Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Multimedia Authoring Tools
2
Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Menunjukkan Penggunaan Video pada Aplikasi Multimedia
3
Types of Authoring System Multimedia Programming Tools
Outline Materi Multimedia Authoring Types of Authoring System Multimedia Programming Tools
4
Multimedia Authoring Authoring tools provide an integrated environment for binding together the different elements of a Multimedia production. alat Authoring menyediakan lingkungan terpadu untuk mengikat bersama berbagai elemen produksi Multimedia.
5
The Components of an Authoring Tool
Most authoring systems provide facilities for: Loading and saving media assets (graphics, sounds, videos, text, etc.) Memuat dan menyimpan media yang aset Creating or editing audio and graphic images, Membuat atau mengedit gambar audio dan grafis Page or slide building (layering multimedia data to create a single page) Halaman atau slide bangunan (layering data multimedia untuk membuat satu halaman) Animation / transition effects Specifying the sequence of the application, Menentukan urutan aplikasi Adding interactive controls for navigation and actions at run-time, Menambahkan kontrol interaktif untuk navigasi dan tindakan pada saat run-time Creation of CD-ROM or web-based distributions, Penciptaan distribusi CD-ROM atau web-based
6
Types of Authoring System
There are numerous development models that can be used for multimedia applications, Ada model pembangunan banyak yang dapat digunakan untuk aplikasi multimedia Authoring systems generally fall into one or more of the following categories: Sistem Authoring umumnya jatuh ke dalam salah satu atau lebih dari kategori berikut: Slide, kartu atau frame berdasarkan Slide, card or frame based Icon based The score model Object-oriented models Scripting language based Some systems combine one or more of these to create more sophisticated tools, Beberapa sistem menggabungkan satu atau lebih dari ini untuk menciptakan alat yang lebih canggih
7
Slide, Card or Frame Based
In these, authoring systems elements are organised as pages of a book or a stack of cards. Dalam hal ini, sistem authoring elemen diatur sebagai halaman dari sebuah buku atau setumpuk kartu. The authoring system lets you link these pages or cards into organised sequences. Sistem authoring memungkinkan Anda menghubungkan halaman-halaman atau kartu ke urutan terorganisir. You can jump, on command, to any page you wish in a structured navigation pattern. Anda bisa melompat, pada perintah, untuk setiap halaman yang ingin Anda dalam pola navigasi terstruktur. A page may contain hyperlinks to other pages to provide navigation or pages may be sequentially viewed. Sebuah halaman dapat berisi hyperlink ke halaman lain untuk menyediakan navigasi atau halaman dapat dilihat secara berurutan There may be global parameters that can be set to affect the entire application e.g. background colour, default font, etc. Mungkin ada parameter global yang dapat diatur untuk mempengaruhi seluruh aplikasi misalnya warna latar belakang, font default, dll
8
Icon-Based Authoring Each part is represented an icon (symbolic picture), Setiap bagian diwakili ikon (gambar simbolik) Each icon does a specific task, e.g. plays a sound, Ikon Setiap melakukan tugas tertentu, misalnya memainkan suara Icons are then linked together to form complete applications, Ikon tersebut kemudian dihubungkan bersama untuk membentuk aplikasi lengkap Can easily visualise the structure and navigation of the final application, Dengan mudah dapat memvisualisasikan struktur dan navigasi dari aplikasi akhir A screenshot of Macromedia Authorware
9
The Score Model This model has an analogy with a musical score, Model ini memiliki analogi dengan skor musik Instead of musical instruments playing notes we have multimedia objects (sounds, images, video, text, etc.) that do something at specific points (times) in the score, Alih-alih bermain alat musik catatan kami telah objek multimedia (suara, gambar, video, teks, dll) yang melakukan sesuatu di titik-titik tertentu (kali) dalam skor There is usually some way to animate the objects (e.g. rotation, scaling, colour changes, etc.) between each transition (i.e. when they start and when they finish) Biasanya ada beberapa cara untuk menghidupkan benda (misalnya rotasi, skala perubahan warna, dll) antara setiap transisi (yaitu ketika mereka mulai dan ketika mereka selesai) Each multimedia object lives in a track, Setiap kehidupan objek multimedia pada trek A score has one or more tracks, Skor A memiliki satu atau lebih track
10
Voice over (narration)
Scores and Timelines Timelines are a useful way of representing multimedia data during the course of a presentation or application, Jadwal adalah cara yang berguna untuk mewakili data multimedia selama presentasi atau aplikasi Time is represented along the x-axis, Waktu diwakili sepanjang sumbu x- Tracks are represented along the y-axis, Trek diwakili sepanjang sumbu y- The developer can move objects left and right to change the order of the information and can lengthen or shorten the bars to change their duration, Pengembang dapat memindahkan objek kiri dan kanan untuk mengubah urutan informasi dan dapat memperpanjang atau memperpendek bar untuk mengubah durasinya 5 seconds 0 seconds 10 seconds 15 seconds Animation Voice over (narration) Video Background music Track 1 Track 2 Track 3 Track 4
11
Scripting Language Based Models
Scripting languages are cut-down versions of complete programming languages, Bahasa scripting yang dipotong-down versi bahasa pemrograman lengkap They tend to have less features and are therefore easier to learn, Mereka cenderung memiliki fitur kurang dan karena itu lebih mudah untuk belajar Scripting models allow the developer to write small scripts (programs) which can be associated with a multimedia object, Model Scripting memungkinkan pengembang untuk menulis skrip kecil (program) yang dapat dikaitkan dengan objek multimedia e.g. you may write a script to make a graphic image move across the screen or to make a window pop up when an item is clicked, misalnya Anda dapat menulis script untuk membuat gerakan gambar grafis di layar atau untuk membuat jendela pop up ketika item diklik
