Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehYuliana Lie Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
MANAJEMEN PROYEK Pengantar Manajemen Proyek
Konteks dan Proses Manajemen Proyek Proses Perangkat Lunak dan Metrik Proyek Initiation Proyek, Scope Management, dan Perencanaan Proyek Manajemen Sumber Daya Proyek Manajemen Biaya & Waktu Proyek Manajemen Risiko dan Kualitas Proyek Manajemen Komunikasi, dan Pengadaan Proyek Eksekusi Pengontrolan dan Closing Proyek
2
Kathy Scwalbe, Information Technology Project Management 2nd Edition
Referensi Kathy Scwalbe, Information Technology Project Management 2nd Edition Roger S Presmann, Software Engineering
3
PENGANTAR MANAJEMEN PROYEK
4
Perspektif Industri Para Manajer dan Praktisi selalu melontarkan pertanyaan berkaitan dengan Software Sebagai Berikut : Mengapa membutuhkan waktu yang lama dalam menyelesaikan program ? Mengapa biayanya sangat tinggi ? Dapatkah menemukan kesalahan program sebelum didistribusikan ? Mengapa sangat sulit mengukur kemajuan PL saat dikembangkan ?
5
Ada ribuan aplikasi berbasis perangkat lunak yang harus diperbaharui akan tetapi praktisi/pemilik mengatakan : “Aplikasinya masih berjalan dengan baik, dan tidak ekonomis jika diperbaharui atau pemberdayaan untuk membuatnya lebih baik”
6
*Size of Software Systems
1 Development Period (year) 0.5 700 700 K K 4 4 bit bit 8 8 bit bit 16 16 bit bit 1989 1989 1996 1996 1999 1999 * Osaka Univesity SE Laboratory
7
On Time Delivery Development Cost Business Week 2004
An effective IT project manager, able to deliver software on time, according to specs, and within budget Luc K. Richard January 10, 2005 Development Cost Cost of engineers (in US) Architect $150,000~250,000 Project Manager $96,000~130,000 Programmer $52,000~81,000 Business Week 2004
8
Saat ini [MIN95] : Perangkat Lunak sudah menjadi lahan yang sangat kompetitif, dengan pengendali : Biaya Waktu Kualitas Eropa Barat dan Amerika telah membangun perusahaan perangkat lunak yang baik, dan menjadi industri yang sudah sangat Inovatif, Vital, dan “Sukses” Untuk di Indonesia ? Gaji masih relatif lebih rendah
9
IT Equipment, Software, Services and Staff
Investment in IT Equipment, Software, Services and Staff Year Investment (in billions) 2004 $708 2005 $755 6.63 % 2006 $806 6.75 % 2007 $825 2008 $865 2009 $935 2010 $1,024 IT INVESTMENT Source: Forrester Research, Oct. 2005
10
Why Firms Invest in IT Ranking berdasarkan nilai project keseluruhan
11
Software Computer Program v.s., Computer hardware Source code
Object code Design document Test data Manual ... v.s., Computer hardware
12
Evolusi Perangkat Lunak / Software
Era Kedua (1960 – 1970) Era Ketiga (Mid 1970 – 1980) Era Keempat (Mid ) Multi User Sistem Terdistribusi Desktop Real-Time Embedded Intelligent Object Oriented Database Hardware Murah Expert System Software Produk Neural Network Paralel Programming Computer Network
13
Software Crisis Term invented in 1960s Software cost increased
Pada era ini banyak bermunculan Software House, menghasilkan ratusan ribu pernyataan source code, dan ditambah ratusan source code baru yang terus Berkembang, dan pada saat program running, muncul berbagai bug, dan harus dikoreksi sehingga SOFTWARE CRISIS Software cost increased Semakin sulitnya software di develop sehingga memerlukan personal yang pandai untuk membangun sebuah system perangkat lunak, hal ini menyebabkan mulai naiknya nilai software. Bagaimana Saat ini ???
14
Characteristics of Software
Perangkat Lunak lebih merupakan elemen logika dan bukan merupakan elemen fisik, dengan demikian perangkat lunak memiliki ciri yang berbeda dengan perangkat keras : Invisibility (Tidak Tampak) Hard to imagine, feel, identify, ... Logicality Hard to complete by human Flexibility Easy to change and modify
15
Cost Ration of Computer Systems
(%) mainframe computer system 100 80 hardware 60 40 software 20 1985 1955 1970 Bagaimana saat ini di Indonesia ???
