Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANALISIS DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANALISIS DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK"— Transcript presentasi:

1 ANALISIS DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
INTERACTION DIAGRAM ANALISIS DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK

2 Tujuan Menjelaskan kegunaan diagram interaksi
Menjelaskan langkah pendekatan pembuatan diagram interaksi Dapat membuat diagram interaksi untuk aliran dalam use case

3 Diagram use-case digunakan untuk memvisualisasikan dan mendeskripsikan eksternal view sistem dan eksternal urutan aksi-reaksi antara sistem/usecase dengan aktor (disebut skenario). Diagram interaksi digunakan memodelkan interkasi antar obyek dalam sistem

4 Menggambarkan interaksi antar objek yang terdapat dalam sebuah realisasi use-case.
tBerupa step-by-step aliran (flow) yang terdapat dalam realisasi use-case; terdiri dari: – Objek apa saja yang dibutuhkan dalam aliran? – Message apa saja yang dikirim dari objek ke objek lain? – Aktor apa yang menginisiasi aliran? Tujuan diagram interaksi adalah untuk mendapatkan aliran (flow) interaksi antar objek yang mendeskripsikan sebuah skenario.

5 Diagram interaksi menunjukkan langkah-langkah kerjasama antar obyek use-case
Obyek apa saja yang terlibat, pesan apa yang dikirm serta urutannya. Dimungkinkan ada beberapa alternatif aliran (dengan tujuan yang sama)sehingga dibutuhkan beberapa diagram interaksi untuk satu use case Minimal dipunyai satu diagram interaksi untuk satu alternatif yang sukses (happy case); dan beberapa interaksi untuk alternatif kasus yang tidak sukses. Contoh: pada CatatPembelian, happy case terjadi pada saat pencatatan berhasil, sedangkan alternatif lain jika terjadi pencatatan gagal karena kesalahan memasukkan kode.

6 Terdapat dua macam Diagram Interaksi:
Contoh lain :Pada persoalan apotik , use case ‘ menjual obat dengan resep’ , memilki beberapa diagram interaksi. ‘happy case’ ditampilkan apa saja yg terjadi secara wajar, sedangkan alternartifnya apa yang terjadi jika stok kosong, apa yang terjadi ketika petugas salah memasukan resep Semua skenario yang berbeda tersebut didokumentasikan dalam diagram interaksi Terdapat dua macam Diagram Interaksi: Sequence Diagram Collaboration Diagram

7 Diagram sekuen diagram interaksi yang menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display, dan sebagainya) berupa message yang digambarkan terhadap waktu terdiri atas dimensi vertikal (waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait).

8 Diagram sekuen Biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respons dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu. Diawali dari apa yang men-trigger aktivitas tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa yang dihasilkan

9 Message berbeda dengan Method, dimana method adalah fungsi dari kelas yang berisi statement untuk menggambarkan apa yang terjadi ketika suatu message diterima (misalnya perubahan state, ekstrak informasi)

10 Masing-masing sequence diagram akan menggambarkan aliran pada suatu use case. Kita dapat membaca diagram ini dari atas ke bawah dengan melihat pada objek-objek dan pesan-pesan (message). Objek-objek yang berperan dalam aliran diperlihatkan pada kotak empatpersegi panjang yang melintas pada bagian atas diagram. Masing-masing objek, termasuk aktor, memiliki lifeline vertikal. Message digambarkan sebagai garis berpanah dari satu objek ke objek lainnya. Pada fase desain berikutnya, message akan dipetakan menjadi operasi/metoda dari class. Activation bar menunjukkan lamanya eksekusi sebuah proses, biasanya diawali dengan diterimanya sebuah message.