12
Object-oriented models
In an object-oriented model, everything that can be put in an application is considered an object, Dalam model berorientasi obyek, segala sesuatu yang dapat dimasukkan ke dalam aplikasi dianggap obyek Every object has: State - A description of its unique properties e.g. a graphic image’s state would describe its size, colour depth, author’s name, etc. Behaviour - The things that the object can do e.g. a video can be played, stopped or rewound Icon and score-based models usually have object-oriented features also, Icon dan skor berbasis model biasanya memiliki fitur berorientasi objek juga Objects are self contained and can be reused in later projects, Obyek bersifat mandiri dan dapat digunakan kembali dalam proyek-proyek selanjutnya
13
Microsoft PowerPoint PowerPoint is:
a “business graphics” package a slide-based multimedia tool Supports vector graphics, bitmapped images, sound, video and hyperlinks Supports many slide transitions and animations (see right) Developers can script objects to make them display at specific times or events, Pengembang dapat obyek script untuk membuat mereka menampilkan pada waktu tertentu atau peristiwa The events are represented by a limited number of presets, Peristiwa yang diwakili oleh sejumlah preset dan tidak dapat diubah
14
Sound Forge 6.0 Audio editing, audio recording, effects processing, and rich media encoding. Audio editing, rekaman audio, efek pengolahan, dan kaya encoding media. Powerful and fast non-destructive audio editing, Kuat dan cepat non-destruktif editing audio Supports a wide range of audio formats, including 15 import formats and 17 export formats, such as WAV, Windows Media™ Audio and Video, MPEG-1&2*, RealAudio® and MP3, Mendukung berbagai format audio, termasuk 15 format impor dan ekspor 17 format, seperti WAV, Windows Media ™ Audio dan Video, MPEG-1 & 2 *, RealAudio ® dan MP3
15
Macromedia Flash Flash is a tool for creating animated vector graphics and multimedia, Flash adalah alat untuk membuat grafis vektor animasi dan multimedia It uses a timeline and object-oriented model Has a very useful feature called tweening which can be used to create animations, Memiliki fitur yang sangat berguna yang disebut tweening yang dapat digunakan untuk membuat animasi You specify a start and end point and Flash calculates all the in-between frames of the animation, Anda menentukan awal dan titik akhir dan Flash menghitung semua di antara frame animasi Flash is a popular format on websites.
16
Macromedia Flash Screenshot
Tracks Timeline Tweening
17
Macromedia Director Director is a package with many features, Direktur adalah paket dengan banyak fitur Sound and audio editing Bitmap and vector graphics editing Asset management Uses a metaphor of cast, stage and score, Menggunakan metafora cor, panggung dan skor The Cast are the media assets, Pemain tersebut adalah aset media The Stage is the screen or individual page, Tahap ini adalah layar atau halaman individual The Score is the sequence of events, Skor adalah urutan kejadian Director has its own programming language called Lingo which can be used to add new functionality, Direktur memiliki program sendiri yang disebut bahasa Lingo yang dapat digunakan untuk menambah fungsionalitas baru Director is one of the most widely used PC tools, Direktur adalah salah satu alat PC yang paling banyak digunakan
18
Multimedia Programming Tools
Programming tools differ from authoring tools in that they tend to be much lower level and require the developer to have more knowledge of the underlying hardware and programming language Tool pemrograman berbeda dari alat authoring dalam bahwa mereka cenderung tingkat yang lebih rendah dan memerlukan pengembang untuk memiliki pengetahuan lebih tentang hardware dan bahasa pemrograman Programming tools give the developer access to much more functionality than authoring tools but require much more effort (and money!) Tool pemrograman memberikan akses pengembang untuk lebih banyak fungsi daripada alat authoring tetapi membutuhkan lebih banyak usaha (dan uang!)
19
Authoring versus Programming
Authoring tools are what we call high level tools, Alat Authoring adalah apa yang kita sebut alat tingkat tinggi A lot of the technical details of how things are done is hidden from the developer. The developer can concentrate on the functionality instead of how to make the hardware work, Banyak rincian teknis tentang bagaimana hal ini dilakukan tersembunyi dari pengembang. Pengembang dapat berkonsentrasi pada fungsi bukan bagaimana membuat kerja keras Authoring tools are generally quicker to learn and can be used by non-programmers but may have limited flexibility, Alat Authoring umumnya lebih cepat untuk belajar dan dapat digunakan oleh non-programmer tetapi mungkin memiliki fleksibilitas yang terbatas Programming tools are low level tools They provide access to the low level hardware features for those who want to get the most out of the computer, Mereka menyediakan akses ke fitur-fitur hardware tingkat rendah bagi mereka yang ingin mendapatkan hasil maksimal dari komputer Programming tools are more difficult to use and require good programming knowledge but can be much more flexible, Tool pemrograman yang lebih sulit untuk digunakan dan memerlukan pengetahuan pemrograman yang baik tapi bisa jauh lebih fleksibel
20
Kesawah Naik Bis....
21
Wahhhh ... materi kuliahnya sudah habis....
23
Terimakasih….. Untuk mahasiswa/i yang tidak ngantuk dan tetap konsentrasi Mengikuti Perkuliahan. Semoga Sukses di UAS
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.