Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Tatap Muka 2 Hakekat Al-Qur’an
2
Definisi al-Qur’an Al-Qur’an adalah isim masdar yang mempunyai makna yang sama dengan Qira’ah. قرأ – يقرأ – قراءة – قرآن إِنَّ عَلَيْنَا جَمْعَهُ وَقُرْآنَهُ (17) فَإِذَا قَرَأْنَاهُ فَاتَّبِعْ قُرْآنَهُ (18) (سورة القيامة) Secara umum, ada 5 pendapat tentang makna dan asal usul kata al-Qur’an: Al-Lihyani (w.355 H) dan sebagian besar ulama: merupakan isim mashdar yang semakna dengan qira’ah, dengan wazan fu’lanan, spt pada kata syakara syukranan, dan ghafara ghufranan. Artinya adalah: berkumpul atau menjadi satu, karena lafal dalam al-Qur’an terkumpul menjadi satu dalam mushaf. Atau berarti bacaan. Az-Zajjaj (w. 311 H): merupakan isim sifat dari al-Qar’u yang artinya berkumpul قرأت الماء في الحوض أي جمعته Abu Musa al-Asy’ari (w.324H): isim musytaq dari al-Qarnu yang artinya mengumpulkan قرنت الشيء بالشيء إذا ضممت أحدهما إلى الآخر Al-Fara’ (w.207 H): isim musytaq dari al-Qara’in, jamak qarinah yang berarti bukti Imam Syafi’I (w.204 H): Isim murtajal, bukan diambil dari kata lain. Yaitu nama dari Kitab yang diturunkan kepada Nabi Muhammad.
3
Definisi al-Qur’an Pendapat pertama lebih kuat, seperti yang terlihat dari pemaikaian kata “قرآنه” dalam surat al Qiyamah diatas Jadi, al-Qur’an bentuknya mashdar, tapi artinya maf’ul (yang dibaca, bacaan) Nama lain al-Qur’an: al-Furqon (pembeda), al-Kitab, adz-Dzikr, at-Tanzil (Ali Imran:4, al-Baqarah:2,, al-Haqqah: 43) Beberapa ulama terlalu banyak memberikan nama al-Qur’an, spt Az-Zarkasyi yang memberikan 55 nama Kemungkinan dia tidak membedakan antara nama dengan sifat. Contoh sifat: مبارك، هدى، كريم، رحمة
4
Definisi al-Qur’an Ada beberapa pendapat dalam mendefinisikan al-Qur’an secara istilah, ada yang mendefinisikan dengan definisi yang pendek, ada yang panjang. كلام الله المنزل على نبينا محمد كلام الله المنزل على نبينا محمد من الفاتحة إلى الناس كلام الله المعجز المنزل على نبينا محمد المكتوب في المصاحف، المنقول إلينا بالتواتر، المتعبد بتلاوته Pendefinisian itu mencakup identitas al-Qur’an yang mencakup unsur-unsur: Kalam Allah I’jaz (mu’jiz, mukjizat) Wahyu kepaka Nabi Muhammada Tertulis dalam mushaf Diriwayatkan secara mutawatir Membacanya menjadi ibadah Al-Qur’an tidak pernah berubah sepanjang zaman karena Allah berjanji untuk menjaganya Al-Qur’an mengandung ajaran yang membawa kepada kebahagiaan manusia di dunia dan akhirat
5
Nama-nama Al-Qur’an Al-Qur’an
{إِنَّ هَذَا الْقُرْآنَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ} الإسراء: 9. Al-Kitab {لَقَدْ أَنْزَلْنَا إِلَيْكُمْ كِتَابًا فِيهِ ذِكْرُكُمْ} الأنبياء: 10. Al-Furqon {تَبَارَكَ الَّذِي نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلَى عَبْدِهِ لِيَكُونَ لِلْعَالَمِينَ نَذِيرًا} الفرقان: 1. Adz-Dzikr {إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ} الحجر: 9. At-Tanzil {وَإِنَّهُ لَتَنْزِيلُ رَبِّ الْعَالَمِينَ} الشعراء: 192.
