Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Start
2
ARE YOU READY TO STUDY THIS LESSON???
3
Jurusan Teknik Informatika
ALGORITMA LOGIKA Jurusan Teknik Informatika Betha Nurina Sari,S.Kom STT RRI MALANG
4
Apa itu ALGORITMA ??? Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis.
5
Kata ALGORITMA Kata ALGORITMA berasal dari nama penulis buku arab yang terkenal yaitu: Abu Ja Abu Ja’ ’far Muhammad Ibnu Musa Al far Muhammad Ibnu Musa Al- Khuwarizmi Khuwarizmi. Al-Khuwarizmi Khuwarizmi dibaca orang barat menjadi Algorisms.
6
DOMAIN Masalah : Motivasi untuk membuat algoritma
Algoritma : Prosedur untuk menyelesaikan masalah. Program : Representasi formal dari suatu algoritma dengan menggunakan bahasa pemrograman yang bisa dimengerti oleh komputer. Proses : Aktivitas menjalankan langkah-langkah dalam algoritma.
7
KRITERIA ALGORITMA 1. Input 2.Output 3.Definiteness (pasti): instruksi jelas & tidak ambigu. 4. Finiteness (ada batas): algoritma harus memiliki titik berhenti (stopping role). 5. Effectiveness (tepat dan efisien): algoritma sebisa mungkin harus dapat dilaksanakan dan efektif.
8
CONTOH Ada 2 buah gelas, satu berisi teh dan satunya berisi kopi.
Bagaimana caranya menukar isi masing-masing gelas ?
9
JAWABAN
10
Contoh lagi… Algoritma hitung luas persegi panjang 1.Masukkan panjang
2.Masukkan lebar 3.Hitung hasil perkalian panjang dengan lebar 4.Tampilkan luas
11
DO YOU KNOW ? Algoritma untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap???
12
JAWABAN : Masukkan bilangan yang akan ditentukan
Bagi bilangan dengan 2 Hitung sisa hasil bagi pada langkah b. Bila sisa hasil bagi sama dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan genap tetapi bila sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah bilangan ganjil.
13
Siapa Yang Bisa Menunjukkan Algoritma Pemecahan Game ini?
14
ATURAN PENULISAN ALGORITMA
Uraian deskriptif Menggunakan bagan/simbol tertentu seperti diagram alir (FLOWCHART) Menggunakan kata/kalimat yang mirip bahasa pemrograman (PSEUDOCODE)
15
FLOWCHART SIMBOL ARTI Terminal yang menyatakan awal dan akhir
Process yang melambangkan suatu pengolahan data Input/output Inialisasi awal / loop (for..next) On-page connector,penghubung di satu halaman yang sama Off-page connector,penghubung di halaman berikutnya Flow lines, menunjukkan arah arus/pekerjaan Predefined, sebuah program yang terpisah yang dapat dipanggil dari main program Decision, perbandingan antara dua/lebih nilai
16
Menghitung Luas Segitiga
Mulai Input = nilai alas dan tinggi Proses = alas x tinggi / 2 Output = luas alas selesai
17
Mencari hasil c=a*b Mulai / start Inialisasi awal a=3,b=5,c=0
Proses = c=a*b Output = cetak c Selesai / end
18
MENENTUKAN LULUS MATA KULAH Jika nilai ujian >= 55, maka seorang mahasiswa dinyatakan lulus suatu mata kuliah, dan jika < 55, maka mahasiswa tersebut dinyatakan tidak lulus mata kuliah tersebut Start Stop Input Nilai Cetak “Lulus” Cetak “Tidak Lulus” Nilai >= 55 ? Y T
19
PSEUDOCODE Kode atau tanda yang menyerupai (pseudo) atau merupakan pejelasan cara menyelesaikan suatu masalah. Pseudocode sering digunakan oleh untuk menuliskan algoritma.
20
NOTASI ALGORITMA Setiap Algoritma akan selalu terdiri dari tiga bagian yaitu : 1. Judul (Header) 2.Kamus (Deklarasi) 3.Algoritma (Deskripsi) Komentar mengenai setiap bagian dituliskan diantara tanda kurung kurawal. contoh:{ Komentar }
21
CONTOH PSEDOCODE mulai nilai a=3;b=5;c=0 hitung c=a*b tampilkan nilai c end
22
TUGAS 1 Tuliskan algoritma dengan
flowchart dan pseudocode untuk menentukan nilai akhir mahasiswa Input = nilai mahasiswa Output = cetak nilai mahasiswa Nilai A bila nilai ujiannya >=80. Nilai B, bila nilai ujiannya >=70 tetapi < 80. Nilai C, bila nilai ujiannya >= 55 tetapi < 70. Nilai D, bila nilai ujiannya >= 40 tetapi < 55. Dan mendapat Nilai E untuk sisanya. Dikumpulkan minggu depan softcopy
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.