11 Kategori Obyek Persistent entity(obyek enttas)  obyek yang menangani informasi. Beberapa kata benda dalam aliran kejadian akan menjadi obyek entitas Objek boundary (obyek pembatas)  obyek pembatas sistem dengan lingkungannya (antarmuka/jendela sebuah aplikasi terhadap pemakai atau aplikasi lainnya). Objek controller obyek opsional yang mengontrol aliran dalam use case.Mengkoordiasikam obyek dan kesluruhan logika aliran

12 Objek/klas Boundary

13 Objek/klas Boundary

14 Objek Control

15 Objek Entitas

16 Langkah pembuatan Diagram sekuens
Temukan objek Identifikasi benda/noun yang terdapat dalam aliran kejadian/skenario  Benda tersebut dapat saja berupa aktor, objek atau atribut dari objek. Identifikasikan objek saja, kategorikan objek tersebut menjadi objek entity, boundary dan control. Temukan aktor: yaitu pihak yang menginisiasi aliran/skenario. Tambahkan message ke dalam diagram, Message adalah komunikasi antar objek yang menggambarkan aksi yang akan dilakukan. Message terjadi antar dua buah objek dimana satu objek (disebut client) meminta objek lain (disebut supplier) untuk melakukan sesuatu

17 Case Study: CatatPembelian

18 Case Study: CatatPembelian

19 Diagram Sekues Validasi PIN ATM

20 Contoh : Use Case Diagram Perpustakaan

21 Diagram sekuens : Login

22 Diagram sekuens : Mengelola data buku

23 Diagram sekuens : Mengelola Pinjaman

24 Tipe notasi message

25 Collaboration Diagram
Merupakan cara alternatif untuk menampilkan suatu skenario Menampilkan interaksi obyek yang terorganisasi di sekitar obyek dan hubungannya dengan obyek yang lain. Berisi Obyek, yang digambarkan dalam rectangle Link antar obyek, diperlihatkan sebagai garis yang menghubungkan dengan obyek lain. Message ditunjukkan sebagai teks dan panah yang mengarah dari client ke supplier.

26 Mengapa terdapat 2 diagram berbeda?
Sequence diagram digunakan untuk menggambarkan suatu skenario berdasar urutan waktu Apa yang terjadi selanjutnya. Customer lebih mudah untuk membaca dan memahami jenis diagram ini. Sangat berguna pada tahapan awal fase analisa

27 Mengapa terdapat 2 diagram berbeda?
Collaboration diagrams memberikan suatu gambaran besar skenario karena kolaborasi yang terorganisasi antar obyek satu dengan yang lainnya. Digunakan lebih banyak pada fase desain

28 Anatomy Collaboration Diagram
Collaboration Diagram mendeskripsikan pola interaksi antar object. Diagram ini menunjukkan object-object yang terlibat dalam interaksi melalui link dan message yang dikirim antar object Object dapat direpresentasikan: NamaObject:NamaClass NamaObject :NamaClass Link adalah hubungan antar object yang dapat digunakan untuk mengirim message. Link digambarkan dengan garis solid antar dua object Message : pengertiannya sama dengan message pada sequence diagram

29 Contoh Sequence diagram
Sequence and Collaboration Diagrams

30 Contoh Collaboration diagram
Sequence and Collaboration Diagrams

31 Sequence and Collaboration Diagrams

32 Sequence and Collaboration Diagrams
Fun Example Objects Sequence and Collaboration Diagrams

33 Fun Example Sequence diagram
Sequence and Collaboration Diagrams

34 Fun Example Sequence diagram
Sequence and Collaboration Diagrams

35 Fun Example Collaboration diagram
Sequence and Collaboration Diagrams

36 Sequence Diagram F5

37 Sequence Diagram

38 Collaboration Diagram

39 Collaboration vs Sequence Diagram
Collaboration Diagram Menunjukkan hubungan disamping interaksi Lebih baik untuk memvisualisasikan pattern of collaboration Lebih baik untuk memvisualisasikan semua efek dari object yang diberikan Lebih mudah digunakan untuk sesi brainstorming Sequence Diagram Menunjukkan urutan message secara eksplisit Lebih baik dalam memvisualisasikan keseluruhan aliran Lebih baik dalam memvisualisasikan spesifikasi yang real time dan scenario yang kompleks

40 THE END Question ?


Download ppt "ANALISIS DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google