6
1. Hadits Qudsi Qudsi secara bahasa berarti: suci, karena hadits Qudsi dinisbatkan kepada Dzat Yang Maha Suci yaitu Allah SWT Secara istilah: “Ucapan yang diriwayatkan oleh Nabi Muhammad saw dan dinisbatkan kepada Allah subhanahu wata’ala.” Dalam hal ini, perlu diketahui bahwa lafaz/redaksi ucapan tersebut adalah dari Nabi Muhammad, sedangkan isi/contentnya dari Allah subhanahu wata’ala Berbeda dengan al-Qur’an yang redaksi dan contentnya dari Allah swt
7
Perbedaan Hadits Qudsi dan Al-Qur’an
Lafaz/Redaksi al-Qur’an dari Allah, sedangkan lafaz/Redaksi Hadits Qudsi dari Nabi,walaupun contentnya dari Allah Semua ayat al-Qur’an adalah mutawatir, sedangkan Hadits Qudsi tidak demikian Al-Qur’an bebas dari kesalahan periwayatan, berbeda dengan Hadits Qudsi Al-Qur’an dipakai sebagai bacaan sholat, sedangkan Hadits Qudsi tidak demikian Membaca al-Qur’an diberikan pahala setiap hurufnya, sedangkan Hadits Qudsi tidak demikian Al-Qur’an dibagi menjadi Juz, Surat, dan ayat, sedangkan Hadits Qudsi tidak demikian Al-Qur’an adalah mukjizat sampai hari kiamat, sedangkan Hadits Qudsi tidak demikian Tidak boleh melakukan “ar-Riwayah bil ma’na” (meriwayatkan dengan makna) terhadap al-Qur’an, sedangkan dalam Hadits Qudsi diperbolehkan.
8
الإتحافات السَّنية بالأحاديث القدسية
Jumlah hadits Qudsi tidaklah sebanyak Hadits Marfu’. Jumlahnya hanya sekitar 200-an saja. Diantara kitab yang khusus mengumpulkan hadits Qudsi adalah: الإتحافات السَّنية بالأحاديث القدسية Karya Zainuddin al-Munawi (1030 H) Secara umum, ada dua cara periwayatan hadits qudsi untuk membedakannya dengan hadits Nabi Muhammad (Marfu’): Dengan menggunakan lafaz: عن رسول الله صلى الله عليه وسلم، فيما يرويه عن ربه: ”.....“ 2. Dengan menggunakan lafaz: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم، يقول الله تعالى / قال الله تعالى: ”.....“
9
Contoh Hadits Qudsi عَنْ أَنَس بْن مَالِكٍ -رَضِيَ اللَّهُ عَنْه- عَنْ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: (يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى لِأَهْوَنِ أَهْلِ النَّارِ عَذَابًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ: لَوْ أَنَّ لَكَ مَا فِي الْأَرْضِ مِنْ شَيْءٍ أَكُنْتَ تَفْتَدِي بِهِ؟ فَيَقُول:ُ نَعَمْ. فَيَقُولُ: أَرَدْتُ مِنْكَ أَهْوَنَ مِنْ هَذَا وَأَنْتَ فِي صُلْبِ آدَمَ: أَنْ لَا تُشْرِكَ بِي شَيْئًا فَأَبَيْتَ إِلَّا أَنْ تُشْرِكَ بِي ) . رواه البخاري ومسلم
