+) Overflow tidak akan terjadi pada saat penjumlahan bilangan yang berbeda tanda

44 Overflow - Contoh

45 Overflow - Deteksi Dengan mengamati carry out dengan carry yang terjadi pada posisi sign bit Jika sama maka overflow tidak terjadi Jika beda maka terjadi overflow Secara digital --> gunakan gerbang XOR Overflow --> keluaran gerbang = 1 Tidak overflow --> keluaran gerbang = 0

46 Representasi Fixed Point - Desimal
Representasi desimal pada register dinyatakan menggunakan kode biner Keuntungan penggunaan desimal --> input dan output komputer berupa data desimal Representasi bilangan desimal bertanda dalam BCD mirip dengan representasi bilangan bertanda dalam biner

47 Representasi Fixed Point - Desimal
Sign bit dinyatakan dalam 4 bit Tanda (+) --> 0000 Tanda (-) --> 1001 10’s complement sistem BCD ubah menjadi 9’s complement hasilnya ditambah dengan 1

48 Representasi Fixed Point - Desimal - Contoh
Penjumlahan (+375) + (-240) = +135 pada 10’s complement Tanda 9 menunjukkan bilangan negatif

49 Representasi Floating-Point
Mempunyai dua bagian tanda dan bilangan fixed-point --> mantissa posisi titik desimal/biner --> eksponen Contoh: +6132,789 dinyatakan sebagai

50 Representasi Floating-Point
Dinyatakan sebagai m x re hanya mantissa m dan eksponen e yang dinyatakan dalam register Untuk bilangan biner +1001,11 =

51 Representasi Floating-Point
Bit fraction yang paling kiri menandakan tanda + Bilangan floating point ekuivalen dengan m x 2e = +(, )2 x 2+4 Bilangan floating point dikatakan ternormalisasi jika most significant bit mantissa tidak bernilai nol

52 Kode Biner Lain - Gray Code
Kode Gray merupakan kode yang tidak berbobot dan bukan suatu kode aritmetika tidak ada bobot tertentu yang dikandung oleh bit-bit dalam posisinya masing-masing Hanya terdapat satu perubahan bit saja pada saat terjadi perubahan dari dua kode Gray yang berurutan Digunakan untuk aplikasi posisi shaft (shaft position)

53 Gray Code - Tabel

54 Kode Desimal Lain Kode biner untuk digit desimal memerlukan 4 bit
Dapat menggunakan pengkodean yang berbeda-beda Contoh: Kode BCD 8421, 2421, Excess-3, Excess-3 Gray

55 Kode Desimal Lain - Tabel

56 Kode Desimal Lain - Pembobotan
Contoh: Kode 8421 dan Kode 2421 Setiap bit memiliki bobot tertentu Contoh: Kode 2421 dari (1101)2 memiliki arti: 2x1 + 4x1 + 2x0 +1x1 = 7 Kode BCD memiliki pembobotan 8421 sehingga sering disebut dengan kode 8421

57 Kode Desimal Lain – Excess
Digunakan pada komputer lama, yang merupakan kode tak berbobot. Diperoleh dari kode BCD ekuivalen ditambah dengan ‘3’ atau (0011)2 Dari tabel, kode Gray tidak cocok digunakan sebagai kode desimal (jika kita lihat 10 data pertama)  transisi ‘9’ (1101) ke ‘0’ (0000) harus mengubah 3 bit Kemudian hanya digunakan mulai data baris ke 3 yaitu 0010 sampai ke 12 (1010)  transisi ‘9’ ke ‘0’ hanya perlu transisi 1 bit Karena kode digeser sebanyak 3 maka disebut dengan excess-3 Gray

58 Diskusi Any Questions??


Download ppt "Arsitektur Komputer Genap 2004/2005"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google