16
Komponen Perangkat Lunak
Reusability Sebuah komponen perangkat lunak harus didesain dan diimplementasikan sehingga dapat dipakai lagi pada program yang berbeda. Dibangun Dengan Bahasa Pemrograman Bahasa pemrograman mencerminkan serangkaian instruksi perangkat Keras, atau deskripsi procedural dari program
17
Aplikasi Perangkat Lunak
Area Perangkat Lunak berikut menunjukan luasnya aplikasi potensial : Perangkat Lunak System dan PC Compiler, Editor, Multimedia, dll Perangkat Lunak Bisnis MIS, ERP Software Perangkat Lunak Teknik dan Ilmu Pengetahuan Astrologi, Orbit Pesawat, Simulasi, Vulkanologi Embedded Software (ada dalam read-only memory) Key Pad Control pada Microwave, EFI, Handphone Perangkat Lunak Kecerdasan Buatan (AI) Pattern Recognizer, Artificial Neural Network, utk Masalah Kompleks
18
Perangkat Lunak Bisnis ERP Software
ERP Software = Enterprise Resources Planning Software Software yang mengintegrasikan setiap departement (Resource) pada Sebuah perusahaan (dari accounting, sales distribution, marketing, warehouse, hingga manufaktur), sehingga bisa dikatakan setiap departement mendapat share informasi, yang tentunya sesuai dengan authority user. Vendor-Vendor ERP Software : J.D. Edwards (dibeli PeopleSoft) Baan (SSA Global) SAP Oracle ERP in a Box (Sing) Peoplesoft SYMIX Microsoft Axapta, dll
19
1995 Standish Group Published Prestigious Consulting firm
Kathy Schwalbe, Page 3, IT Project Management 1995 Standish Group Published Prestigious Consulting firm Survey 365 Information Technology Executive Managers in the US IT Project yang sukses = 16.2 % IT Project yang dibatalkan sebelum selesai = 31%
20
KONSEP MANAJEMEN PROYEK
21
*Kegiatan Proyek dapat diartikan sebagai satu kegiatan sementara yang berlangsung dalam jangka waktu terbatas, dengan alokasi sumber daya tertentu dan dimaksudkan untuk menghasilkan produk atau deliverable yang kriteria mutunya telah digariskan dengan jelas *Iman Soeharto, Dalam bukunya berjudul Manajemen Proyek
22
DASAR-DASAR PROYEK Memulai Proyek Menentukan Kelayakan Proyek
Menjadwalkan & Merencanakan Proyek Mengelolah Kegiatan & Anggota Proyek
23
MANAJEMEN PROYEK (PMI) :
Adalah ilmu dan seni yang berkaitan dengan memimpin dan mengkoordinir sumber daya yang terdiri dari manusia dan material dengan menggunakan teknik pengelolahan modern untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan, yaitu lingkup, MUTU, JADWAL, dan BIAYA serta memenuhi keinginan para STAKEHOLDER
24
KONSEP MANAJEMEN PROYEK (PMI) :
Definisi PMI menekankan pada langkah-langkah yang diperlukan dalam menjalani proyek untuk memenuhi keinginan STAKEHOLDER (Individu, maupun Organisasi), serta Ilmu pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengelolah Proyek
25
UKURAN PROYEK SECARA UMUM
Belum ada kriteria baku untuk dapat mengatakan besar kecilnya sebuah proyek, berikut kriteria ukuran proyek menurut G.J. Ritz : Ukuran ($ Juta) Jumlah Jam – Orang (Ribu) Kecil (1 - 10) Medium ( ) 240 – 1.200 Besar ( ) 1.200 – 3.000 Super ( ) 3.000 – 6.000 Mega (1.000 – 3.000) – Bagaimana dengan proyek Sistem Informasi / Perangkat Lunak (Software Metrik) ???
26
PROYEK VS PROGRAM PROGRAM PROYEK D PROYEK A PROYEK C PROYEK B PROYEK E
27
Interactions / Stakeholders
As a PM, who do you interact with? Project Stakeholders Project sponsor Executives Team Customers Contractors Functional managers
28
Sasaran Proyek dan 3 Kendala (Triple Constraint)
Setiap Proyek memiliki tujuan khusus, didalam proses pencapaian tujuan tersebut ada 3 constraint yang harus dipenuhi, yang dikenal dengan Trade-off Triangle atau Triple Constraint : MUTU ANGGARAN JADWAL
29
Sasaran Proyek dan 3 Kendala (Triple Constraint)
MUTU BIAYA Sesuai Anggaran Tidak harus dicairkan sekaligus Sesuai Target WAKTU On Time Delivery per Modul / Process / Phase
30
4 Dimensi Proyek People Process Product Technology
31
People - 1 “It’s always a people problem” Gerald Weinberg, “The Secrets of Consulting” Improvements: Team selection Team organization Motivation
32
People - 2 Other success factors Matching people to tasks
Career development Balance: individual and team Clear communication
33
People-Related Mistakes Part 1
Undermined motivation Weak personnel Weak vs. Junior Uncontrolled problem employees Heroics Adding people to a late project
34
People-Related Mistakes Part 2
Noisy, crowded offices Customer-Developer friction (Konflik) Unrealistic expectations Politics over substance (Isi / Content)
35
People-Related Mistakes Part 3 Lack = kurang
Lack of effective project sponsorship Lack of user input
36
Process Is process stifling (kaku) ? 2 Types: Management & Technical
Development fundamentals Quality assurance Risk management Lifecycle planning Customer orientation Process improvement Rework avoidance (hindari kerja berulang)
37
Product The “tangible / Intangible” dimension Product size management
Product characteristics and requirements
38
Technology Often the least important dimension
Language and tool selection Value and cost of reuse
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.