10
Contoh Hadits Qudsi عن أبي سعيد الخدري -رضي الله عنه- عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: (( يدخل أهل الجنة الجنةَ وأهْلُ النَّارِ النارَ، ثم يقول الله تعالى: أَخرجوا من كان في قلبه مثقال حبة من خردل من إيمان، فيخرجون منها قد اسودوا فيلقون في نهر الحياَ -أو الحياة- فينبُتُون كما تنبت الحبةُ في جانب السيَّل، ألم تر أنها تخرج صفراءَ مُلتوية؟ )) . رواه البخاري ومسلم
11
Contoh Hadits Qudsi عَنْ ابْنِ عُمَرَ -رضي الله عنهما- عَنْ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فِيمَا يَحْكِي عَنْ رَبِّهِ تَبَارَكَ وَتَعَالَى قَالَ: ((أَيُّمَا عَبْدٍ مِنْ عِبَادِي خَرَجَ مُجَاهِدًا فِي سَبِيلِي؛ ابْتِغَاءَ مَرْضَاتِي ضَمِنْتُ لَهُ أَنْ أُرْجِعَهُ بِمَا أَصَابَ مِنْ أَجْرٍ وَغَنِيمَةٍ وَإِنْ قَبَضْتُهُ أَنْ أَغْفِرَ لَهُ وَأَرْحَمَهُ وَأُدْخِلَهُ الْجَنَّة)). رواه أحمد والنسائي
12
Contoh Hadits Qudsi عَنْ أَبِي مُسْلِمٍ الْخَوْلَانِيِّ عَنْ مُعَاذُ بْنُ جَبَلٍ ( قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَحْكِي عَنْ رَبِّهِ يَقُولُ: ((الْمُتَحَابُّونَ فِي اللَّهِ عَلَى مَنَابِرَ مِنْ نُورٍ فِي ظِلِّ الْعَرْشِ يَوْمَ لَا ظِلَّ إِلَّا ظِلُّهُ)) قَالَ: فَخَرَجْتُ حَتَّى لَقِيتُ عُبَادَةَ بْنَ الصَّامِتِ فَذَكَرْتُ لَهُ حَدِيثَ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ فَقَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَحْكِي عَنْ رَبِّهِ -عَزَّ وَجَلَّ- يَقُولُ: ((حَقَّتْ مَحَبَّتِي لِلْمُتَحَابِّينَ فِيَّ، وَحَقَّتْ مَحَبَّتِي لِلْمُتَبَاذِلِينَ فِيّ،َ وَحَقَّتْ مَحَبَّتِي لِلْمُتَزَاوِرِينَ فِيَّ، وَالْمُتَحَابُّونَ فِي اللَّهِ عَلَى مَنَابِرَ مِنْ نُورٍ فِي ظِلِّ الْعَرْشِ يَوْمَ لَا ظِلَّ إِلَّا ظِلُّهُ)). رواه أحمد
13
رَفَعَ – يَرْفَعُ – رَفْعٌ – مَرْفُوعٌ
2. Hadits Marfu’ Marfu’: merupakan Isim Maf’ul dari “Rafa’a” yang berarti :mengangkat. Marfu’: Diangkat رَفَعَ – يَرْفَعُ – رَفْعٌ – مَرْفُوعٌ Penggunaan kata “diangkat” untuk menunjukkan bahwa hadits tersebut dinisbahkan kepada orang yang mempunyai kedudukan yang tinggi yaitu Nabi Muhammad Secara istilah: “Segala sesuatu yang dinisbahkan kepada Nabi Muhammad berupa ucapan, perbuatan, ketetapan ataupun sifat.”
14
2. Hadits Marfu’ Sesuai dengan definisi, maka Hadits Marfu’ dibagi menjadi: Marfu’ Qouli (berupa ucapan) Marfu’ Fi’li (berupa perbuatan) Marfu’ Taqriri (berupa ketetapan) Marfu’ Washfi khuluqi (berupa informasi ttg akhlak Nabi) Marfu’ Washfi khilqi (berupa sifat jasmani)
15
Contoh-contoh Hadits Marfu’
عَنْ عثمان بن عفان: قَالَ لَنَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: (يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنْ اسْتَطَاعَ مِنْكُمْ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ ) رواه البخاري
16
Contoh-contoh Hadits Marfu’
عَنْ ابْنِ مَسْعُودٍ قَالَ: (كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَخَوَّلُنَا بِالْمَوْعِظَةِ فِي الْأَيَّامِ كَرَاهَةَ السَّآمَةِ عَلَيْنَا) رواه البخاري
17
Contoh-contoh Hadits Marfu’
عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ كُنَّا نُخْرِجُ فِي عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْفِطْرِ صَاعًا مِنْ طَعَامٍ (رواه البخاري) عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ كُنَّا نَتَمَتَّعُ فِي عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَذْبَحُ الْبَقَرَةَ عَنْ سَبْعَةٍ نَشْتَرِكُ فِيهَا (رواه أحمد)
18
Contoh-contoh Hadits Marfu’
1. Marfu’ Washfi khuluqi عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ (رواه البخاري)
19
Contoh-contoh Hadits Marfu’
1. Marfu’ Washfi khilqi عَنْ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرْبُوعًا بَعِيدَ مَا بَيْنَ الْمَنْكِبَيْنِ لَهُ شَعَرٌ يَبْلُغُ شَحْمَةَ أُذُنِهِ رَأَيْتُهُ فِي حُلَّةٍ حَمْرَاءَ لَمْ أَرَ شَيْئًا قَطُّ أَحْسَنَ مِنْهُ (رواه البخاري ومسلم)
20
3. Hadits Mauquf Mauquf merupakan isim maf’ul dari wa-qo-fa, yang berarti berhenti; mauquf: dihentikan Secara istilah: “Segala sesuatu yang di nisbahkan kepada shahabat baik berupa ucapan, perbuatan maupun ketetapan.” Kadang “mauquf” juga digunakan untuk sesuatu yang dinisbahkan kepada selain shahabat, akan tetapi dengan menyebut nama orang tersebut secara khusus, contoh: هذا حديث وقفه فلان على ابن عباس
21
Contoh-contoh Hadits Mauquf
1. Mauquf qouli (ucapan shahabat) عَنْ أَبِي الطُّفَيْلِ عَنْ عَلِيٍّ قال: حَدِّثُوا النَّاسَ بِمَا يَعْرِفُونَ أَتُحِبُّونَ أَنْ يُكَذَّبَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ (رواه البخاري)
22
Contoh-contoh Hadits Mauquf
1. Mauquf fi’li (perbuatan shahabat) عَنْ سَعِيدٍ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ: أَنَّهُ أَصَابَ مِنْ جَارِيَتِهِ وَأَنَّهُ تَيَمَّمُ فَصَلَّى بِهِمْ وَهُوَ مُتَيَمِّمٌ (رواه البيهقي)
23
Contoh-contoh Hadits Mauquf
1. Mauquf taqriri (ketetapan shahabat) أن عبيد بن عمير رأى على ابن عمر قملة في المسجد فأخذها فدفنها، وابن عمر ينظر إليه، ولم ينكر عليه ذلك (رواه عبد الرزاق في مصنفه)
24
Kriteria Hadits Mauquf yang dianggap sebagai Marfu’
Ada beberapa kriteria yang membuat hadits mauquf dianggap mempunyai kedudukan sebagai hadits marfu’. Kriteria tsb adalah: Perkataan seorang sahabat dalam permasalahan yang tidak boleh ada unsur ijtihad didalamnya (spt masalah ghaib), dan dia tidak diketahui sering menggunakan Taurat sebagai rujukan. Perbuatan seorang sahabat dalam masalah yang tidak boleh berijtihad didalamnya, seperti Shalat Kusuf Ali yang disetiap rakaat beliau melakukan lebih dari dua ruku’. Perkataan, perbuatan dan persetujuan seorang sahabat apabila disandarkan kepada Nabi SAW, seperti dengan mengatakan: “Pada masa Nabi”, atau “Kami dahulu” dst. Seperti perkataan Jabir: Kami dahulu melakukan azl padahal al-Qur’an masih turun. Kalau ada lafaz dari sahabat: (أمرنا بكذا أو نهينا بكذا أو من السنة كذا ) Kami diperintah demikian, kami dilarang, Termasuk sunnah… Kalau ada perawi yang menyabutkan lafaz ( يرفعه ، أو ينميه ، أو يبلغ به أو رواية ) setelah menyebutkan nama seorang sahabat.
25
Contoh: عَنْ جَابِرٍ قَالَ كُنَّا نَعْزِلُ عَلَى عَهْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْقُرْآنُ يَنْزِلُ (رواه البخاري) عَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ قَالَتْ أُمِرْنَا أَنْ نُخْرِجَ الْحُيَّضَ يَوْمَ الْعِيدَيْنِ وَذَوَاتِ الْخُدُورِ فَيَشْهَدْنَ جَمَاعَةَ الْمُسْلِمِينَ وَدَعْوَتَهُمْ وَيَعْتَزِلُ الْحُيَّضُ عَنْ مُصَلَّاهُنَّ قَالَتْ امْرَأَةٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِحْدَانَا لَيْسَ لَهَا جِلْبَابٌ قَالَ لِتُلْبِسْهَا صَاحِبَتُهَا مِنْ جِلْبَابِهَا (رواه البخاري)
26
Contoh: عَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ نُهِينَا عَنْ اتِّبَاعِ الْجَنَائِزِ وَلَمْ يُعْزَمْ عَلَيْنَا (رواه البخاري) وَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا مِنْ السُّنَّةِ أَنْ لَا يُحْرِمَ بِالْحَجِّ إِلَّا فِي أَشْهُرِ الْحَجِّ (رواه البخاري معلقا) عَنْ أَنَسٍ يَرْفَعُهُ إِنَّ اللَّهَ يَقُولُ لِأَهْوَنِ أَهْلِ النَّارِ عَذَابًا لَوْ أَنَّ لَكَ مَا فِي الْأَرْضِ مِنْ شَيْءٍ كُنْتَ تَفْتَدِي بِهِ قَالَ نَعَمْ قَالَ فَقَدْ سَأَلْتُكَ مَا هُوَ أَهْوَنُ مِنْ هَذَا وَأَنْتَ فِي صُلْبِ آدَمَ أَنْ لَا تُشْرِكَ بِي فَأَبَيْتَ إِلَّا الشِّرْكَ (رواه البخاري) عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يَبْلُغُ بِهِ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ غُسْلُ يَوْمِ الْجُمُعَةِ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُحْتَلِمٍ
27
Definisi Nuzul al-Qur’an
Nuzul adalah bentuk masdar dari kata نَزَلَ – يَنْزِلُ – نُزول yang berarti turun Jadi, Nuzul al-Qur’an berarti: Proses turunnya al-Qur’an. Secara konotatif, nuzul mempunyai dua makna: Bermakna inzal, dari kata أَنْزَلَ – يُنْزِلُ – إِنْزَال yang berarti menurunkan sekaligus Bermakna tanzil, dari kata نَزَّلَ – يُنَزِّلُ - تنزيل yang berarti: menurunkan secara berangsung-angsur. Kedua makna tersebut relevan dengan al-Qur’an, yaitu ada proses dimana al-Qur’an diturunkan sekaligus, dan juga diturunkans secara berangsur-angsur.
28
Kaifiyat (cara) diturunkannya al-Qur’an
Ada 4 pendapat mengenai cara dan proses diturunkannya al-Qur’an: Al-Qur’an diturunkan ke langit dunia pada malam Lailatul Qodr sekaligus (lengkap), kemudian diturunkan secara berangsur-angsur selama masa kenabian Nabi Muhammad. Al-Qur’an diturunkan ke langit dunia setiap Lailatul Qodr selama masa kenabian Nabi Muhammad, sampai menjadi sempurna. Al-Qur’an diturunkan pertama kali di malam Lailatul Qodr, kemudian diturunkan secara berangsur-angsur selama masa kenabian Nabi Muhammad. Al-Qur’an diturunkan dalam tiga fase: Fase pertama diturunkan ke Lauh al-Mahfudz, Fase kedua diturunkan ke Bait al-Izzah (langit dunia), dan Fase ketiga diturunkan secara berangsur-angsur Menurut Dr. Subhi as-Shalih, kita tidak bisa memastikan bagaimana proses turunnya al-Qur’an karena hal itu merupakan sesuatu yang ghaib. Memang benar, terdapat beberapa ayat yang memberikan isyarat bagaimana diturunkannya al-Qur’an, akan tetapi kita tidak bisa memastikan mana yang terlebih dahulu dari proses tersebut: بَلْ هُوَ قُرْآنٌ مَجِيدٌ (21) فِي لَوْحٍ مَحْفُوظٍ (22) (سورة البروج) إنا أنزلناه في ليلة القدر (سورة القدر: 1) شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ... (البقرة: 185)
29
Kaifiyat (cara) diturunkannya al-Qur’an
Ada beberapa cara wahyu diturunkan kepada para Nabi, termasuk Nabi Muhammad Saw yaitu: وَمَا كَانَ لِبَشَرٍ أَنْ يُكَلِّمَهُ اللَّهُ إِلَّا وَحْيًا أَوْ مِنْ وَرَاءِ حِجَابٍ أَوْ يُرْسِلَ رَسُولًا فَيُوحِيَ بِإِذْنِهِ مَا يَشَاءُ إِنَّهُ عَلِيٌّ حَكِيمٌ (51) (الشورى: 51) وَرُسُلًا قَدْ قَصَصْنَاهُمْ عَلَيْكَ مِنْ قَبْلُ وَرُسُلًا لَمْ نَقْصُصْهُمْ عَلَيْكَ وَكَلَّمَ اللَّهُ مُوسَى تَكْلِيمًا (النساء: 164) وَلَمَّا جَاءَتْ رُسُلُنَا لُوطًا سِيءَ بِهِمْ وَضَاقَ بِهِمْ ذَرْعًا وَقَالَ هَذَا يَوْمٌ عَصِيبٌ (هود: 77) Berupa pengetahuan/keberanaran yang dimasukkan ke dalam hati seorang Rasul, tanpa perantara malaikat, seperi mimpi-mimpi yang benar oleh para Rasul Perkataan Allah dari belakang tabir, seperti kisah Nabi Musa Melalui perantara malaikat Jibril Sedangkan cara wahyu turun kepada Nabi Muhammad adalah sebagai berikut: Melalui mimpi yang benar: أَوَّلُ مَا بُدِئَ بِهِ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنَ الْوَحْيِ الرُّؤْيَا الصَّالِحَةُ، فَكَانَ لَا يَرَى رُؤْيَا إِلَّا جَاءَتْ مِثْلَ فَلَقِ الصُّبْحِ (متفق عليه) لَقَدْ صَدَقَ اللَّهُ رَسُولَهُ الرُّؤْيَا بِالْحَقِّ لَتَدْخُلُنَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ إِنْ شَاءَ اللَّهُ آمِنِينَ مُحَلِّقِينَ رُءُوسَكُمْ وَمُقَصِّرِينَ لَا تَخَافُونَ فَعَلِمَ مَا لَمْ تَعْلَمُوا فَجَعَلَ مِنْ دُونِ ذَلِكَ فَتْحًا قَرِيبًا (الفتح: 27) 2. Jibril menghembuskan wahyu ke dalam jiwa Nabi Muhammad:
30
Kaifiyat (cara) diturunkannya al-Qur’an
«هَذَا رَسُولُ رَبِّ الْعَالَمِينَ جِبْرِيلُ نَفَثَ فِي رَوْعِي أَنَّهُ لَا تَمُوتُ نَفْسٌ حَتَّى تَسْتَكْمِلَ رِزْقَهَا، وَإِنْ أَبْطَأَ عَلَيْهَا، فَاتَّقُوا اللَّهَ وَأَجْمِلُوا فِي الطَّلَبِ... (رواه ابن ماجه، الحاكم، البزار، وغيرهم) 3. Wahyu datang kepada Nabi Muhammad bagaikan gemerincing suara lonceng عَنْ عَائِشَةَ، أَنَّ الْحَارِثَ بْنَ هِشَامٍ سَأَلَ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: كَيْفَ يَأْتِيكَ الْوَحْيُ ؟ قَالَ: " أَحْيَانًا يَأْتِينِي فِي مِثْلِ صَلْصَلَةِ الْجَرَسِ ، وَهُوَ أَشَدُّهُ عَلَيَّ، ثُمَّ يُفْصَمُ عَنِّي وَقَدْ وَعَيْتُ ، وَأَحْيَانًا يَأْتِينِي مَلَكٌ فِي مِثْلِ صُورَةِ الرَّجُلِ، فَأَعِي مَا يَقُولُ 4. Jibril datang dan menjelma menjadi manusia 5. Malaikat datang dalam bentuknya yang asli وَلَقَدْ رَآهُ نَزْلَةً أُخْرَى (13) عِنْدَ سِدْرَةِ الْمُنْتَهَى (14) (سورة النجم) 6. Allah berbicara tanpa perantara malaikat Jibril seperti pada malam Mi’raj. 7. Allah menyampaikan pengetahuan dalam jiwa Nabi Muhammad.
31
al-Qur’an diturunkan secara bertahap
Allah menurunkan al-Qur’an kepada Nabi Muhammad secara berangsur-angsur, tidak sekaligus: وَقُرْآنًا فَرَقْنَاهُ لِتَقْرَأَهُ عَلَى النَّاسِ عَلَى مُكْثٍ وَنَزَّلْنَاهُ تَنْزِيلًا (الإسراء: 106) تَنْزِيلُ الْكِتَابِ لَا رَيْبَ فِيهِ مِنْ رَبِّ الْعَالَمِينَ )السجدة: 2) Kata “tanzil al-Kitab” diulang dalam beberapa surat, diantaranya Az-Mumar: 2, Ghafir: 2, al-Jatsiyat: 2, al-Ahqaf: 2. Pemilihan kata “tanzil” dan bukan “Inzal” menunjukkan bahwa al-Qur’an diturunkan secara bertahap, karena wazan: “فَعّلَ” dalam “نزَّل” menunjukkan: “للتكثير” sehingga menunjukkan arti berulang-ulang. Hal ini berbeda dengan kitab-kitab sebelumnya yang diturunkan secara sekaligus, spt ditunjukkan dalam ayat: وَقَالَ الَّذِينَ كَفَرُوا لَوْلَا نُزِّلَ عَلَيْهِ الْقُرْآنُ جُمْلَةً وَاحِدَةً كَذَلِكَ لِنُثَبِّتَ بِهِ فُؤَادَكَ وَرَتَّلْنَاهُ تَرْتِيلًا (الفرقان: 32)
32
al-Qur’an diturunkan secara bertahap
Ayat yang pertama kali turun adalah Surat al-Alaq 1-5 di gua Hira. Ayat yang terakhir kali turun adalah ayat 3 dari Surat al-Maidah Ada juga yang berpendapat bahwa ayat yang terakhir turun adalah ayat 281 dari Surat al-Baqarah Ada yang mengganbungkan dua pendapat tersebut dengan mengatakan bahwan pernyataan resmi telah sempurnanya agama dan berhentinya wahyu adalah pada ayat 3 Surat al-Maidah, akan tetapi setelah itu masih ada ayat yang turun yaitu ayat 281 dari Surat al-Baqarah Jumhur Ulama berpendapat bahwa al-Qur’an diturunan selama kurang lebih 23 tahun, dibagi menjadi 2 periode: Periode Makkah, yaitu periode sebelum Nabi Muhammad hijrah ke Madinah, selama 12 tahun, 5 bulan, 13 hari, sejak 17 Ramadhan tahun 41 dari kelahiran Nabi, samapai permulaan Rabi’ul Awal tahun 54 dari kelahiran Nabi Muhammad. Periode Madinah, yaitu periode setelah Nabi Muhammad hijrah ke Madinah, selama 9 tahun, 9 bulan, 9 hari, dari permulaan Rabi’ul awwal tahun 54 dari kelahiran Nabi Muhammad, sampai 9 Dzulhijjah tahun 63.
33
al-Qur’an diturunkan secara bertahap
Hikmah diturunkannya al-Qur’an secara berangsur-angsur adalah: 1. Meneguhkan hati Nabi Muhammad: وَقَالَ الَّذِينَ كَفَرُوا لَوْلَا نُزِّلَ عَلَيْهِ الْقُرْآنُ جُمْلَةً وَاحِدَةً كَذَلِكَ لِنُثَبِّتَ بِهِ فُؤَادَكَ وَرَتَّلْنَاهُ تَرْتِيلًا (الفرقان: 32) قَدْ نَعْلَمُ إِنَّهُ لَيَحْزُنُكَ الَّذِي يَقُولُونَ فَإِنَّهُمْ لَا يُكَذِّبُونَكَ وَلَكِنَّ الظَّالِمِينَ بِآيَاتِ اللَّهِ يَجْحَدُونَ (33) وَلَقَدْ كُذِّبَتْ رُسُلٌ مِنْ قَبْلِكَ فَصَبَرُوا عَلَى مَا كُذِّبُوا وَأُوذُوا حَتَّى أَتَاهُمْ نَصْرُنَا وَلَا مُبَدِّلَ لِكَلِمَاتِ اللَّهِ وَلَقَدْ جَاءَكَ مِنْ نَبَإِ الْمُرْسَلِينَ (34) (الأنعام) 2. Sebagai mu’jizat dalam menhadapi tantangan orang-orang yang mendustakan Nabi dan menjelaskan pertanyaan-pertanyaan mereka وَلَا يَأْتُونَكَ بِمَثَلٍ إِلَّا جِئْنَاكَ بِالْحَقِّ وَأَحْسَنَ تَفْسِيرًا (الفرقان: 33) وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الرُّوحِ قُلِ الرُّوحُ مِنْ أَمْرِ رَبِّي وَمَا أُوتِيتُمْ مِنَ الْعِلْمِ إِلَّا قَلِيلًا (الإسراء: 85) غُلِبَتِ الرُّومُ (2) فِي أَدْنَى الْأَرْضِ وَهُمْ مِنْ بَعْدِ غَلَبِهِمْ سَيَغْلِبُونَ (3) فِي بِضْعِ سِنِينَ ... (الروم)
34
al-Qur’an diturunkan secara bertahap
3. Mempermudah hafalan dan pemahaman وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ (القمر: 17) 4. Untuk menerapkan hukum secara bertahap تقول السيدة عائشة ـ رضي الله عنها ـ: " إنما نزل أول ما نزل منه سورة من المفصل فيها ذكر الجنة والنار حتى إذا ثاب الناس إلى الإسلام نزل الحلال والحرام ولو نزل أول شيء لا تشربوا الخمر لقالوا لا ندع الخمر أبدا ولو نزل لا تزنوا لقالوا: لا ندع الزنى أبدا " أخرجه البخاري. 5. Sebagai bukti bahwa al-Qur’an adalah wahyu Allah, bukan rekayasa Nabi Muhammad, karena walaupun diturunkannya secara bertahap, tetapi kandungannya tetap konsisten dan menjadi satu kesatuan.
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.